Jam tidur normal orang dewasa tak harus 8 jam

Hai sobat Nalagila, Perlu diingatkan bahwa pernyataan dijudul itu salah ya. Kondisi kesehatan seseorang sangat dipengaruhi oleh kualitas tidur. Karena kita hanya terpaku pada kata kualitas sering kali kita mengabaikan durasi tidur, dengan kata lain kita beranggapan bahwa  waktu tidur tidak harus 8 jam, asalkan kualitas tidurnya baik maka 6 jam saja sudah cukup. Padahal sebenarnya itu salah.

Belakangan ini saya mendapati satu kejadian dimana banyak sekali remaja yang begadang hanya untuk kegiatan yang sebenarnya kurang bermanfaat misalnya bermain mobile legends, bahkan ada juga yang menghabiskan malam untuk terjaga kemudian siangnya untuk tidur. Tak hanya remaja, kebanyakan orang dewasa tidur hanya sebentar alias semakin tua semakin menurun durasi tidurnya.

Padahal malam diciptakan untuk beristirahat dan siang hari untuk beraktifitas. Ketika seseorang tidur dimalam hari akan betah 6 – 8 jam tapi saat tidur siang hari atau pagi hari belum tentu dia kuat tidur  6 jam.

Lalu pertanyaannya adalah, jam tidur normal untuk dewasa itu berapa?

Berdasarkan penelitian dari Amerika, waktu tidur berkurang itu dimulai saat berusia 64 tahun, sebelum itu setiap harinya, kita butuh tidur 7-9 jam. Tandanya, walaupun sudah tua, tetap saja membutuhkan tidur lebih dari 7 jam setiap hari. Artinya, gak berarti semakin tua kita tidur semakin sedikit juga sudah cukup, justru hal itu malah bisa berakibat pada kesehatan kita sendiri.

Apakah sobat beranggapan jika malam hari kita susah tidur itu berarti terkena insomnia? Mulai sekarang coba deh ubah pandangan itu karena ciri-ciri seseorang terkan insomnia itu ada 3.

Pertama susah tidur, susah tidur yang dimaksud disini adalah kita sudah berusaha untuk menutup mata kita sekurang kurangnya 30 menit namun masih belum terlelap, jadi jangan beranggapan bahwa kita butuh tidur hanya ketika kita ngantuk atau sering menguap.

Kedua, bangun terlalu pagi. Saat kita sudah terlelap kemudian tiba tiba bangun dan saat lihat jam masih jam 3 pagi kemudian kita tetap tidak bisa tidur lagi itu juga salah satu pertanda bahwa seseorang mengidap insomnia.

Tanda yang kedua ini sering dialami oleh oerang dewasa dan orang tua dan mereka beranggapan bahwa mereka tak perlu tidur banyak.

Selain dua ciri diatas ada lagi ciri yang ketiga yaitu sering terjaga / terbangun. Bisa jadi seseorang yang banyak pikiran saat tidur tidak bisa terlelap. Jika tidak sedang banyak pikiran berarti kemungkinan besar dia mengidap penyakit insomnia.

Menurut data, di dunia ini ada 27% orang yang punya permasalahan tentang tidur. Bisa dibilang, dari 4 orang, ada 1 orang yang mengalami masalah tidur. Sebenarnya untuk mengecek kualitas tidur tidak sulit kok, coba aja lihat 3 ciri di atas, kalau kita memiliki ketiganya, atau bisa jadi hari berikutnya saat  bangun pagi hari, tiba-tiba kita merasa kalau ingatan mulai memburuk, perasaan langsung down atau berubah-ubah, bahkan siang hari tidak bisa beraktifitas maksimal, mungkin tidur kita memang bermasalah. Cepat periksa ke dokter supaya bisa ditangani

Kesimpulannya adalah baik itu remaja atau orang tua ( dewasa ) tidur 8 jam sehari , lebih tepatnya dimalam hari itu sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Karena saya juga pernah baca bahwa sebenarnya system pencernaan kita seperti lambung, usus dan lain lain itu butuh istirahat dimalam hari.
Reaksi:

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Use parse tool to easy get the text style on disqus comments:
Show Parser Hide Parser