Yakin masih tak mau makan timun? simak manfaat dahsyatnya berikut ini

Beberapa waktu lalu tentangga saya pulang memanen mentimun lalu dia mampir dan membagikan hasil panennya kepada saya. Karena dirumah kebanyakan tidak suka timun jadi dengan senang hati saya jadikan cemilan hihi.

Ibu dan adik perempuan saya ( istri adik lebih tepatnya ) tidak suka timun, lalu ayah makan timun hanya isinya saja. Lalu saya penasaran, kenapa sih mereka kurang menyukai timun? Saya browsing dan menemukan beberapa manfaat luar biasa yang bisa kita peroleh dari timun selain 22 kandungan gizi dan manfaatnya.

1.Untuk menjaga kesehatan kulit.
Rutin minum air timun akan membuat kulit lebih cerah dan kenyal karena timun kaya akan kandungan asam pantotenat yang lebih  sering dikenal dengan vitamin B5  yang sangat ampuh untuk mengobati jerawat.

2.Air timun bisa memberikan anti oksidan.
Anti oksidan dalam timun dapat mencegah radikal bebas berbahaya dan dapat mengurangi resiko penyakit kronis seperti diabetes, jantung dan alzhaimer.

3.Membuang racun dalam tubuh.
Neuretik yang terkandung dalam timun bisa memicu produksi air seni yang berarti ginjal akan semakin sering mendorong racun, bakteri  dan zat hasil metabolisme yang tidak diperlukan bagi tubuh atau yang biasa kita sebut detoksifikasi.

4.Membantu mencegah kanker.
Penelitian yang dilakukan di cancer center di Amerika serikat menunjukan bahwa kandungan  kukur bitasin dan senyawa lignan dalam timun bisa membunuh sel kanker , mengecilkan tumor dan juga meningkatkan kekebalan tubuh. Terlebih lagi ada kandungan flavonoid sisetin yang ada pada timun yang juga membantu memperlambat perkembangan kanker prostat.

5.Mencegah naiknya tekanan darah.
Timun mengandung kalium yang membantu menyeimbangkan kadar sodium yang ada pada ginjal yang menyebabkan tekanan lebih stabil dan tentu saja mencegah tekanan darah naik. Selain itu air timun juga bisa menjaga darah tetap menggumpal secara wajar.

6.Mencegah dehidrasi.
Mentimun mengandung sekitar 96% air yang dapat mencegah terjadinya dehidrasi dan membantu memenuhi kebutuhan cairan harian.

7.Air timun membantu menurunkan berat badan.
Jika sobat sedang dalam proses diet, gantilah minuman soda atau minuman manis lainnya dengan air timun. Hal ini bisa membantu mengurangi kalori yang biasa sobat dapatkan dari minuman manis lainnya.

Kalau dilihat dari mannfaatnya yang segudang itu tadi tentunya membangkitkan minat kita untuk terus mengkonsumsi timun setiap hari. Apalagi harganya relatif murah, ditempat saya 1 Kg mentimun harganya Rp. 1.500,- Untuk menfaat timun lainnya sobat bisa baca di khasiat timun campur madu.

Sekian semoga bermanfaat.
Reaksi:

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Use parse tool to easy get the text style on disqus comments:
Show Parser Hide Parser