Manfaat minyak goreng canola alternatif minyak zaitun

Siapa yang tidak suka dengan makanan yang digoreng seperti aneka gorengan, kentang goreng , ayam goreng, kol goreng  dan makanan lainnya. Baik dinikmati bersama nasi sebagai lauk maupun sebagai cemilan mengenyangkan yang menggugah selera.

Tapi seperti yang sudah banyak masyarakat tahu bahwa dibalik rasanya yang lezat aneka makanan ini mempunyai zat yang mengancam kesehatan. Karena pengolahannya menggunakan minyak goreng sebagai pemanas. Dengan suhu diatas titik didih air antara 120-190 derajat celcius sehingga menghasilkan lemak trans tinggi yang mampu menimbulkan berbagai macam penyakit.

Penelitian yang dilakukan oleh peneliti Fox Univercity di Tunisia yang  dipublikasikan di Journal of Agricultural and food chemistry mengatakan bahwa saat dipanaskan minyak goreng bisa memproduksi zat beracun dan kandungan nutrisinya bisa hilang atau berubah.

Sedangkan minyak zaitun yang ditemukan yang paling tahan terhadap oksidasi, asam lemak trans serta  total zat lemak nutrisinya paling sedikit berubah pada suhu 160 derajat celcius saat proses penggorengan.

Dengan ancaman kesehatan inilah sudah banyak yang mulai beralih ke minyak zaitun sebagai pengganti minyak goreng untuk mengolah makanan karena dipercaya lebih sehat meski harganya terbilang lebih mahal.

Dari sini kita sepakat bahwa minyak zaitun adalah yang terbaik yang bisa kita konsumsi yang tidak akan memberikan efek samping apa-apa. Tapi kebanyakan karena harganya yang mahal minyak zaitun ini penggunaanya hanya sedikit –sedikit, misalnya diatas salad.

Kalaupun digunakan memasak mungkin hanya untuk mekanan yang proses memasaknya tidak terlalu lama dan menggunakan suhu yang tidak terlalu tinggi. Tapi sebenarnya kalau kita tidak menggunakan minyak zaitun yang kurang lebih nutrisinya sama, yang tak lain dan tak bukan adalah minyak canola.

Minyak canola merupakan jenis minyak nabati berwarna kuning cerah yang dihasilkan dari biji bunga canola.  Biji bunga ini dipanen secara masal dari perkebunan bunga canola yang tersebar di canada. Kemudian diproses beberapa kali penyulingan untuk menghasilkan minyaknya .

Rasa yang dihasilkan minyak ini tidak berbeda jauh dari minyak zaitun yaitu tidak beraroma dan tidak mempengaruhi rasa makanan yang diolah menggunakan canola oil.

Kandungan minyak canola

Kandungan minyak ini tinggi akan omega 3 dan di klaim mampu menurunkan kadar kolesterol  dalam darah karena kandungan asam lemak jenuh yang lebih rendah. Serta kandungan anti oksidan dan vitamin E yang baik bagi kesehatan jantung

Selain digunakan untuk tumis, sobat juga bisa menggunakan minyak ini untuk menggoreng makanan yang membutuhkan minyak banyak karena selain lebih sehat daripada minyak goreng minyak canolapun jauh lebih terjangkau dari minyak zaitun tapi kesamaan nutrisinya tidak jauh berbeda.

Dan perlu diingat, gantilah selau minyak secara berkala karena minyak yang dipanaskan mengalami proses degradasi, oksidasi dehidrasi yang disebabkan suhu panas yang tinggi sehingga muncullah radikal bebas  yang bersifat karsinogenik dan dapat memicu penyakit kanker . sebagai penyemangat ada seorang nenek yang berhasil sembuh dari kanker dan menjalani hidup sehat dengan berolah raga karate dan berhasil mememangkan banyak kejuaraan.

Reaksi:

You Might Also Like: