3 Tanda seseorang masih terjaga saat malam


Hai sobat nalagila, salam sejahtera untuk sobat semua. Ingin rasanya saya menulis hal ini sejak lama. Tapi apa daya rasa malas yang kian membara melahap habis niatan untuk menorehkan kata diatas kanvas putih. Hihi bahasanya, padahal jaman now sepertinya tinggal sedikit yang menuliskan idenya diatas kertas. Biasanya sih di notepad smartphone atau di sticky note computer.

Saya sering penasaran, apakah seseorang sudah benar benar tidur atau justru masih sadar. Walau matanya terpejam belum tentu dia sudah tidur. Tidur disini artinya lelap ya sob bukan tidur biasa. Bagaimana cara mengetahui kalau orang tersebut sudah menuju alam mimpi?

Awalnya dulu pernah berkunjung ke tempat kakak perempuan saya di daerah Jakarta, waktu itu saya diantar oleh anak dari adik ibu saya. Kami sampai dikediaman kakak malam hari, oleh karenanya kakak saya menawarkan untuk menginap saja. Tapi saya bersikeras untuk pulang paginya. Saudara saya lalu menyarankan saya untuk beristirahat sejenak.

Saat saya membaringkan badan dan mulai memejamkan mata, saya mendengar obrolan mereka. Mereka mengamati saya dan menebak apakah benar saya sudah tertidur atau hanya matanya saja yang tertutup.

Saudara saya bilang katanya kalau seseorang itu sudah berada dialam mimpi paling tidak mempunyai ciri seperti berikut :

Tanda seseorang tidur pulas

Mulutnya tidak mengatup. Artinya seseorang yang tidur pulas lebih cenderung membuka mulutnya. Ada juga yang kebablasan hingga mengorok.

Itulah ciri bahwa seseorang sudah tidur nyenyak. Kemudian bagaimana cara mengetahui bahwa seseorang itu masih tidur atau masih terjaga ketika kita tidak satu ruangan?

Inilah yang akan kita bahas sob, ceritanya saya tidur bersebelahan dengan kamar tidur ibu, lalu sesekali waktu saya mendengar suara suara yang aneh dari kamar beliau. Sobat mau tahu suara apakah itu?

Yup betul, itu adalah suara beliau mengorok. Wkwk maap bu, bukan maksud menceritakan hal seperti ini di dunia maya tapi itulah kenyataaanya. Kalau mengorok kan jelas sudah tidur seperti yang tadi kita bicarakan di paragraf atas.

Iya sob sabar, saat pagi hari saya mendengar suara batuk itu saya. Saya kemudian berpikir, kalau batuk berarti dia dalam keadaan sadar kan?. Hayo disini siapa yang pernah batuk sambil tidur? Batuk itu hanya bisa dilakukan oleh orang yang masih memiliki kesadaran diri, betul?

Selanjutnya pertanda bahwa seseorang masih terjaga adalah saat kita mendengar suara dia bersin. Bersin memang dianjurkan untuk menutup mata, kalau mata kita tetap terbuka bisa bisa bola mata kita terlempar, betul? ( mode mbak yanti istri mas eko Tukang Ojek Pangkalan ).

Satu dua kali bersin mungkin masih wajar, bahkan ada yang bilang kalau bersin berarti ada orang yang sedang membicarakan kita. Tapi kalau berkali kali tandanya kita tidak sehat sob, bersin itu bisa jadi pilek biasa bisa pula flue. Lho apa ada bedanya? Simak nih perbedaan flue dan pilek biasa.

Yang terakhir adalah menguap. Memang sih tidak semua orang bersuara ketika menguap. Eits perlu di klarifikasi dulukah ini? Menguap yang dimaksud adalah membuka mulut beberapa saat sebagai tanda kita mengantuk.

Jika kita dapati kawan, saudara atau siapapun yang katanya pamit tidur dan matanya sudah terpejam
tetapi masih menguap mungkin dia masih dalam perjalanan ke alam mimpi atau memang tidurnya hanya pura pura saja.

Demikian pembahasan kita kali ini tentang 3 tanda seseorang masih terjaga versi nalagila. Apabila ada kesalahan dan kekurangan mohon kesediaan sobat semua untuk menyampaikan melalui kotak komentar yang telah tersedia.
Reaksi:

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Use parse tool to easy get the text style on disqus comments:
Show Parser Hide Parser