Blog Nalagila sepenuhnya valid Struktur data AMP

AMP atau Accelerated Mobile Page konon efektif diterapkan untuk blog dengan pengunjung mayoritas dari perangkat mobile alias HP. Kabarnya AMP ini punya kecepatan 10x lebih cepat daripada halaman web / blog biasa. Alasan itulah yang membuat saya berani untuk ikut mencoba mengaplikasikannya di blog Nalagila.

Bermodal nekat dan ikut - ikutan teman blogger lain ditengah jalan muncul banyak masalah mulai dari error di web master, hingga banyak postingan yang tidak valid AMP. padahal untuk mendapatkan perlakuan AMP semua postingan harus mengikuti aturan AMP. mau tidak mau satu persatu tulisan blog ini saya perbaiki. beruntung karena Nalagila masih seumur jagung jadi belum banyak tulisannya. tak sampai sehari semua postingan valid.

Setelah semua validasi itu selesai dikerjakan selanjutnya menunggu google merayapi setiap halaman blog guna memerikasa perbaikan. dan yang membuat syok adalah waktu pengindexan ulang tak cukup satu dua hari. dan butuh beberapa hari hingga semua post yang sudah diperbaiki terindex.


Validasi struktur data AMP

Saat saya merasa bahwa perbaikan AMP selesai ketika semua sudah valid dikemudian hari muncul masalah baru yaitu struktur data blog rusak. Akibatnya di muncul peringatan mengenai struktur data di google search concole . Untung saja ada solusinya yaitu mengubah struktur data pada template, caranya sudah kita bahas di update struktur data template AMP.

Selesai perbaikan kini tinggal lapor ke web master bahwa perbaikan sudah selesai dan mohon untuk segera diupdate datanya. Saya ke Search console / web master lalu klik property Nalagila lalu ke tab AMP, pilih errornya dan klik mulai validasi.

Kini yang bisa kulakukan hanyalah menunggu, jika dihitung proses validasi mulai 29 Oktober 2018 hingga 10 januari 2019 berarti butuh waktu 1 tahun. hihi maksudnya 3 bulanan. Sekarang karena peringatan tersebut sudah lulus validasi saya bisa bernafas lebih lega.

Tak hanya itu, dibagian error lain juga sudah 0 alias tidak ada. Mulai sekarang saya bisa fokus untuk mengisi konten dan tidak otak - atik template sampai ada pembaruan yang dirasa perlu diterapkan. Sedikit info bahwa kebanyakan template AMP blogger yang ada diinternet masih menggunakan struktur data lama misalnya Template Infinite AMP, Blanter, Kompidesign dan lain lain.

Mungkin karena ini hanya error yang fatal alias halaman tetap bisa valid AMP sehingga kebanyakan diabaikan tetapi akan lebih baik jika diperbaiki sehingga tak ada pesan error lagi. Selain itu tampilan search console jadi lebih indah dipandang mata, betul?

Reaksi:

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Use parse tool to easy get the text style on disqus comments:
Show Parser Hide Parser