7 Hal mengerikan akibat tidur terlalu lama

Hai sobat Nalagila, tidur penting bagi kesehatan karena dengan tidur berarti kita mengistirahatkan tubuh kita.  seperti yang pernah kita bahas sebelumnya tentang durasi efektif tidur manusia bahwa ada batasan atau ketentuan seberapa lama kita tidur. segala sesuatu akan lebih baik sedang sedang saja, begitu pula dengan tidur. Kurang tidur bisa menimbulkan penyakit kebanyakan tidur juga tidak baik.

Sekarang kita akan membahas efek yang mungkin muncul apabila kita terlalu lama tidur. coba simak beberapa akibat dibawah ini :

Efek terlalu lama tidur #1 Depresi
menurut study  yang dilakukan kepada 2 orang dewasa kembar di tahun 2014 menunjukkan bahwa orang yang tidur diatas 9 jam memiliki 49& sifat bawaan depresi sementar yang tidur selama 7-9 jam memiliki 27% sifat bawaan depresi.

Efek terlalu lama tidur #2 Merusak otak
Study tahun 2012 yang meneliti perempuan berusia lanjut menemukan , dalam periode enam tahun otak fungsi otak memburuk bagi mereka yang tidur terlalu lama ( terlalu sebentar ). Perempuan yang tidur selama lebih dari 9 jam ( atau kurang dai 5 jam ) mengalami perubahan pada otak seakan usia mereka dua tahun lebih tua

Efek terlalu lama tidur #3 Menyebabkan sulit hamil
Tahun 2013 Tim riset Korea menganalisa kebiasaan tidur lebih dari 650 orang yang tengah menjalani proses bayi tabung . Hasilnya , Tingkat kehamilan paling tinggi ditemukan pada perempuan yang tidur selama 7-9 jam dan paling rendah pada perempuan yang tidur selama 9-11 jam.

Efek terlalu lama tidur #4 Meningkatkan resiko diabetes
Di Quebec , peneliti menemukan dalam periode 6 tahun , warga yang tidurnya lebih dari 8 jam beresiko dua kali lipat terkena diabetes tipe 2 atau toleransi glukosa terganggu , diabndingkan yang tidurnya 7-8 jam .

Efek terlalu lama tidur #5 Menyebabkan obesitas
Peneliti di Quebec juga memantauy pertambahan berat badan dan kadar lemak selama 6 tahun . Mereka yang tidur 9-10 jam 25 persen lebih mungkin beratnya naik 5 kilogram , walau sudah memperhitungkan pola makan dan aktivitas fisik .

Efek terlalu lama tidur #6 Meningkatkan resiko penyakit jantung
Hasil riset yang dipresentasikan tahun 2012 di pertemuan American College of Cardiology menunjukkan , tidur selama 8 jam atau lebih berhubungan dengan bertambahnya resiko terkena masalah jantung . Peneliti menganalisa data lebih dari 3000 orang . Peserta yang tidurnya lama , dua kali lebih besar terkena Angina proketis & 1,1 kali beresiko terkena penyakit anti koroner .

Efek terlalu lama tidur #7 Meningkatkan resiko kematian
Di tahun 2010 dari 16 studi yang berbeda , peneliti menemukan peningkatan resiko kematian dini pada mereka yang tidur terlalu sebentar atau terlalu lama .Tidur lebih dari 8 jam dikaitkan dengan 1,3 resiko lebih besar mengalami kematian dini diantara 1.382.999 peserta studi

Itulah 7 hal mengerikan akibat terlalu lama tidur, so mulai sekarang coba deh kurangi waktu tidur , atau lebih tepatnya mulailah hidup sehat dengan menjaga kualitas tidur.

Reaksi:

You Might Also Like:

Use parse tool to easy get the text style on disqus comments:
Show Parser Hide Parser