Mengapa beras coklat lebih bergizi daripada beras putih?

Hai sobat Nalagila, sedang enak makan sore pakai nasi putih dan sayur bening, tiba tiba kepikiran tentang apakah benar nasi putih ini hanya mengandung karbohidrat dan mengenyangkan saja? lalu saya browsing sana-sini akhirnya saya temukan informasi menarik tentang beras coklat lebih bergizi dari beras putih.

Saya sempat berfikir bahwa beras coklat ini adalah beras merah, namun ternyata berbeda, untuk menjawab rasa penasaran tersebut mari simak informasi berikut ini:

Apa dan darimana asal beras coklat atau beras pecah kulit?

 Beras pecah kulit adalah beras yang didapatkan melalui satu kali proses penggilingan. Untuk menghilangkan scamnya dan tidak mengalami proses penyosohan atau diproses menjadi beras putih pada umumnya.

Beras ini hanya dibuang lapisan terluarnya atau gabahnya saja sehingga masih mempunyai endospersm, kuliat ari dan lembaga. masing masing struktur tersebut memiliki kandungan gizi yang berbeda karena didalam endosperm terdapat karbohidrat sedangkan didalam kulit arti terdapat protein, mineral, vitamin serta viber dan pada pada lembaga terdapat zat gizi bernama lipid.

Hasilnya beras ini berwarna coklat buram dan terkesan kulit ari masih menempel dan permukaanya agak kasar namun strukturnya masih utuh dan saat dimasak beras ini akan merekah .
Tidak terlalu lengket namun perah tapi rasanya tidak terlalu jauh rasanya dengan beras putih. sedangkan pada beras putih karena mengalami 4 kali proses penggilingan atau penyosohan ini menyebabkan kulit ari atau lembaga menjadi hilang dan hanya menyisakan endosperm saja.

Penyosohan sendiri dilakukan untuk memperbaiki tekstur beras dengan menghilangkan kulit ari pada padi sehingga beras berwarna putih bersih, halus serta memiliki tekstur yang pulen setelah dimasak.
Perbedaan lainpun terdapat pada cara memasaknya. sebelum dimasak  beras pecah kulit harus terlebih dulu direndam dalam air dingin selama 2 jam. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan rasa yang lebih enak dan tidak terlalu pera.

Cara memasak beras coklat agar tak kehilangan kandungan gizi dan manfaatnya
Menurut ahli gizi,  perendaman yang baik adalah dengan ditutup kemudian beras dimasak dengan air rendaman itu juga serta setelah matang sebaiknya segera dikonsumsi. Semua itu demi menjaga agar kandungan gizi dalam beras coklat atau pecah kulit ini tidak hilang.

Selain itu beras ini dikemas dalam kemasan vakum. Hal ini untuk meminimalisir kontak dengan udara atau oksigen dengan lemak yang ada pada beras. karena kulit arinya mudah teroksidasi sehingga membuatnya tidak tahan lama dan mudah mengeluarkan bau yang tidak sedap atau tengik.

Untuk sobat Nalagila sendiri selama ini konsumsi utamanya beras coklat atau beras putih? setelah saya tanya mamak, ternyata beliau sampai saat ini belum pernah mengkonsumsi ataupun mendapati beras coklat.  kata beliau "beras coklat? kaya pakan burung dong." Apa sobat pernah mencoba beras coklat?
Reaksi:

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Use parse tool to easy get the text style on disqus comments:
Show Parser Hide Parser