Cara menabung agar cepat terkumpul banyak

Hai sobat Nalagila, sehat semua? alhamdulillah kalau begitu. semoga kita semua senantiasa dalam keadaan sehat jasmani, rohani. ada satu poin lagi yang harus dijaga kesehatan yaitu kesehatan ekonomi. kalau sudah menyinggung urusan kantong biasanya pada sensi, betul?

Oleh sebab itu sebisa mungkin kita harus bisa berhemat dan juga pandai menabung. walau kita tahu yang namanya menyimpan rumah / menabung itu adalah hal yang penuh tantangan. untuk menyisihkan sedikit uang setiap bulan rasanya super duper berat, jangankan setiap bulan menyisihkan 1 koin untuk dimasukkan celengan setiap hari saja susahnya minta ampun.

Susah bukan berarti tak mungkin, asalkan didasari niat yang kuat tak mustahil kita bisa mengatur keuangan kita, dijaman yang sudah modern ini banyak aplikasi mobile yang dapat membantu kita memanage pemasukan dan pengeluaran.

Setelah mengukuhkan niat ( karena segala perbuatan dinilai dari niatnya ) selanjutnya coba terapkan beberapa tips agar bisa menabung rutin setiap hari / setiap bulan. oh iya tips ini berlaku untuk semua kalangan baik itu pelajar ( anak SMP hingga mahasiswa ) bahkan ibu rumah tangga juga bisa menerapkannya.

Mintalah kritik dan masukan teman
Berlawanan dengan kebijaksanaan konvensional, saran atau keritik dari teman tidak selalu harus menjadi hal yang buruk. Bahkan, menurut penelitian yang dilakukan oleh University of Chicago dan University of Maryland, kritik dari teman perihal keuangan dan kebiasaan kita menghabiskan uang benar-benar dapat membantu mengurangi pengeluaran yang tidak perlu.

Para peneliti mempelajari kebiasaan pengeluaran orang-orang yang menggunakan situs keuangan pribadi dari moneystatus.com dan menemukan saat penggunanya tahu mereka membelanjakan uang lebih banyak dibanding rekan-rekannya, cara ini terbukti dapat mengurangi pengeluaran mereka hingga rata-rata 23 persen.

Cobalah menelaah kebiasaan
Makan bersama teman mungkin adalah hal yang membahagiakan sekaligus menggiurkan, atau membeli sepatu adalah satu hal wajib. lalu analisis berapa pengeluaran sobat selama sebulan dan bandingkan dengan tetangga, kawan atau sahabat sehingga kita bisa tahu apakah kita termasuk boros atau tidak, sobat tahu kan bahwa boros adalah sifat setan?

Saya pernah dengar katanya wanita dalam sebulan paling tidak berbelanja 2/3 potong baju, bukannya tidak boleh sih tapi cobalah ditelisik lagi siapa tahu bisa abaikan dulu, intinya adalah mengurangi kebiasaan yang dirasa kurang perlu.

Tetapkan anggaran yang masuk akal.
membuat RAB ( rencana anggaran bulan ) bukanlah hal yang mudah,  utamanya bagi yang sudah berkeluarga, betul?  seperti yang tadi kita singgung diawal bahwa memanage keuangan sekarang bukan hal yang mustahil dengan adanya aplikasi pencatat pengeluaran. tetapkan batasan supaya kita lebih mudah mengerem.

Oh iya satu lagi, pastikan sobat sudah potong 2,5% untuk zakat dari total pemasukan supaya lebih berkah seperti kata wali "hidup indah bila mencari berkah" itulah sedkit banyak tips cara menabung agar cepat terkumpul

Reaksi:

You Might Also Like: