Makanan dan minuman yang tidak boleh santap bersamaan

Hai sobat Nalagila, 4 sehat 5 sempurna itu adalah anjuran yang sudah terngiang ngiang di kuping kita sejak kita kecil. Katanya makanan 4 sehat 5 sempurna itu seperti karbohidrat, protein dan juga vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh.

Tapi banyak diantara kita yang suka makanan enak, kita tidak peduli dengan kandungan zat zat yang terkandung didalamnya. Padahal itu penting agar daya serap di dalam tubuh bekerja secara maksimal.

Misalnya kita makan nasi, ayam, tempe orek, sayur bayam dan minum teh manis. kira kira komposisi menu makanan tersebut sudah sesuai dengan anjuran 4 sehat 5 sempurna belum ya?

Bayam dan teh
Bayam merupakan salah satu sayuran yang kaya akan zat besi, sedangkan teh mengandung zat tanin. Jangan pernah menggabungkan antara sayur bayam dan teh karena zat tanin pada teh mengikat zat besi.

Kepiting dan teh
Selanjutnya sobat jangan pernah makan kepiting berbarengan dengan teh atau mengkombinasikan keduanya jika sobat tidak ingin fungsi mensterilkan makanan pada lambung bermasalah.

Susu dan teh

Oke masih soal teh. kali ini ada larangan menggabungkan teh dengan susu baik itu susu sapi atau susu kedelai . teh sendiri kaya akan anti oksidan yang dapat mencegah peradangan pada tubuh. hal ini dikarenakan protein susu akan mengikat anti oksidan teh sehingga menghambat penyerapannya.
selain itu susu kaya akan kalsium yang penyerapannya akan terganggu oleh kafein yang terdapat pada teh.

Next roti putih dan selai
Roti putih dan selain mengandung karbohidrat sederhana yang dapat menyebabkan lonjakan gula darah. mengkonsumsi makanan ini bersamaan akan membuat lonjakan gula darah naik dengan cepat dan membuat tubuh bekerja keras untuk menurunkannya dengan melepaskan insulin dari pankreas. jika dilakikukan terus menerus akan menurunkan fungsi pankreas sehingga berdampak pada diabetes militus.

Kacang dan keju
Produk susu yang dikonsumsi bersamaan dengan kacang dapat menyebabkan gas dan kembung yang tidak nyaman bagi perut.

Sereal atau outmeal dan susu / jus jeruk
asam dalam jus jeruk dapat menghancurkan enzim yang mencerna pati dalam sereal. sehingga penyerapannya jadi terhambat. oleh karena itu sebaiknya minumlah susu atau jus jeruk 30 menit sebelum mengkonsumsi sereal / outmeal.

Nah kesimpulannya kita masih bisa menggabungkan makanan yang memiliki zat berlawanan karena pada prinsipnya zat anti gizi akan non aktif dengan sendirinya melalui proses pematangan yang baik dan benar. mulai dari pencucian, perendaman, pemanasan hingga fermentasi  sehingga kita tetap mendapat manfaat dari makanan yang kita santap.
Reaksi:

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Use parse tool to easy get the text style on disqus comments:
Show Parser Hide Parser