Gejala kelelahan fisik dan mental pada tubuh kita

Mungkin sobat punya banyak sekali jadwal aktivitas dan seabrek pekerjaan. Padatnya aktivitas tak hanya dialami oleh laki laki, bunda dan siswa dirumah juga pasti mengalami hal tersebut. Kesibukan dimulai dari mengurus anak, menyelesaikan tugas sekolah, sampai deadline kantor  yang belum selesai. Kegiatan tersebut mengharuskan kita bekerja extra dan banyak memberi tekanan, akibatnya kita jadi kelelahan.

Lelah ada dua macam, lelah secara fisik dan lelah mental. Kelelahan terjadi karena tubuh terforsir dan kurangnya istirahat. Sayangnya, kebanyakan orang tidak menyadari bahwa sebenarnya tubuhnya sudah lelah. Karena terus dipaksakan tak heran bila kemudian kita jatuh sakit.

Agar semangat dan mood tetap baik kita perlu menjaga tubuh agar tetap prima serta terhindar dari penyakit disaat padatnya jadwal aktivitas. Kapan seseorang kelelahan? Berikut tanda tanda seseorang kelelahan.


Tanda tubuh ( fisik dan mental ) kelelahan bekerja :

Kewalahan
Jika kita sudah mulai lupa beberapa hal kecil itu tanda berarti kita sudah mulai kesulitan mengatur kehidupan hari ini yang artinya kita sudah mulai lelah.

Konsentrasi berkurang
Ciri atau tanda yang paling terlihat saat seseorang mulai kelelahan adalah saat diajak ngobrol atau bicara sering tidak nyambung, padahal dia merasa diotaknya A tapi yang diucapkan B. Konsentrasi yang mulai memudar adalah salah satu tanda bahwa kita harus segera rehat sejenak.

Imunitas tubuh menurun
Keluhan seperti sering lelah, sakit kepala, migrain, pilek, batuk, tifus, dan penyakit lainnya kerap terjadi pada kita yang kelelahan. Imunitas tubuh yang menurun karena kelelahan mengundang banyak penyakit. Memang terdengar cukup ringan, akan tetapi lama-kelamaan dapat membahayakan kesehatan.

Pola tidur berantakan
Ada masa ketika  lebih sulit untuk cepat tidur, ketika tubuh kelelahan. Walaupun sudah berbaring di ranjang lebih cepat dari biasanya, kita tetap tidak dapat tidur dengan nyenyak. Alhasil, pola tidur menjadi berantakan dan kualitas tidur buruk akan semakin membuat tubuh merasa lelah. salah satu faktor tidur kurang berkualitas adalah kasur yang sudah lama tidak diganti, oleh karena itu kita wajib tahu kapan waktu yang tepat mengganti kasur.

Gangguan emosi
Emosi menjadi tidak menentu dan terkesan sangat sensitif dalam segala hal. Pasalnya, tubuh yang kelelahan juga dapat menghambat pikiran, sehingga mengacaukan emosi. Di samping itu, sering ditemukan keluhan seperti membuat diri merasa frustrasi, berpikir buruk terhadap sesuatu, kecewa, dan menjadi pesimis.

Kebutuhan kafein dan suplemen meningkat
Kita mendadak ingin sesuatu, seperti mengidamkan kopi terus-menerus, atau merasa butuh suplemen, agar tubuh tetap prima? Hal ini bisa menjadi pertanda bahwa kita sedang dalam fase kelelahan. Memenuhi keinginan-keinginan tersebut memang dapat membantu menyegarkan tubuh, namun hanya sesaat.

Melupakan ‘alarm’ tubuh
Tubuh selalu punya ‘alarm’ guna mengetahui kapan tubuh sedang dalam kondisi kurang prima. Badan terasa lemas, meriang, dan pegal-pegal dengan alasan yang tidak jelas merupakan ‘alarm’ saat tubuh sedang kelelahan. Namun, karena tuntutan pekerjaan dan sebagainya, kita sering mengabaikan ‘alarm’ tersebut dan tetap memaksakan tubuh untuk beraktivitas.



Oleh karena itu kita harus mulai waspada jangan jangan tubuh kita sudah waktunya untuk beristirahat, jangan sampai tubuh kita terforsir lalu jatuh sakit.

Reaksi:
Share this with short URL:

You Might Also Like:

Use parse tool to easy get the text style on disqus comments:
Show Parser Hide Parser