Cara menghilangkan kuman daging ayam tanpa mencucinya

Hai sobat Nalagila, katanya mencuci daging ayam sebelum diolah itu berbahaya, apa benar? mungkin sobat semua terbiasa mencuci daging ayam terlebih dahulu sebelum mengolahnya.

Ternyata mencuci daging ayam sebelum diolah tidak dianjurkan karena pada daging ayam mentah terdapat banyak bakteri salah satunya adalah bakteri kampilobakter yang dapat menyebabkan infeksi pada saluran pencernaan bahkan dapat menyebabkan keracunan makanan.

Saat mencuci daging ayam bakteri akan berpindah ke bagian dapur lainnya seperti diperalatan masak hingga dipakaian kita, lalu bagaimana bakteri daging ayam bisa mati jika tidak dicuci?

Cara menghilangkan kuman di daging ayam

Sobat tak perlu khawatir karena saat daging dimasak dengan benar akan tetap mati dan hilang karena bakteri tidak dapat hidup disuhu yang tinggi. jadi masaklah daging di suhu minimal 70% celcius.

Selain itu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat hendak memasak daging ayam agar tidak terkontaminasi dengan bakteri dan kuman.

Pertama, jika daging ayam dimasukkan freezer dan membeku jangan cairkan di suhu ruangan saat hendak mengolahnya karena akan menarik bakteri untuk tumbuh. dinginkan daging dengan cara memindahkan ke kulkas bagian bawah dan jangan lupa pastikan daging tertutup rapat.

Kedua, pastikan kebersihan peralatan masak sobat. Karena biasanya kontaminasi bakteri sangat mudah terjadi akibat penggunaan peralatan masak yang tidak bersih. cuci peralatan masak seperti pisau, wadah dan talenan setelah digunakan untuk memotong bahan makanan apapun karena akan menimbulkan kontaminasi silang yang akan membuat bakteri menempel pada makanan.

Demikian cara menghilangkan kuman daging ayam tanpa mencucinya. semoga bermanfaat
Reaksi:

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Use parse tool to easy get the text style on disqus comments:
Show Parser Hide Parser