Daftar menu sarapan pagi yang harus dihindari

Hai sobat Nalagila, hari ini saya akan berbagi tentang beberapa makanan dan minuman yang tidak baik untuk sarapan. Sarapan berarti mengisi perut kosong dipagi hari. Sarapan sangat penting sebelum memulai aktifitas. Tapi perlu diperhatikan sob bahwa tidak semua makanan atau minuman baik untuk sarapan. Misalnya makanan yang terlalu manis, terlalu pedas, terlalu asin dan terlalu asam.

Kenapa harus berhati hati? Sebab pada saat perut kosong kemungkinan produksi asam lambung sedang meningkat maka sebaiknya jangan mengkonsumsi makanan yang justru membuat produksi asam lambung semakin meningkat, untuk detailnya yuk langsung saja capcus.

Pastikan tak ada makanan ini di menu sarapan sobat : 

1. Makanan pedas

Saat perut kosong pada pagi hari coba hindari makanan yang terlalu pedas. Makanan pedas dapat melukai dindin lambung kita. Tidak Cuma perut yang sakit bisa-bisa kamu juga terkena diare.

2. Roti yang mengandung ragi

Hayo siapa yang suka sarapan roti? Mungkin karena sibuk makanya roti dijadikan pilihan sarapan pagi karena lebih praktis. Namun roti yang mengandung ragi ternyata kurang baik. Makanan beragi ternyata dapat menyebabkan iritasi pada perut  dan bisa membuat perut kembung. Sebagai gantinya cobalah konsumsi outmeal untuk sarapan pagi. Kalau outmeal memang sudah terkenal menjadi menu sarapan. Dan biasanya dikonsumsi bagi sobat yang sedang menjalankan program diet.

Outmeal melindungi lambung kita agar tidak terkena maag, selain itu juga dapat menurunkan kadar kolesterol  dalam tubuh.

3. Kopi

Untuk sebagian orang kopi sudah menjadi teman baik dipagi hari, sayangnya kopi punya kandungan asam yang tinggi. Minuman ini juga tidak baik untuk perut yang kosong. Mungkin sebagian orang yang tak sempat sarapan dan langsung berangkat kerja tapi masih sempat mampir ke kedai kopi untuk  sekedar membeli kopi hitam, capucino atau kopi americano dengan alasan biar tidak ngantuk.

Minum minuman dingin saat perut kosong juga tidak baik lho sob. Saat perut kosong tubuh harus bekerja lebih extra untuk menormalkan suhu makanan. Proses ini dapat menimbulkan resiko  sakit perut dan memperlambat proses pencernaan.  Sebagai pengganti kopi sobat bisa mengkonsumsi air putih atau teh hangat, ups tapi simak nih infomasi penting seputar minuman teh.

4. Produk yang mengandung susu

Jika sobat tetap ingin mengkonsumsi susu bisa menjadikan susu almond sebagai alternatif karena sifat asamnya lebih rendah dari susus sapi. Konsumsi produk fermentasi susu seperti yogurt  juga dapat membentuk asam klorida tinggi dalam tubuh. Asam klorida dapat membunuh asam laktat ( bakteri baik ) dalam yogurt.  Jadi manfaat yogurt tidak dapat terserap maksimal oleh tubuh.

5. Permen

Makanan manis ini mengandung banyak gula, dan pada dasarnya sifat gula putih membentuk asam yang cukup tinggi pada tubuh jadi konsumsinya juga harus dibatasi. Selain itu mengkonsumsi gula juga dapat meningkatkan kadar insulin yang akan memberi beban berat pada pankreas dipagi hari.
Untuk yang suka makanan manis, sobat bisa mengganti rasa manis alami dengan madu. Madu termasuk dalam makanan dengan sumber nutrisi yang lengkap seperti karbohidrat, serat, vitamin dan mineral.

6. Minuman berkarbonasi

Miniman berkarbonasi juga termasuk dalam minuman yang bersifat asam. Selain menguras cairan mineral basah dalam tubuh, minuman berkarbonasi juga dapat memicu terjadinya osteoporosis pada tulang.

7. Buah tomat

Tomat punya kadar asam kanik yang tinggi yang dapat meningkatkan tingkat keasaman pada lambung. Untuk sobat yang punya riwayat sakit maag harus hati-hati.

8. Buah pir

Buah pir punya kandungan air yang cukup tinggi, serat buah ini dapat beresiko melukai selaput lendir lambung. Untuk sobat yang suka mengkonsumsi buah bisa memilih buah yang memiliki sifat basah seperti pepaya dan semangka ( semangat ya kaka ). Buah-buahan ini punya kandungan air cukup tinggi namun punya teksture lembut sehingga tidak melukai dinding lambung.

Dari 8 list diatas sebetulnya masih ada makanan yang harusnya dihindari yaitu makan apel dengan kulitnya, nangka dan lemon yang bisa menyebabkan sakit perut bahkan diare bagi sebagian orang. Untung saja nasi tidak masuk list jadi kita tetap bisa sarapan pakai nasi betul?

Reaksi:

You Might Also Like:

Use parse tool to easy get the text style on disqus comments:
Show Parser Hide Parser