Khasiat daun serai bagi kesehatan dan cara pengolahannya

Sobat nalagila apakah kenal serai?  itu lho kata dalam pepatah "bersatu kita teguh berserai kita runtuh" hihi bercanda sob, yang benar adalah serai, ada juga yang menyebutnya sereh. katanya sih tanaman satu ini lebih dikenal di kalangan ibu ibu. tanaman ini menjadi salah satu kunci lezatnya masakan ibu ibu.

Jujur ya, saya sebenarya belum mengerti benar tentang sereh. maklum selama ini hanya tahu sereh melalui hidangan di meja makan. tapi saya sempat cari cari informasi dan nemu informasi berikut dari wikipedia.

Tak banyak sih info yang saya dapat, antara lain manfaat sereh bisa mengusir nyamuk. cukup efektif untuk mengamankan tubuh kita utamanya telinga dari nyamuk. sebel kan kalau sobat denger nyamuk lagi ngomel tepat ditelinga kita. nguang nguing tidak jelas artinya.

Klasifikasi ilmiah:
Kerajaan-Plantae, (tidak termasuk) Monocots, (tidak termasuk) Commelinids, Ordo-Poales, Famili-Poaceae, Genus-Cymbopogon, Spesies-C. citratus, Nama binomial-Cymbopogon citratus.

Dalam beberapa penelitian, daun Serai ternyata mengandung zat anti-mikroba dan anti-bakteri yang sangat berguna khususnya untuk mengobati infeksi pada lambung, usus, saluran kandung kemih, dan menyembuhkan luka. Tak hanya itu, Serai juga banyak digunakan untuk pereda kejang, anti-reumatik, dan bersifat diuretik.

Kandungan Serai :
Berdasarkan info wikipedia kandungan terbanyak dalam serai adalah minyat atsiri. minyak atsiri sendiri punya kandungan sitrat, sitronelol, a-pinen, kamfen, sabinen, mirsen, felandren beta, p-simen, limonen, cis-osimen, terpinol, sitronelal, borneol, terpinen -4-ol, a-terpineol, geraniol, farnesol, metilheptenon, n-desialdehida, dipenten, metil heptanenon, bornilasetat, geranilformat, terpinil astet, sitronil asetat, geranil asetat, beta-elemen, beta-kariofilen, beta-bergamoten, trans-metilsoeugenol, beta-kadinen, elemol, kariofilen oksida. Senyawa lain adalah geranial, geranil butirat, lomonen, eugenol dan metileugenol.

Manfaat dan khasiat serai atau sereh

Setelah mengetahui kandungannya sekarang kita coba berbagi manfaat dan khasiat serai. cara pengolahan serai cukup mudah, sobat bisa rebus serai secukupnya lalu air rebusannya bisa di campir jahe.

Selama sobat menggunakan serai sebagai obat herbal efek sampingnya sangat minim sekali bahkan bisa dikatakan tidak ada. dengan catatan dalam dosir sewajarnya .oke kita lanjut ya.

Manfaat serai untuk syarat
Minyak esensial yang mengandung Serai juga dapat bermanfaat untuk memperkuat dan meningkatkan fungsi sistem saraf. Hal itu disebabkan minyak Serai tersebut akan memberikan efek yang menghangatkan, melemaskan otot, dan meredakan kejang-kejang.

Serai mencegah penyakit kanker
Ada penelitian yang menjelaskan bahwa setiap 100 gram Serai mengandung zat antioksidan yang kita tahu bermanfaat untuk mencegah terjadinya penyakit kanker. Kemudian, penelitian yang dilakukan oleh tim dari University Gurion di Israel telah menemukan bahwa dalam Serai ada senyawa yang dapat mematikan sel kanker tanpa merusak sel sehat.

Memperindah kulit
Penggunaan daun Serai juga sudah terjadi dalam bidang kosmetik yang digunakan untuk memperindah kulit. Efek dari penggunaan kosmetik yang mengandung daun Serai adalah dapat menghilangkan jerawat dan berfungsi juga sebagai penyegar.

Serai untuk mengobati gangguan pencernaan
Serai sangat bermanfaat untuk mengatasi gangguan pencernaan, sakit perut, masuk angin, mengurangi gas dari usus, diare.

Detoksifikasi
Serai juga sangat baik untuk detoksifikasi tubuh dengan cara meningkatkan jumlah buang air kecil. Hal tersebut tentunya sangat bermanfaat untuk membuat seluruh organ pencernaan seperti hati, pankreas, ginjal, dan juga kandung kemih bersih dan sehat karena beragam racun akan tersingkir.

Serai Bisa Mengobati infeksi kulit
Kadungan zat anti-mikroba dan anti-bakteri Penelitian menunjukkan, serai memiliki kandungan zat anti-mikroba dan anti-bakteri. Kandungan tersebut berguna khususnya dalam mengobati infeksi pada lambung, usus, saluran kemih dan luka. Belakangan, Serai juga banyak dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit seperti infeksi kulit, tipus, keracunan makanan, dapat juga meredakan bau badan.

Banyak sekali manfaat dan khasiat serai kan, sebenarnya kita bisa mendapatkan manfaat serai dengan mengikut sertakan serai dalam masakan. atau istilah mudahnya jadikan serai bumbu di setiap masakan.

Reaksi:

You Might Also Like:

Use parse tool to easy get the text style on disqus comments:
Show Parser Hide Parser