Pasang iklan ditengah postingan blog AMP

Pasang iklan ditengah postingan blog AMP

Punya blog AMP blogspot memang tantangannya banyak mulai validasi postingan, menghindari css yang tidak valid AMP, menyesuaikan struktur data hingga pasang kode iklan adsense. Semua itu perlu perlakuan khusus. Semua itu sesuai dengan reward yang akan kita dapatkan yaitu speed super ngebut ketika blog dibuka di perangkat mobile.

Berkaitan dengan pemasangan kode adsense, AMP memang punya kode khusus yang diawali dengan amp-ad. Kode tersebut bisa kita pasang dimana saja baik disidebar maupun di awal dan akhir postingan. Tetapi tak bisa dipasang ditengah postingan blog tanpa menggunakan script tertentu seperti di blog non – AMP.

Bila kita memaksakan memasang menggunakan script maka blog kita tidak lagi valid AMP. Maka dari itu beberapa pengguna template blog AMP memilih memasang script adsense manual di setiap postingan mereka.

Namun itu tak saya lakukan mengingat dulu sewaktu blog kipudin masih androidpanas.blogspot menggunakan cara itu saat ganti template terpaksa harus edit post satu persatu yang mana itu melelahkan.

Untungnya saat berjalan – jalan ( blogwalking ) ke salah satu blogger senior saya nemu trik pasang iklan di tengah postingan dan valid AMP.  Berikut caranya.

Cara pasang iklan ditengah postingan valid AMP :

Masuk ke tema – edit html
Cari kode dibawah ini :
Biasanya terdapat 2 atau lebih kode seperti ini, silakan pilih kode untuk halaman postingan.
<Data:post.body/>
Lalu ganti dengan kode dibawah ini :
<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'>

<b:if cond='data:blog.metaDescription'>
<div class='iklan-ataspost'>
<!-- kode Iklan di atas post letakkan di sini -->
<amp-ad data-ad-client='ca-pub-1234567890' data-ad-slot='1234567890' height='100' layout='fixed-height' type='adsense'>
</amp-ad>
</div>
<p class='desc-post'><data:blog.metaDescription/></p>
</b:if>

<div class='iklan-tengahpost'>
<!-- kode Iklan di tengah post letakkan di sini -->
<amp-ad data-ad-client='ca-pub-1234567890' data-ad-slot='1234567890' height='100' layout='fixed-height' type='adsense'>
</amp-ad>
</div>

</b:if>

<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot; or data:blog.pageType == &quot;static_page&quot;'>
  <data:post.body/>
</b:if>
Penjelasan :
Intinya adalah kita membuat postingan menampilkan deskripsi penelusuran diatas postingan utama. Kalau biasanya deskripsi penelusuran hanya muncul di hasil pencarian google maka sekarang juga ditampilkan diawal postingan kita.

Letakkan kode adsense setelah kode <!—kode Iklan di atas post letakkan di sini --> dan setelah <!—kode Iklan di tengah post letakkan di sini -->

Kemudian masuk ke pengaturan – preferensi penelusuran – aktifkan deskripsi penelusuran
Selanjutnya saat membuat postingan silakan ketik 2 paragraf awal ( sesuai selera sih ) di deskripsi penelusuran ( letaknya di sidebar kanan ).

Dengan demikian iklan diawal dan ditengah postingan akan berjalan dengan baik. Sedangkan untuk postingan terdahulu yang belum ada description penelusuran otomatis hanya menampilkan iklan diawal postingan saja. demonya bisa sobat lihat di blog Nalagila ini.

Oh iya trik ini bisa juga diaplikasikan di template blog non AMP ya. Sekian tutorial singkat cara pasang iklan otomatis ditengah postingan blog AMP. Semoga bermanfaat dan jangan lupa tetap ngeblog ditahun 2019.
Reaksi:

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Use parse tool to easy get the text style on disqus comments:
Show Parser Hide Parser