Lakukan 4 hal ini agar mata tak cepat lelah dan perih

Hai sobat nalagila, hari ini kita akan mencoba tips menjaga mata tetap rileks nih. ini penting sob, sebab mata kita pasti merasa lelah bila digunakan menatap gadget atau layar monitor setiap hari dalam waktu yang lama.

Disela sela pekerjaan kita, ada lho langkah mudah yang bisa mengembalikan kesegaran mata dengan tetap menerapkan tips kesehatan mata agar tetap bersinar. tips menjaga kesehatan mata memang pernah kita bahas, tapi ini hanya tips kecil yang tak membutuhkan waktu lama kok.

Coba lakukan 4 hal ini untuk menyegarkan mata

Saat menggunakan gadget atau komputer kita harus mengatur posisi duduk, jarak pandang ideal, posisi tangan serta durasi istirahat. hayoo disini siapa yang suka lupa istirahat atau bahkan lupa berkedip kalau sudah memandangi smartphone?

Atur postur duduk sobat
Saat menggunakan komputer disarankan untuk duduk dengan nyaman dalam posisi seimbang. Selain itu, menjaga postur tulang belakang tetap dalam posisi senyaman mungkin.

Tempatkan kaki kamu rata di lantai untuk memberikan kenyamanan dan menjaga postur tubuh.

Mengapa posisi duduk berpengaruh pada kesehatan mata? Sebab, ketegangan mata disebabkan oleh postur tubuh yang buruk.

Duduk selama berjam-jam di depan komputer dan tidak mengatur posisi yang tepat akan menyebabkan otot-otot di bagian kepala, leher dan bahu menjadi kaku. Pada akhirnya hal ini akan berpengaruh pada mata.

Tak berbeda dengan komputer, saat memandangi gadget, pastikan posisi kita sudah PW ( Posisi Wenak ) alias posisi ternyaman.

Sering seringlah berkedip
Berkedip adalah cara sederhana untuk menjaga mata kamu tetap segar dan bisa kembali fokus. Pengguna komputer dan televisi cenderung berkedip lebih sedikit, terutama saat sedang serius dan fokus pada sesuatu. Cobalah berkedip setiap 3-4 detik selama 2 menit.

Setiap kali berkedip mata kamu akan mengalami periode gelap yang singkat. Ini membantu menjaga mata kamu tetap segar dan juga mengurangi ketegangan mata.

Tutup Mata Dengan Tangan
Hal ini dilakukan untuk menghilangkan tekanan di sekitar mata. Langkah ini juga dapat dilakukan untuk membiarkan mata kamu santai sejenak.

  • Melakukan penutupan ini dapat memberikan perbedaan besar dalam hari-hari kamu. Lakukan dengan cara sebagai berikut:
  • Tarik napas dalam-dalam sebelum memulai
  • Buatlah diri kamu nyaman, kemudian condongkan tubuh ke depan dan biarkan siku bertumpu pada meja
  • Tutup kedua mata dengan tangan. Pastikan kamu bisa berkedip bebas dan tidak terlalu menekan mata.

Beri Pijatan Ringan
Pijat ringan pada kelopak mata juga merupakan teknik lain yang memberi manfaat besar. Pertama, pastikan tangan kamu bersih. Kemudian tutup mata dan gunakan ujung jari untuk memijat permukaan kelopak mata dengan lembut dan gerakan melingkar. Lakukan selama 1-2 menit hingga terasa lebih rileks.

Demikian tips singkat membuat mata tetap rileks saat menatap komputer atau saat memandangi gadget.

Reaksi:

You Might Also Like:

Use parse tool to easy get the text style on disqus comments:
Show Parser Hide Parser