Info tentang gigi manusia yang sudah pasti kamu tahu

Hai sobat Nalagila, Tahukah apa yang dimaksud dengan gigi? mungkin pertanyaan ini aneh. Selama ini setahu saya gigi adalah alat untuk membantu melembutkan atau menghaluskan makanan sebelum ditelan, Ternyata setelah buka wikipedia ternyata gigi adalah bagian keras  yang terdapat di dalam mulut dari banyak vertebrata. Gigi punya struktur bervariasi sesuai dengan tugasnya. Nah fungsi utama gigi adalah untuk merobek dan mengunyah, hihi sepertinya terkaan awal saya ada benarnya.

Fungsi lain gigi pada hewan adalah sebagai senjata.
Sesuai judulnya fakta atau info tentang gigi dibawah ini pasti sobat sudah tahu semua betul?  kalaupun ternyata ini jadi info baru berarti sama kaya saya hihi, saya juga baru tahu nih.

Info tentang gigi yang jarang diketahui

Gigi sudah terbentuk sebelum kita lahir.
Lha ternyata gigi sudah ada dan terbentuk sebelum kita lahir, lalu kenapa yang tampak pada bayi hanya gusi saja? Yang dimaksud gigi disini adalah gigi molar yang mulai terbentuk ketika kita lahir.  Gigi ini akan terbentuk saat gigi susu keluar, oh iya gigi geraham bayi sangat dipengaruhi oleh makananan yang dikonsumsi sang ibu sejak masa kehamilan lho.

Jaringan terkeras dari tubuh manusia.
Kalau yang satu ini saya yakin sobat semua sudah tahu, betul? anggapan bahwa tulang adalah jaringan terkuat dalam tubuh manusia itu tidak sepenuhnya benar karena masih ada gigi yang ternyata jauh lebih kuat dan keras. Hal ini disebabkan 96% mineral yang terdapat pada enamel gigi. Bahkan menurut pengukuran menggunakan alat hardness tester atau alat ukur kekerasan dalam skala mohs antara 1 - 10, gigi manusia memiliki nilai yang cukup besar yaitu 5. Nilai ini hanya sedikit lebih rendah dari baja berkualitas baik yang dapat mencapai 6,5 skala mohs.

Menggigit kuku bisa merusak gigi
Diantara kita pasti pernah kan kena marah ibu ketika menggigit kuku? selain karena bisa menyebabkan kuman masuk ke dalam tubuh tapi ternyata bisa merusak gigi. Bukan karena kuku lebih keras tapi justru kuatnya gigi akan saling bergesekan yang mana itu akan membuat rusak gigi itu sendiri. Info lainnya adalah kuku merupakan kenang-kenangan baju ketaqwaan nabi Adam dari surga lho.

Gula adalah musuh utama gigi
Penyebab gula menjadi musuh utama gigi adalah kandungan asam yang terdapat pada gula yang dapat merusak gigi. Misalnya rasa manis pada permen, soft drink yang mampu menggerus lapisan enamel gigi kita.

Gigi putih bukan tolak ukur sehat
Untung pepatah mengatakan putih tulangku merah darahku bukan putih gigiku, betul? sebab sejatinya warna dasar gigi tidak putih jadi jangan merasa minder bila warna gigi kita tidak kinclong, betul? yang justru aneh adalah sekarang ini banyak orang yang berusaha memutihkan gigi walau harus menerima efek samping gampang ngilu hanya demi penampilan.

\Gigi terbentuk melalui 3 tahap
Gigi manusia terbentuk dalam 3 tahap. Tahap pertama adalah tahap terbentuknya gusi yang kemudian barulah mahkota gigi akan terbentuk. Setelah itu akar gigi yang menempel pada rahang terbentuk.

Tidak semua orang punya gigi geraham paling belakang
Ups saya jadi teringat lirik lagu " tidak semua laki-laki bersalah padamu" wkwk tapi kita kesampingkan itu dulu dan kembali membahas gigi. Gigi geraham umumnya dicabut lantaran tumbuhnya bertabrakan dengan gigi didepannya tapi tahukah sobat bahwa tidak semua orang punya gigi geraham. dan satu lagi gigi geraham adalah gigi yang paling mudah aus  mengingat tugasnya mengunyah makanan dari yang paling lembut hingga yang paling keras.

Itulah beberapa info tentang gigi yang sudah pasti semua orang tahu kalau sudah mampir disini hihi, bagaimana dengan sobat semua no berapa yang selama ini sudah tahu dan no berapa yang  jadi tambahan informasi?
Reaksi:

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Use parse tool to easy get the text style on disqus comments:
Show Parser Hide Parser