Profil Tatin sinden ki Seno Nugroho

Pesindhén, atau sindhén (dari Bahasa Jawa) adalah sebutan bagi wanita yang bernyanyi mengiringi orkestra gamelan, umumnya sebagai penyanyi satu-satunya. Pesindén yang baik harus mempunyai kemampuan komunikasi yang luas dan keahlian vokal yang baik serta kemampuan untuk menyanyikan tembang.

Pesinden juga sering disebut sinden, menurut Ki Mujoko Joko Raharjo berasal dari kata "pasindhian" yang berarti yang kaya akan lagu atau yang melagukan (melantunkan lagu). Sinden juga disebut waranggana "wara" berarti seseorang berjenis kelamin wanita, dan "anggana" berarti sendiri. Pada zaman dahulu waranggana adalah satu-satunya wanita dalam panggung pergelaran wayang ataupun pentas klenengan.

Sinden memang seorang wanita yang menyanyi sesuai dengan gendhing yang di sajikan baik dalam klenengan maupun pergelaran wayang. Istilah sinden juga digunakan untuk menyebut hal yang sama di beberapa daerah seperti Banyumas, Yogyakarta, Sunda, Jawa Timur dan daerah lainnya, yang berhubungan dengan pergelaran wayang maupun klenengan. Sinden tidak hanya tampil solo (satu orang) dalam pergelaran tetapi untuk saat ini pada pertunjukan wayang bisa mencapai delapan hingga sepuluh orang bahkan lebih untuk pergelaran yang sifatnya spektakuler.

Di era modern sekarang ini sinden mendapat posisi yang hampir sama dengan artis penyanyi campur sari, bahkan sinden tak hanya harus mahir menyanyikan lagu tetapi juga harus menjaga penampilan dengan berpakaian rapi dan menarik. walau kita sudah pernah membahas mayoritas lelaki menyukai wanita natural, tapi ketika diatas pentas akan lebih menarik bila menggunakan makeup.

Karena terlalu panjang sampai lupa kalau kita akan bahas Profil tatin sinden ki seno nugroho.

Profil Tatin sinden ki seno nugroho :

TATIN LESTARI HANDAYANI , sarjana seni lulusan ISI jogjakarta , sudah sekitar 3 tahun lebih mengikuti pentas Ki Seno Nugroho, berasal dari desa Gembongan Kulon progo jogjakarta , ibunya juga seorang sinden senior dijogjakarta bernama Ibu Sri Lungid ( sinden dari Alm Ki Hadisugito ) , salah satu calon sinden di jogjakarta.

Atau sobat bisa kunjungi akun facebook beliau di facebook/tatin.thithot.5

Sampai sekarang beliau masih ikut paguyuban warga laras. saat sesi limbukan kerap kali dia perform tak hanya sebagai sinden tetapi juga sedikit banyak melawak. jujur, dari beberapa sinden yang ikut ki seno dia salah satu yang punya ger. mulai dari logat dan nada bicaranya, hingga ekspresi wajahnya juga punya nilai plus sendiri.

Saat limbukan kemunculannya biasanya untuk menyuguhkan satu tembang sembari melawak bersama dagelan ( bintang tamu ) ataupun bersama limbuk dan cangik itu sendiri.

Tak banyak informasi yang saya dapat seputar sinden tatin, jika sobat penasaran dengan perform sinden tatin silakan simak video berikut ini :
Reaksi:

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Use parse tool to easy get the text style on disqus comments:
Show Parser Hide Parser