2 Hari terbaring akibat tidak sarapan

Hai sobat Nalagila, rasanya lama sekali tidak berbagi disini. maafkan saya sob, bukan tanpa alasan saya absen di blog, tapi karena tubuh drop dan terbaring lemah di kasur. seolah olah badan ini tidak ingin beranjank dari tempat tidur. apa sobat mau tahu cerita lengkapnya?

Beberapa waktu lalu ceritanya tidurnya lumayan larut, Hm.. kalau tidak salah diatas jam 00:00. padahal sudah dilarang tidur larut malam oleh bang Roma Irama lewat lagu dangdutnya Begadang. mungkin kalau saya dirumah jam 22:00 saja mata sudah tidak bisa terbuka lagi saking ngantuknya.

Namun hari itu saya sedang main di rumah seorang teman, kebetulan ada teman dari tetangga kecamatan juga. mata ini asyik melihat layar smartphone. kami asyik main game Boomsquad. rame dan mengasyikan. hingga sedikit lupa waktu.

Permainan berakhir di jam sepuluh an malam, kemudian dilanjutkan bermain game marvel future fight, yang kebetulan reset daily cheleng nya jam 22:00. setelah hampir semua daily misi selesai, saya mulai merasa ngantuk. satu gelas kopi sepertinya tidak memiliki mulai hilang efeknya. ups apakah benar minum kopi bikin kita kuat begadang? entahlah.

Bangun kurang lebih subuh,  tapi habis itu tidur lagi dan bangun jam setengah 8. pamit sama orang tua teman lalu sampai rumah mandi, dan cus ke kota sebelah. dirumah saya diingatkan ibu " lho kok ora sarapan sit ?" dalam bahasa indonesia kurang lebih " lho kok tidak sarapan dulu?"

Awal mula terbaring lemah akibat tidak sarapan

Karena takut jam kantor di kota sebelah sudah buka dan sudah banyak orang yang antri maka saya buru buru gas kesana. saya pakai jaket dan helm dan cus. urusan kira kira selesai jam 11. saya mampir dulu ke wifi.id sambil cek status whatsapp.

Maklum Hp sudah agak tua sehingga hanya bertahan beberapa menit saja. sambil isi ulang baterai saya numpang wifian dan pesan es teh satu gelas plus jus jambu. Sempat ada bisikan di hati untuk ambil nasi bungkus sih, tapi bisikan lain mengusulkan untuk mengabaikannya.

akhirnya saya hanya mengisi perut ini dengan air saja. padahal menurut beberapa artikel yang ada di google, kalau kita melewatkan sarapan bisa mengurangi konsentrasi dan memperpanjang durasi perut kosong. bayangkan dari malam hingga siang hari. hampir 12 jam.

Padahal puasa saja tidak sampai selama itu. sayapun gas pulang dan melanjutkan jadwal aktifitas hari itu. kira kira hampir asyar perut / lambung ini kemasukan nasi. konon makan siang orang yang pagi hari tidak sarapan porsinya 2x lipat. tapi ternyata tidak berlaku untuk saya.

Saya tidak tahu apakah efek es teh dan jus jambu tadi atau ada masalah lain di dalam pencernaanku. saya justru makan separuh porsi. sebenarnya makan separuh porsi sudah dari 2 tahun yang lalu. apa ini karena jarang keluar keringat? atau justru badan ini tidak sehat? banyak pertanyaan menghantui saya lho.

Dulu ketika masa sekolah dan masih sering ke sawah membantu ayah menyiram tanaman cabai, makan itu satu piring penuh. dan memang saya akui dulu dan sekarang perbedaannya jauh. sepertinya sekarang sudah tidak seenerjik dulu.

Setelah makan sore,  kemudian minum es extra Joss susu. Hm.. gurih gurih gimana gitu. malamnya ngopi dan saat tengah malam barulah terasa efek pagi hari tidak sarapan. badan terasa dingin, kepala cekot cekot, tidur arah kanan tidak bisa, arah kiri juga tidak terlelap. pokoknya hampir satu jam cuma pindah sana sini.

Kemudian saya pinjam kain untuk menutupi kaki saya supaya terasa lebih hangat, lalu badan dibalut jaket barulah saya paksa mata untuk terpejam. jum'at pagi saya langsung ngacir pulang. dirumah saya lanjutkan baringkan tubuh ini diatas kasur.  kira kira sampai jam 8 saya terbaring.

Hm.. merasa gejala badan terasa dingin padahal sebenarnya panas, saya paksakan naik motor dan pergi periksa ke puskesmas. memang belum hoki, ternyata saya lupa bahwa hari Jum'at kemarin adalah tahun baru imlek. dengan berat hati saya putar balik.

Saya pulang ibu sedang sibuk bersih bersih rumah, ah takut mengganggu kesibukan beliau jadi saya pergi ke rumah kakak perempuan saya. letaknya memang agak jauh dari rumah. sudah badan meriang dibawa angin anginan. kakak saya sedang pergi ke sawah, padahal niatnya kesana mau minta di "keroki" keroki adalah cara tradisional untuk menghilangkan masuk angin. keroki badan atau kerokan adalah menggosok minyak ( sebaiknya minyak rempah ) dengan uang logam di punggung.

Orang orang si bilangnya cap blarak ( daun kelapa yang sudah tua ). kebetulan ada saudara yang berkunjung dan melihat saya sedang terbaring lemah di kasur ( agak dramatis ini nulisnya ) berbaik hati menawarkan jasa untuk keroki badan saya.

Tanpa basa basi langsung saya iyakan, daripada nunggu kakak saya yang pulangnya menjelang adzan sholat Jum'at.  kurang lebih 15 menit punggung saya di "tato alami." kemudian lanjutkan pakai baju dan jaket lagi dan berbaring lagi deh.

Jum'at hingga minggu tidak beranjak dari kasur, makan obat disitu dan makan nasi cuma sedikit karena lidah pahit. bahkan air putih yang biasanya rasanya tawar eh ini juga ikutan pahit. di malam minggu di Sumber Adventure Center Andong, purworejo padahal ada konser dangdut yang bintang tamunya Nella Kharisma.

Ada teman yang sempat ajak saya untuk nonton tapi ternyata Tuhan tidak berkehendak hihi. dasarnya kalau nonton dangdut memang tak pernah nonton sih, maklum takut kena sikut dan malas liat konser yang penontonnya suka berkelahi. Lebih enak nonton dari youtube saja, suara menggelegar dan berasa nonton paling depan sendiri hihi.

Artikel ini penting untuk sobat yang selama ini tidak sarapan pagi. walau ceritanya panjang tapi tentunya ada hikmahnya ya yang dapat diambil sobat Nalagila. sarapan itu tidak perlu menu yang enak, yang terpenting adalah sehat dan cukup memenuhi 4 sehat 5 sempurna. paling tidak perut punya bahan untuk digiling dan dijadikan energy kita.

Sekian cerita kali ini semoga bermanfaat, ada salahnya mohon koreksinya dan masukan sobat melalui kotak komentar yang sudah tersedia.

Reaksi:

You Might Also Like:

Use parse tool to easy get the text style on disqus comments:
Show Parser Hide Parser