Curahan hati seorang anak , blogger atau youtuber?

Kemarin saya mampir ke satu blog teman yaitu djangkarubumi.com dan membaca sebuah tulisan tentang blogger vs youtuber, disana dikatakan bahwa saat ini banyak blogger yang beralih ke youtube karena memang youtube sedang trend.

Selain itu manfaat youtube lagi adalah kita terbantu oleh google dengan promosinya lewat video kita yang diselipkan diantara video lain saat seseorang menonton video yang setipe dengan video kita.

Curahan hati seorang anak , blogger atau youtuber?

Benar memang saat kita menonton video di youtube kita akan disuguhi rekomendasi video di samping atau dibawah video tersebut tentang topik terkait. namun masalahnya adalah tidak semua kalangan bisa menikmati youtube.  untuk bisa mengakses youtube membutuhkan kuota extra, tanpa ini maka paketan internet yang seharusnya untuk satu bulan bisa habis dalam hitungan jam.

Kemudian, sarana dan prasarana pembuatan video juga terhitung lebih mahal dibandingan dengan blogger. bila blogger bisa membuata tulisan bagus hanya bermodal alat ketik saja maka seorang youtuber butuh spesifikasi lebih untuk itu, belum lagi harus didukung dengan pencahayaan yang mana itu juga membutuhkan peralatan bagus dan juga untuk mendapatkan kualitas video bagus memerlukan kamera atau alat shooting yang bagus pula.

Di lain sisi beliau juga menuliskan bahwa sebaiknya seorang blogger fokus saja pada satu blog lalu promosikanlah secara gencar sehingga ramai pengunjung. untuk yang satu ini saya setuju dengan alasan bahwa marketing itu lebih diutamakan daripada konten.

Kalau kita fokus ke satu blog maka satu hari bisa mempublikasikan 3 - 4 tulisan dengan asumsi bahwa 1 tulisan dengan panjang minimal 300 kata selesai dalam waktu 2 jam. jika kita mulai ngeblog dari jam 8 sampai jam 4 sore ( disamakan dengan jam kerja kantor ) dipotong istirahat, sholat dan balas pesan whatsapp rasanya sangat mungkin.

Berdasar sebuah ebook yang pernah disharing mbak risna ( admin sukaraja.com ) promosi kontent itu hukumnya wajib namun update artikel secara rutin tidak jadi prioritas pertama. alasannya ketika dia tidak menulis selama dua bulan tetapi sibuk share tulisan ( postingan ) ke berbagai media ternyata pengunjung stabil bahkan bisa dikatakan lebih ramai.

Tapi ada juga yang menyarankan bahwa update rutin setiap hari itu penting untuk melatih tangan dan otak kita terus bekerja sehingga nantinya diharapkan terbiasa melakukan posting setiap hari, singkat kata update artikel di blog sudah jadi satu kebutuhan jadi bila sehari saja tidak posting seperti ada sesuatu yang kurang.

Kalau dilihat dari waktu yang digunakan sepertinya pembuatan video berkualitas memerlukan waktu yang lebih lama. untuk membuat satu video pendek berdurasi 3 menit saja proses pengeditannya bisa berjam-jam. itu si curhat kawan saya saat membuat video wisata goa silumbu kaliglagah.

Terlepas dari itu semua yang pasti blogger ikut andil dalam menumbuhkan minat baca masyarakat. saat kita berkunjung ke sebuah blog mau tidak mau kita harus teliti membaca kata-perkata supaya bisa menangkap isi dari tulisan tersebut. jika kita membaca terburu-buru kita akan kehilangan kesempatan mendapat kosa kata baru atau yang lebih fatal adalah melewatkan informasi berharga dari sebuah tulisan. Setuju atau tidak, silakan sobat sampai melalu kolom komentar.

Reaksi:

You Might Also Like: