Indahnya Purworejo dari gardu pandang curug gunung putri

Hai sobat Nalagila, pusing dan stress memang kerap menyerang kita saat banyak tugas dan pekerjaan kantor yang harus selesai tepat waktu. Keadaan itulah yang mendorong kita harus segera piknik, biar tidak ada yang menyoraki kita dengan kata kata “ piknik woy piknik, diem diem bae.”

Untuk sobat yang kebetulan melintas di kabupaten Purworejo, jawa tengah ada satu destinasi wisata yang cocok untuk melepas penat yaitu wisata curug gunung putri. Disana kita bisa menghirup segarnya udara pegunungan dengan iringan suara air terjun setinggi 70 meter.

Wisata curug gunung putri tepatnya di kecamatan bruno punya area khusus untuk menikmati pemandangan kota purworejo dari atas melalui pos yang disebut gardu pandang. Kebetulan saya baru mengunjungi tempat ini bersama beberapa teman.

Wisata Curug Gunung Putri Purworejo, Jawa Tengah

Ceritanya siang itu saya hubungi admin mbaksyahdu.com tanya posisi dimana, niat hati mau main kerumahnya. Eits malah keduluan dia yang ajak main ke bruno, katanya sih saudaranya ada yang ingin sekali makan durian. Tanpa pikir panjang saya bilang oke, kebetulan juga kemarin baru saja selesai update seputar kata bijak dari lirik lagu OST serial Wiro Sableng.

Saya ganti baju sebentar, lalu segera meluncur. Dari rumah kami berlima, admin mbahsyahdu boncengan dengan saya sedangankan saudaranya bonceng istrinya di belakang dan adiknya duduk didepan.

Di perjalanan banyak sekali candaan dan lagu yang kami dendangkan, padahal sebenarnya suara kami bagus hihi untung segera terbawa angin suaranya. Saya tak sempat memeriksa jam berapa kami sampai di lokasi wisata.

Akses jalan ke lokasi wisata bisa dilewati roda dua mapun roda empat. Cocok sekali untuk dijadikan tempat refreshing bersama keluarga. Sepanjang perjalanan sobat akan sedikit merasakan senam jantung pasalnya jalan yang naik turun lumayan mendebarkan. Saat turunan lumayan curam, saat jalan naik kalau tak pegangan kuat selalu mlorot ke jok paling belakang.

Sesampainya disana kami disambut satu petugas tiket sekaligus parkir. Tiket masuk satu orang Rp. 5000,- anak anak atau dewasa sama saja, lalu parkir roda dua Rp. 2000.- dan roda 4 Rp. 4000,-. Karena kami datang bukan di hari libur jadi ada diskon, total biayanya kalau tak salah dengar Rp.25.000.- mbak syahdu sedang baik hati jadi kami ditraktir.

Tak ingin berlama lama saya langsung mengambil pose dibeberapa tempat dan mengambadikan dengan camera. Berikut beberapa foto diarea wisata curug gunung putri :


Spot pertama tepat berada dibawah air terjun, ini tempat favorit berfoto pengunjung ketika berkunjung kesini.


Foto ini adalah hasil foto panorama curug gunung putri dari atas kebawah, di bebatuan paling besar yang letaknya agak keatas itulah wanita itu mandi. kita bisa kesana lewat tangga alami yang sudah ada disebalah kanan curug.


Terakhir adalah spot diatas gardu pandang, didepan saya terhampar pemandangan luar Kota Purworejo, hati hati kalau disini ya sob sebab untuk yang takut ketinggian tidak disarankan untuk ke spoot ini.

Ada sebuah legenda dari curug gunung putri yang terkenal, yaitu saat jaman perjuangan kemerdekaan salah satu wanita yang menjadi prajurit pangeran diponegoro mandi di bawah air terjun curug putri yang bernama “Tirto Kanoman” berubah dari yang dulunya tak ada lelaki yang mau mendekatinya menjadi sosok wanita dengan kulit mulus dan wajahnya begitu cantik.

Tapi sayang tak ada satu priapun yang menyatakan keinginan untuk meminangnya dia terima. Wanita tersebut kemudian kembali ke curug putri dan bersemedi disana, dalam semedinya dia berucap “siapa yang membasuh muka atau bahkan mandi di curug gunung putri akan awet muda dan didekatkan jodohnya.”

Setelah selai foto di beberapa spot termasuk di gardu pandang kami melanjutkan perjalanan menuju rumah kawan dia daerah bruno yang kebetulan dia sudah menyiapkan banyak buah durian montong. Istri saudara mbak syahdu bilang katanya rasa duriannya mantab, berikut cuplikan videonya :



Itulah sekelumit cerita perjalanan wisata di curug gunung putri kecamatan bruno kabupaten purworejo kali ini. Monggo silakan bagi sobat yang ingin rekreasi dijamin dinginnya air disana bisa mendinginkan kepala sejenak bahkan bisa meredam amarah seketika ( ups ).

Selain curug gunung putri di kawasan bruno juga ada curug muncar dan curug kyai kate, nah bisa tuh sekalian kesana jadi seharian full acara traveling ke daerah pegunungan. Sekian info wisata kali ini sampai jumpa di lain kesempatan. bye

Reaksi:

You Might Also Like:

Use parse tool to easy get the text style on disqus comments:
Show Parser Hide Parser