Zat adiktif dalam makanan dan minuman sehari hari yang membuat orang kecanduan

Kalau sebelumnya kita sudah membahas makanan dan minuman yang sebaiknya dihindari saat sarapan sekarang kita akan membahas tentang makanan dan minuman yang ada disekitar kita yang berpotensi menimbulkan efek ketagihan atau kecanduan.

Banyak yang tidak menyadari bahwa ada makanan dan minuman yang biasa dikonsumsi sehari-hari ternyata mengandung zat adiktif. Zat adiktif ini membuat orang yang menkonsumsinya menjadi ketagihan alias kecanduan.

Sekali kecanduan seseorang bisa ingin terus menerus makanan atau meminum makanan atau minuman yang mengandung zat adiktif tersebut. Sehingga membuat pola makannya tidak seimbang.

1. Kopi

Kopi itu mengandung kafein yang dapat membuat peminumnya menjadi kecanduan. Orang yang sering minum kopi lama-kelamaan merasa ada sesuatu yang tidak nyaman apabila tidak mengkonsumsi kopi. Dengan demikian orang yang telah kecanduan minum kopi akan berusaha minum kopi disaat – saat tertentu.

2. Minuman bersoda dan minuman berenergi

Minuman berenergi dan bersoda banyak mengandung kafein yang ternyata membuat orang yang mengkonsumsinya menjadi ketagihan. Selain kandungan gula yang terkandung mengandung soda juga dapat membuat seseorang kecanduan. Beberapa minuman ada yang mengandung kafein yang tinggi yang dapat menimbulkan gangguan kesehatan pada orang orang tertentu.

3. Coklat

Coklat bisa berbentuk batangan, permen, puding, pasta, minuman dan lain sebagainya. Didalam coklat terkandung sejenis alkaloid, kafein dan gula sebagai pemanis yang ternyata zat zat yang membuat yang mengkonsumsinya jadi kecanduan. Alkaloid dalam coklat mirip dengan yang ada dalam minuman beralkohol.

4. Es krim

Es krim yang terlihat kita biasa – biasa saja ternyata termasuk kedalam makanan yang dapat membuat kita ketagihan pada saat memakannya. Didalam es krim terdapat lemak dan gula yang dapat menyebabkan rasa ingin lagi, lagi dan lagi.

5. Keju

Didalam keju terdapat zat morfin yang membuat orang merasa senang memakannya secara terus menerus. Walaupun namanya cukup menyeramkan karena ada kata morfinnya, namun keju tetap halal dan legal untuk dikonsumsi manusia karena tidak termasuk dalam golongan narkoba.

6. Makanan cepat saji

Makanan cepat saji biasanya mengandung banyak zat adiktif yang menyebabkan kecanduan pada diri seseorang. Zat zat adiktif tersebut antara lain seperti gula, lemak, keju dan lain sebagainya. Rasa makanan cepat saji yang enak dan gurih pun juga menambah rasa ingin lagi, lagi dan lagi pada para konsumennya.

7. Permen Biasanya kan permen berbahan dasar gula pasir rasanya manis tawar. Sebagian besar makanan yang ada disekitar ini menggunakan gula sebagai bahan pembuatnya. Dan ternyata gula dapat membuat seseorang kecanduan karena gula dapat memicu insulin didalam tubuh.

Itulah 7 makanan dan minuman sekitar kita yang dapat menyebabkan kecanduan. Dari daftar tersebut manakah yang sudah berhasil membuat sobat kecanduan?

Reaksi:

You Might Also Like:

Newest Post
Use parse tool to easy get the text style on disqus comments:
Show Parser Hide Parser
Newest Post