Cara mengetes persahabatan apakah benar benar teman sejati

Hai sobat Nalagila, arti sahabat bagi sebagian orang adalah ketika dua insan manusia saling mendukung.  Lalu pada bedanya sahabat dengan teman? mungkin sahabat adalah level diatas teman, dibawah sahabat ada level teman dekat.

Baik sahabat maupun teman dekat sebaiknya jangan dulu percaya 100% jika belum lulus tes persahabatan. lho memangnya ada kriteria teman sejati itu? oh ada dong, beberapa hari yang lalu kebetulan saya dapat tausiah bagus dari beliau Habib Novel alaydrus .

3 Ciri sahabat sejati / teman yang baik :

1. Bagus ibadahnya
Ciri yang pertama adalah ibadahnya bagus dalam artian dia menjaga baik hubungannya dengan sang Pencipta. namun jangan ambil kesimpulan bahwa yang rajin ibadah adalah orang yang bisa diajak berteman. masih ada ciri selanjutnya.

2. Jika diajak jual beli tidak ribet
Jujur baru pertama saya tahu kalau untuk menentukan atau mengetes persahabatan itu dengan jual beli. misalnya ketika kita beli barang ke dia atau kita jual barang kedia uangnya dijanjikan 1 minggu berikutnya maka coba cek apakah tepat waktu atau tidak.

Jika lolos berarti sudah 2/3 kriteria bisa diajak berteman atau dijadikan sahabat terpenuhi. yang terakhir apakah dia atau kita lolos?

3. Menawarkan makanan saat dia makan.
Dalam tausiah pengasuh pondok pesantren Ar-Raudhah beliau mencontohkan bahwa untuk mengetahui teman itu baik atau tidak cobalah ajak dia keluar kota dan perhatikan sepanjang jalan bila dia menawarkan makanan atau minuman kepada kita yang notabenya satu bangku atau satu kendaraan berarti dia adalah sosok yang layak untuk dijadikan teman.

Itulah 3 cara mengetes persahabatan, apakah kita sudah termasuk dalam ketiga ciri tersebut? jika sudah ya alhamdulillah kalau belum mari berbenah diri sejak dini. tak ada kata terlambat untuk berubah, betul?

Reaksi:

You Might Also Like:

Use parse tool to easy get the text style on disqus comments:
Show Parser Hide Parser