Olahraga membuat tubuhku bugar dan semakin percaya diri

Ingatkah sobat dengan pepatah didalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat? itulah gambaran singkat manfaat olahraga untuk kesehatan tubuh dan mental kita. beberapa waktu lalu ada seorang teman yang memberikan testimoni manfaat olahraga yang dia rasakan selama satu tahun.

Olahraga yang dia lakukan adalah lari, ups lari yang dimaksud adalah lari beneran ya sob bukan lari dari kenyataan.  manfaat yang paling terasa adalah kembalinya rasa percaya diri dan tubuh yang senantiasa terasa segar. Oke deh, langsung saja kita ulas beberapa manfaat olahraga bagi tubuh dan jiwa kita.

Manfaat Olahraga untuk jiwa dan raga :

Olahraga dapat meningkatkan kualitas tidur
Kualitas tidur seseorang dimalam hari akan semakin bagus jika seseorang rajin berolahraga. efeknya adalah kesiapan kita untuk menghadapi hari esok semakin baik karena bangun tidur tubuh kembali segar.

Teman saya bercerita jam tidurnya semakin awal dari yang dulunya jam 12 an kini jam 10 malam dia sudah tidur.  katanya 1 jam setelah makan dia pasti sudah merasa ngantuk.

Tubuh kembali bugar setelah olahraga
Manfaat langsung dari olahraga adalah mengembalikan kebugaran tubuh setelah aktifitas seharian membuat tubuh letih lesu dan lelah. Olahraga dapat mengembalikan otot otot yang tegang saat bekerja.

Olahraga menghilangkan stress
Timbulnya stress bisa disebabkan oleh tekanan yang berasal dari diri sendiri, orang lain, maupun lingkungan sekitar. Hal ini akan menyebabkan masalah kesehatan serta perilaku seseorang yang mengalaminya.

Olahraga merupakan serangkaian gerakan untuk memelihara serta meningkatkan kemampuan gerak tubuh, yang apabila dilakukan secara teratur dapat dapat membantu mengurangi ketegangan otot-otot tubuh, serta dapat membuat pikiran menjadi lebih fresh.

Seseorang yang aktif dalam segi fisik memiliki kecenderungan untuk lebih baik dalam menyesuaikan kondisi emosional serta mentalnya.

Olahraga mengembalikan mood
Dengan berolahraga dapat membantu menstimulasi zat-zat kimia pada otak yang pada akhirnya dapat membuat seseorang lebih santai dan merasa lebih bahagia. sehingga membuat kita merasa lebih bahagia dan santai. Timbulnya perasaan bahagia dan santai dapat meningkatkan mood seseorang. konon lebih susah mengembalikan mood wanita daripada pria, benarkah demikian?

Olahraga mampu meningkatkan kapasitas otak
Menurut David Atkinson, direktur dari Cooper Venture Development Program, salah satu divisi dari Cooper Aerobic Center di Dallas, Amerika Serikat menyatakan bahwa olahraga dapat memabantu untuk meningkatkan serotonin yang ada dalam otak, dimana serotonin merupakan suatu hormon yang bekerja sebagai modulator kapasitas kerja otak, seperti untuk mengatur emosi, pemahaman, maupun nafsu makan. Peningkatan kapasitas otak dapat membantu untuk meningkatkan kualitas dalam melakukan tugas-tugas rutin sehari-hari.

Olahraga meningkatkan rasa percaya diri
Seseorang yang rutin melakukan kegiatan olahraga dapat memiliki bentuk tubuh yang ideal, terlihat segar, bugar, dan lebih sehat. Hal ini tentu saja dapat menambah kepercayaan diri pada mereka.

Olahraga menstabilkan dan meningkatkan daya tahan tubuh
Berolahraga juga dapat merangsang hormon-hormon yang berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh seperti hormon serotonin dan endorphin untuk dapat bekerja lebih efektif dalam tubuh. Dengan begitu, daya tahan tubuh akan meningkat serta dapat melawan berbagai penyakit yang disebabkan oleh infeksi baik itu oleh virus, bakteri, maupun mikroorganisme lainnya.

Olahraga membuat semakin "greng"
Setelah seharian melakukan rutinitas yang menguras tenaga, tubuh akan terasa lelah dan letih. Hal tersebut tentu saja akan berdampak pada kualitas malam bersama pasangan. Berolahraga dapat membantu meningkatkan "greng" .

Itulah beberapa manfaat olahraga berdasarkan sharing teman saya, apakah sobat ingin merasakan manfaat olahraga seperti teman saya itu? mulai sekarang marilah kita biasakan 3x dalam seminggu untuk berolahraga.
Reaksi:

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Use parse tool to easy get the text style on disqus comments:
Show Parser Hide Parser