Wisata alam Goa Silumbu Purworejo

Hai sobat Nalagila, Wisata alam merupakan kegiatan refreshing yang pas untuk mengusir penat. Selain karena tempatnya yang sejuk perjalanan sampai dilokasi bisa jadi cerita tersendiri. seperti yang saya alami bersama beberapa teman dari wartakemiri.com beberapa hari yang lalu.

Sore hari setelah aktifitas selesai saya, admin mbah syahdu dan kameramen wartakemiri.com beserta satu kawannya mencoba untuk mengeksplorasi situs Goa Silumbu, sebuah tempat yang hanya berjarak 9 Km dari pasar / alun alun Kecamatan Kemiri.

Semua barang bawaan selesai dikemas lalu kita langsung ke arah barat dari Lapangan Kec. Kemiri hingga pasar Pituruh belok ke kanan melewati desa kesawen dan belok kanan setelah SD N Kaliglagah. Selanjutnya kami menelusuri jalan setapak yang sudah di cor blok, kami tak susah payah mencari alamat situs Goa Silumbu ini karena memang di pinggir jalan sudah di beri petunjuk arah, begitu juga dengan ujung jalan setapak. Sepeda motor kami parkir disitu lalu perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki.

Sekitar 500 Meter berjalan melewati pinggir sungai akhirnya kami sampai di Goa Silumbu, sebuah situs cagar budaya yang dilindungi Undang-Undang. Saat perjalanan beberapa kali kami menemui warga yang sedang beraktifitas ada yang pulang mencari pakan kambing, ada juga yang sedang berburu hama kelapa ( tupai ) dan yang paling seru kami menjumpai beberapa anak kecil yang mandi disungai.

Wisata Alam Goa Silumbu



Saat pertama kali menginjakkan kaki dan masuk ke Goa nya kami dikejutkan dengan beberapa kelelawar yang terbang keluar, mungkin jam tidurnya merasa terganggu kali ya. kami amati sekitar ternyata Goa Silumbu cukup luas dan bersih. Menurut cerita warga setempat Goa Silumbu ini dulunya tempat pemujaan umat hindu dan pernah jadi tempat singgah wali.


Yang unik dari Goa Silumbu adalah ayunan yang terbuat dari akar pohon, ini waw sekali. Selain besar ternyata akarnya kuat, terbukti kami naik untuk berfoto secara bergantian. selain itu setiap pengunjung sepertinya pernah naik ke ayunan ini terlihat dari akarnya yang "klimis". Goa silumbu berada pada ketinggian 120 M dpl jadi cukup lumayan untuk dijadikan olahraga hiking, sayangnya sobat hanya bisa datang ke cagar budaya ini di musim kemarau saja sebab bila musim hujan air sungai pasang.


Demikian cerita singkat perjalanan kali ini ke situs cagar budaya Goa Silumbu di desa Kaliglagah, Kec. Kemiri Kap. Purworejo. Semoga bermanfaat gambar didalam postingan

Reaksi:

You Might Also Like:

Use parse tool to easy get the text style on disqus comments:
Show Parser Hide Parser