Pengalaman verifikasi identitas ( KTP ) adsense langsung berhasil

Menjadi publisher Adsense memang tidak semudah yang kita bayangkan. Perlu beberapa langkah untuk mencairkan saldo kita, salah satunya adalah verifikasi identitas. Sebelum membahasnya ijinkan saya bercerita sedikit tentang akun adsense yang hangus setahun yang lalu. Waktu itu saldo sudah memenuhi batas untuk verifikasi identitas, di form submit ada beberapa pilihan id yang bisa digunakan. Bisa menggunakan KTP ataupun SIM dengan syarat jelas, tak ada bias cahaya dan tidak blur.

Merasa yakin dengan hasil foto kamera infinix hot 2, saya langsung foto ceprat – cepret KTP dan upload. Siapa sangka ternyata google tidak mau menerima foto KTP saya, alasannya foto tidak jelas dan blur. Ternyata bukan hanya faktor camera yang dibawah standar tapi juga Kartu Tanda Penduduk saya sudah pudar dan banyak noda.

Tak puas sampai disitu, beberapa kali saya coba dan akhirnya tara “ Akun ditangguhkan.”  Efeknya adalah unit iklan yang telah saya pasang tidak menampilkan iklan. Menurut informasi yang saya dapat akun adsense tidak dibanned melainkan hanya hangus saja. Lah apa bedanya? Celetuk saya dalam hati. Bedanya adalah ketika hangus maka blog bisa didaftarkan lagi namun saat banned kemungkinan blog beserta email tidak bisa dipakai daftar Adsense lagi.

Tak lama kemudian, teman saya mendapat email bahwa dia diterima Adsense. Munculah inisiatif untuk menjadikan blog Nalagila sebagai salah satu blog tempat dia menyisipkan kode iklan. Kesepakatanpun terjadi. Waktu demi waktu berlalu, notifikasi permintaan verifikasi identitas pun muncul lalu dia upload foto KTP dan tara ( tak seperti sebelumnya ) berhasil. Disusul datangnya pak POS mengantar PIN Adsense.

Awal November kemarin tiba – tiba muncul ide bagaimana kalau saya punya akun lagi saja? Sebelumnya pernah punya akun dan Alhamdulillah laku terjual. Akun yang hangus sebenarnya adalah akun kedua yang ingin saya seriusi. Saya coba buat email baru dan daftarkan blog Kipudin.com ke Google Adsense tepatnya tanggal 18 November.

Lalu ditanggal 6 Desember 2018 ada email masuk yang isinya saya harus verifikasi identitas. Hm..sempat terlintas kegagalan dimasa lalu, hihi. Saya ngomong dalam hati “ wah sepertinya harus pinjam HP Mbak Syahdu supaya hasil foto jernih dan verifikasi KTP Adsense saya tidak gagal lagi.” Entah kenapa malamnya dia telpon ingin main kerumah. Tanpa pikir panjang saya iyakan.

Cara saya verifikasi identitas tanda pengenal akun adsense :

Setelah ngobrol santai akhirnya saya utarakan maksud hati untuk pinjam kamera HP nya untuk mengambil gambar KTP. Dan KTP yang saya pakai kali ini bukan KTP saya tapi milik ayah. Karena punya beliau masih bersih lantaran ditaruh dilemari.

Belajar dari kegagalan di akun kedua, maka saya gunakan plastik kresek warna hitam sebagai background KTP. Tujuannya supaya hasil lebih bagus. Tak lupa juga flash kamera diaktifkan untuk meminimalisir bayangan HP di KTP karena proses foto dilakukan malam hari.

Selesai foto langsung kirim ke whatsapp. Untuk hasil yang lebih maksimal saya buka foto menggunakan Aplikasi google foto – pilih edit – lalu pada efek foto saya pilih metro – simpan foto.
Kemudian baru saya buka dasboard adsense dan lalukan verifikasi indentitas lagi dan tekan konfirmasi. Munculah gambar dibawah ini.

Esok harinya 7 Desember 2018 ada email baru dari Adsense yang isinya proses verifikasi identitas berhasil. Alhamdulillah ya Allah, tanpa pikir panjang saya screenshot dan sampaikan ucapan terima kasih pada Admin mbaksyahdu.com melalui whatsapp.

Kesimpulan :
Sobat bisa menggunakan KTP /  SIM yang masih masih berlakudan  bersih dari kotoran dan debu yang menyebabkan tampak buram, atau coba gunakan kamera HP yang jernih ( DSLR lebih bagus ) agar foto jernih. Jangan lupa lakukan sedikit editing untuk meminimalisir bayang –bayang sehingga foto tampak lebih terang.

Sekian share kali ini semoga bermanfaat dan bila sobat punya pengalaman unik verifikasi identitas akun adsense silakan tulis di kolom komentar.
Reaksi:

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Use parse tool to easy get the text style on disqus comments:
Show Parser Hide Parser