Yuk Kenalan dengan makanan khas daerah purworejo

Hai sobat Nalagila, kali ini sobat akan saya ajak wisata kuliner daerah asal saya yaitu Kabupaten Purworejo ( Kota Pramuka ). Ada banyak makanan khas asli purworejo yang membuat sobat kangen kota Purworejo.

Kabupaten Purworejo berada disebelah barat Jogja, sebutan lain kota ini adalah Kota pensiun karena kebanyakan pemuda dan pemudi disini merantau ke berabagai kota besar di Indonesia bahkan ke luar negeri lalu kembali ke kampung halaman untuk berwirausaha dan menghabiskan masa tua di kampung.

Oke deh kita kembali ke makanan khas spesial purworejo ya, ada dua jenis makanan khas yang pertama adalah makanan kering yang sangat cocok untuk cemilan dan oleh oleh luar kota dan yang kedua makanan yang sebaiknya disantap di kota tersebut.

Kuliner asli Purworejo :

1. Kue Lompong

Kue berisikan kacang berwarna hitam dan dibungkus daun pisang yang sudah kering atau umumnya disini disebut klaras, nah klaras inilah yang membuat rasa lompong spesial.

Selain bahan pembungkus yang menggunakan klaras, keunikan lain dari kue ini adalah warnanya yang hitam. Warna hitam pada kue ini berasal dari tanaman lompong atau lumbu atau talas yang dilumatkan dan dicampur ke dalam adonan kue. Lompong tersebut dipakai untuk mendapatkan warna hitam. Biasanya, untuk mendapatkan warna yang lebih pekat, bubuk lompong tersebut dicampur dengan merang.

2. Clorot

Kue clorot terbuat dari gula jawa, tepung beras dan santan kemudian dibungkus menggunakan daun kelapa muda ( janur ) atau daun pandan. Selain rasanya unik cara makannya juga unik yaitu dengan menekan bagian ujung bawah yang lebih kecil keatas.

3. Gelangan atau geblek

Gelangan ini terbuat dari singkong dan paling enak kalau disantap saat masih panas untuk menemani kopi. sobat bisa dapatkan geblek atau gelangan di hampir semua pasar tradisional di purworejo baik di pasar kemiri ataupun dipasar baledono.

4. Krecek / Rengginang 

Rengginang atau krecek terbuat dari beras ketan yang ditanak lalu di bentuk dan di jemur dibawah terik matahari hingga kering selanjutnya di goreng dan disantap dengan gula jawa yang sudah di encerkan.

5. Lanting / Klanthing

Oleh-oleh khas purworejo yang bisa dijadikan cemilan sehari hari. jenis lanting yang terkenal adalah lanting angka 8 asli bruno. lanting adalah makanan sejenis kerupuk yang terbuat dari singkong. berkat perkembangan jaman sekarang sudah ada beragam varian rasa lanting.
Disebut lanting ongko wolu karena memang bentuknya mirip angka 8 kadang jika terpisah jadi 0.

6. Cenil

Makanan ini bahannya sama dengan lanting yaitu singkong, hanya saja pengolahannya yang berbeda. makanan ini adalah jajanan wajib ibu ketika pulang dari pasar ( dulu ).
Cara pembuatan cenil adalah dengan memproses singkong menjadi pati lalu direbus dan di beri pewarna makanan. selanjutnya disajikan dengan parutan kelapa dan ditambah gula jawa lalu dibungkus daun pisang.

Itulah 6 makanan khas asli daerah Kabupaten Purworejo, untuk sobat yang sedang dan akan berkunjung jangan lupa untuk mencoba kuliner tersebut selagi di kota pensiunan ini ya.
Reaksi:

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Use parse tool to easy get the text style on disqus comments:
Show Parser Hide Parser