Destinasi danau paling indah di Indonesia

Nalagila.com - Indonesia memiliki 521 danau alam dan lebih dari 100 waduk , yang mencakup sekitar 21.000 km². Total volume air yang dimiliki adalah sekitar 500 km³. Danau terbesar berdasarkan luas dan volume, adalah Danau Toba di Sumatera yang merupakan badan danau terbesar di Asia Tenggara .

Indonesia memiliki 3 dari 20 danau terdalam di dunia - Danau Toba di Sumatra (1600 m), Danau Matano di Sulawesi (590 m), dan Danau Poso di Sulawesi (450 m). Satu-satunya danau di Indonesia yang mengalami cryptodepression (dasar danau di bawah permukaan laut) adalah Danau Matano.

Danau dan waduk memasok air untuk keperluan pribadi dan komersial, dan mendukung kegiatan ekonomi seperti perikanan , tenaga air , irigasi , transportasi , dan rekreasi . Mereka membantu mencegah banjir , dan merupakan entitas ekologis yang penting .

Inilah daftar danau terkenal di Indonesia . 


Danu Ranu Kumbolo - Jawa Timur

pasti sobat yang pernah nonton Film 5 CM sudah tidak  asing lagi nih sama danau yang satu ini. Danau ini pernah masuk dalam Film 5 CM yang menceritakan tentang perjalanan lima sahabat mendaki gunung Semeru.

Butuh perjuangan untuk menuju kesini, sobat harus melakukan pendakian yang cukup berat,
Karena letaknya berada di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Selama perjalanannya sobat tak akan bosan karena pemandangan pohon Pinus dan Cemara yang akan selalu memukau.

Ranu Kumbolo juga sering kali digunakan untuk kamping para pendaki.Biasanya, para pendaki yang kamping di Ranu Kumbolo tak akan melewatkan gemerlapnya bintang-bintang dan matahari terbit.

Danau Poso - Sulawesi Tengah

Danau terbesar ketiga ini tak hanya menawarkan keindahan saja, tetapi juga memiliki pasir putih di tepiannya.Seperti mirip pantai , sobat bisa bermain-main dengan pasir putih, berjalan-jalan tanpa mengenakan alas kaki, dan lain-lain.

Danu Labuan Cermin - Kalimantan Timur

Danau yang terletak di desa Labuan Kelambu, Kalimantan Timur, ini sudah sangat populer di telinga traveler. Danau ini dinamai Labuan Cermin karena airnya yang sangat jernih seperti cermin. Disini sobat  bisa melihat keindahan yang ada di dalam air hanya dengan mata telanjang.

Danu Singkarak - Sumatera Barat

Danau Singkarak merupakan danau terbesar ke-2 di Indonesia setelah danau Toba yang luasnya membentang di dua kabupaten di provinsi Sumatera Barat, Indonesia, yaitu Kabupaten Solok dan Kabupaten Tanah Datar.  Singkarak memiliki event tahunan yang berkelas Internasional yaitu Tour de Singkarak, event Persatuan Balap

Danau Toba - Sumatera Utara

Kalau ngomongin soal danau, rasanya Danau Toba wajib ada dalam daftar ya sob. Siapa coba yang tak kenal dengan danau terbesar di Indonesia ini. Danau Toba terbentuk karena letusan gunung berapi yang sangat dahsyat.

Dari letusan inilah yang menghasilkan kaldera yang kemudian terisi oleh air. Di tengah danau ada pulau yang bernama Samosir. Sejak dahulu, Danau Toba menjadi destinasi wajib saat berkunjung ke Sumatera Utara.

Itulah ke lima danau yang cantik di Indonesia. Sebenarnya masih ada banyak lagi sih seperti danau telaga warna yang ada di Jawa tengah, danau Kelimutu yang ada di Flores, dll. tapi sementara itu dulu ya.

Beruntung banget ya sob karena terlahir di Indonesia yang memiliki ribuan destinasi wisata yang unik, indah, bersejarah, yang tentunya semua itu selalu memukau. adakah diantara sobat yang pernah berwisata ke salah satu danau tersebut, share dong cerita serunya di kolom komentar.

Reaksi:

You Might Also Like: