Mengenal varian buah jeruk yang harum wanginya

Nalagila.com - Buah jeruk, buah yang kecut-kecut manis kaya vitamin C ini identik dengan pengobatan untuk flu.  Dan seratnya baik untuk tubuh terutama bagi yang pencernaanya kurang lancar.  Tapi serabut putih dikulit jeruk  yanng biasa dibuang itu kandungan seratnya sampai dengan 30% dari serat jeruk itu sendiri lho.

Kandungan pektin yang melancarkan pencernaan dijeruk ini juga bisa untuk mengikat kolesterol  si lemak jahat yang berlebih. Nah serabut putih jeruk ini ternyata punya kandungan vitamin c yang banyak. Kita sudah tahu kalau vitamin c ini banyak membantu pembentukan kolagen pada kulit.

Hayo siapa yang suka rajin buang serat putih saat makan jeruk? Setelah tahu kalau ternyata serat putih pada jeruk itu sangat bermanfaat mulai sekarang mari kita rubah kebiasaan makan jeruk kita, setuju? Tak hanya seputar itu saja soba kali ini kita akan mengenal berbagai macam jeruk juga.

Jeruk bergamot

Nama bergamot ini asalnya dari bahasa turki yang artinya buah pir pangeran. Jenis jeruk ini ukurannya seperti jeruk normal tapi warnanya kuning dan hijau seperti jeruk nipis tergantung kematangannya. Rasanya yang tidak lebih kecut dari lemon tapi lebih pahit dari grape fruit.
Wangi kulit dan rasanya juga unik jadi pewangi lady grey ( parfum). Selain itu jeruk ini juga sering dibuat selai. Esensial oil dari jeruk bergamot digunakan untuk aroma terapi maupun parfum.

Jeruk Grapefruit

Jeruk asal barbados ini ukurannya cukup besar, keseluruhan bagiannya pahit dan bagian isinya sangat kecut. Kandungan airnya hampir sama dengan semangka yaitu 92%, ini cocok sekali untuk menghidrasi tubuh. Grapefruit juga bisa membantu menurunkan berat badan lho. Seperti buah lainnya grape fruit yang buahnya berwarna merah juga bagus untuk melawan kolesterol  jahat.

Anti oksidan, vitamin c dan vitamin A bagus untuk mencegah perkembangan kanker pankreas  dan prostat. Esensial oil dari buah ini sering digunakan untuk membuat parfum terutama karena wangi citrusnya yang segar, kuat dan manis. Wangi citus populer karena bisa meningkatkan energi dan vitalitas.

Jeruk Yuzu

Adalah sejenis jeruk yang asam mirip seperti grapefruit dan jeruk mandarin.  Jenis jeruk ini jarang dimakan begitu saja. Dijepang kulitnya biasa digunakan untuk memasak atau dibuat garnis. Airnya dibuat sebagai bumbu atau perasa kurang lebih seperti lemon pada masakan barat.

Yuzu biasa dikombinasikan dengan madu untuk membuat semacam sirup yang menjadi bahan utama teh yuzu. Buah jeruk ini juga bisa digunakan untuk membuat manisan seperti cake dan selai.

Dimakanan korea yuzu juga sering digunakan sebagai bahan teh yuzu ataupun untuk salad. Minyak dari buah yuzu juga sering dijadikan pewangi dijepang. Buah yuzu dibiarkan mengambang dipemandian air panas atau kulitnya dimasukkan adalam kain agar aromanya keluar.

Jeruk Mandarin

Buah jeruk mandarin ini biasanya dimakan begitu saja atau dijadikan salad buah. Jeruk ini ukurannya lebih kecil dan gepeng dari jeruk pada umumnya. Rasanya cenderung tidak kecut dan lebih manis. Jeruk mandarinn yang sudah matang biasanya lebih berat, padat dan lembut. Kulit jeruknya juga lebih tipis karena sudah matang dan lebih mudah untuk dikupas. Di amerika buah jeruk ini dibuat jus atau konsentrat. Kulitnya dijadikan bumbu atau perasa manisan, kue ataupun masakan.

Reaksi:

You Might Also Like: