Aturan baru standar gambar blog AMP, haruskah edit semua postingan?

Padahal baru kemarin mendeklarasikan template sepenuhnya valid AMP tanpa error dan peringatan, tapi ternyata di kemudian hari muncul masalah sehingga dengan terpaksa deklarasi tersebut harus diturunkan kembali sampai waktu yang tak bisa ditentukan. Satu problem di template AMP ini adalah thumbnail beberapa artikel Nalagila tidak memenuhi standar gambar dari web master.

Ukuran standar gambar suatu blog saat ini adalah 1280x720 untuk radiso 16:9 lalu 1200x900 untuk rasio 4:3 dan 1200x1200 untuk rasio 1:1. yang mana ini cukup merepotkan. Disinilah saya merasa bersyukur karena tulisan / postingan Nalagila masih sedikit sehingga untuk memperbaiki postingan yang thumbnailnya kecil tak membutuhkan waktu lama.

Edit gambar thumbnail agar valid AMP

Nah langkah pertama yang harus kita lakukan adalah memperbaiki tema, cari di tema - edit html kode yang mewakili thumbnail misalnya di Nalagila dulunya menggunakan ukuran 800x800 untuk thumbnail standar lalu saya ubah width jadi 1280 dan height 720 karena setelah saya ukur menggunakan extentions chrome : measure dimensions itulah ukuran yang paling mendekati, sebenarnya ingin tanya langsung ke pembuat template tapi kali ini berusaha mencari sendiri solusinya setelah membaca penjelasan beliau.

Setelah edit selesai, mulai deh buka photoshop lalu buat file baru dengan ukuran 1280x823, kenapa tidak 1280? karena itu adalah ukuran standar jadi apa salahnya jika menaikkan valuenya sehingga tetap proporsional sebagai thumbnail baik di dekstop maupun mobile. Kemudian saya edit post yang terdeteksi masalah thumbnail kecil. Oh ya untuk mengetahui artikel yang bermasalah silakan sobat masuk web master - AMP - lalu pilih bagian error dengan peringatan, letaknya paling tengah diantara error dan valid.

Untuk ukuran gambar yang kecil saya tidak resize ke resolusi 1280 karena nanti gambarnya pecah, mau tidak mau saya browsing gambar gratis yang memang ukurannya HD, walaupun ada sedikit kehawatiran nantinya ada pengindexan ulang gambar, padahal beberapa gambar sudah muncul dipencarian dan turut menyumbang trafik walau 1 - 2 kunjungan.

Akhir kata, masalah datang bukan untuk ditangisi tapi untuk diselesaikan, begitupula dengan aturan baru untuk gambar di blog AMP ini. Oh iya setelah browsing gambar untuk thumbnail ternyata sekarang url gambarnya ditampilkan sehingga saya punya ide untuk ikut menggunakan cd.staticaly digabungkan dengan penerapan webp untuk blog AMP sebagai langkah agar blog tidak lemot meski ukuran gambar diblog beresolusi tinggi. yah dengan sedikit mengorbankan ketajaman warna gambar sih.

Reaksi:

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Use parse tool to easy get the text style on disqus comments:
Show Parser Hide Parser