Kumpulan lagu favorit penuh kenangan

Halo, jujur pembukaan postingan kali ini saya tak tau harus menulis apa, latar pengetahuan musik tak ada. pengalaman bermusik juga tak ada. Sebetulnya pembukaan postingan ini justru ditulis paling terakhir setelah point - pointnya selesai.

Tapi tak apalah, mohon dimaklum karena masih dalam proses belajar menulis. oh ya hari ini saya ingin berbagi cerita tentang lagu favorit penuh kenangan. ada kalanya lagu itu punya cerita tersendiri karena sering kita dengarkan atau karena bertepatan dengan sebuah kejadian.


Kumpulan lagu favorit penuh kenangan

 1. Iwan fals
Pertama kali kenal lagu - lagu bang Iwan adalah dari program oi mania di  salah satu stasiun radio magelang yang mengudara setiap malam hari. jadwalnya saya agak lupa. Dari situlah saya mulai mennyukai hampir semua lagu bang Iwan fals mulai lagu yang bertema asmara, kemanusiaan hingga kritik sosial.

2. Ebiet G
Berawal dari iseng buka - buka koleksi kaset tape milik kakak, tak sengaja saya temukan kaset Ebiet. saya coba putar di tape deck polytron ( type nya saya lupa ) dan coba dengarkan. Hm. ternyata asyik juga  lirik - liriknya. Kebanyakan lagu beliau punya makna yang dalam bak puisi.

3. Jamrud
Surti tejo, itulah lagu andalan siang hari setelah pulang sekolah karena ayah kesawah dan kakak kerja. dengan speaker ukuran ukuran 1x1 meter volume seperempat seperti menghilangkan semua penat karena pelajaran dalam sekejap ( musik berhenti penatnya datang lagi ). Terkadang saking asyiknya sampai tak tahu kalau ayah sudah pulang, meski saya berada di luar rumah, kalau tape tiba - tiba mati berarti ayah sudah pulang. Kalau sudah begini jalan terakhir adalah pergi ke tetangga dan play musiknya disana dengan volume yang sama.

4. Shania twain dan Avril lavigne
Bisa dibilang 2 penyanyi inilah yang pertama kali membuat saya suka dengan lagu - lagu barat. entah kenapa hampir setiap lagu mereka pas ditelingaku baik itu lagu yang slow shania twain misalnya yang judulnya when you kiss me dan lagu wish you were here avril lavigne yang mengembalikan mood. Sampai sekarang  lagu mereka tetap nyaman ditelinga.

5. Tipe-X
Lagu favorit berikutnya adalah semua lagu di album typography hitam putih tipe-X. di album itu saya punya kenangan main di tempat teman hanya untuk mendengarkan sambil sesekali ikut menyanyikannya. kalau tak salah band Tipe-X ngetop saat saya masih di bangku SMP. terkadang suka senyum - senyum sendiri saat mas mas tukang gorengan di tempat berburu hotspot play lagu - lagu tipe X melalui musik box.

6. Linkin park
Entah kenapa setiap kaset tape yang kakak punya selalu membuat penasaran. semua saya coba termasuk kaset lagu linkin park. karena lagunya bahasa inggris saya kesulitan menghafal lagunya. Akhirnya sambil terus memegangi lirik lagu yang ada di kertas kasetnya saya coba menirukan lirik saat kaset diputar. jika saat memutar kaset jambrud volumenya hanya seperempat maka untuk linkin park 3/4 volume. musiknya cocok didengarkan saat libur sekolah sambil mencuci. efek lagu linkin park yang berjudul Numb membuat saya merasa kuat kucek baju sebanyak apapun, hihi.

7. Kotak - sendiri
Selanjutnya lagu yang menyimpan kenangan adalah Sendiri dari Kotak. Lagu yang selalu ditunggu kalau sedang mendengarkan program acara di stasiun radio Amatron 3 FM Purworejo selepas ngaji. saya lupa nama acaranya, pokoknya kalau lagu tersebut belum diputar saya belum tidur, dan ketika lagunya diputar saya ikut jingkrak - jingkrak. walau volumenya hampir mentok, tapi ayah tak marah karena memang waktu itu  hampir setiap malam saya hanya bersama adik saja sedangkan ayah harus jaga malam sekolah.

8. Kangen band tentang aku kau dan dia
Hm.. kalau ingat lagu ini seperti dibawa ke masa - masa dimana baju putih biru masih jadi seragam wajib saat upacara bendera. ceritanya dulu ada pasar malam dan saya datang kesana bersama teman, kebetulan lagu yang diputar adalah tentang aku kau dan dia dari  kangen band.  Uniknya lagu tersebut diputar saat saya mencoba wahana rumah hantu di pasara malam tersebut. suasana mencekam tapi lagunya mellow.  kalau dipikir - pikir tak singkron ya.

9.Suara Nella kharisma
Mungkin ini yang dinamakan kesan pertama kali ya, saat seorang teman menyanyikan lagu kemudian ekspresinya tak sama seperti nella dan saat mendengar setiap lagu yang dilantunkan nella kharisma yang muncul di kepala justru wajahnya. kabar buruknya itu melekat sampai sekarang.

10. Langitan Buniyal Islam
Mungkin ini bisa dibilang efek kesan pertama yang parah, pertama kali tahu langitan ( sholawat ) buniyal islam lewat mp3 jadi tak tahu vokalisnya itu cewek atau cowok. kebetulan waktu itu sedang getol - getolnya sms an sama si jilbab ungu, itu tuh yang pernah saya ceritakan di postingan untukmu yang tertunduk malu. karena hanya mendengar suaranya saja maka saya berimajinasi bahwa vokalisnya santriwati. karena penasaran dan tak mau terjebak lagi seperti kesan pertama lagu nella maka saya coba searching di google dan ketemulah video clip Langitan buniyal islam.

Jedar, betapa kagetnya saya setelah tahu bahwa vokalisnya cowok. rusak sudah imajinasi santriwati nan anggun saat membawakan sholawat langitan tersebut. oleh karena itu pada kesempatan ini saya sisipkan video clip buniyal islam supaya tak ada lagi yang syok karena suara merdu tersebut adalah suara vokalis cowok.  Walau begitu langitan ini tetap jadi favorit menjadi teman sederet sholawat lain di playlist.


Demikian cerita saya tentang lagu favorit yang menyimpan kenangan unik, kalau sobat nalagila punya cerita apa tentang lagu kesukaannya?
Reaksi:

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Use parse tool to easy get the text style on disqus comments:
Show Parser Hide Parser