Makin sehat dan cantik dengan buah pisang

Pisang menurut wikipedia adalah nama untuk tumbuhan terna besar berdaun besar memanjang dari suku musaceae. Ada beberapa jenis pisang dapat berbuah yang juga dinamakan pisang. Buah pisang tersusun dalam tandan dengan kelompok kelompok tersusun menjari yang dinamakan sisir.

Kebanyakan buah pisang kulitnya berwarna kuning saat matang. Ada juga yang berwarna merah, hijau, ungu, jingga dan gelap hampir hitam. Buah pisang adalah sumber karbohidrat, mineral ( kalium ).

Kandungan karbohidrat atau energy pada pisang lebih banyak 2x lipat dibandingkan apel walau ketika di proses menjadi energy tidak secepat gula dan sirup tapi masih lebih cepat daripada nasi, biskuit dan roti. Tak heran bila para atlet di waktu istirahat memilih makan pisang untuk menambah supply energy.

Mineral dalam buah pisang yang paling dominan adalah kalium. Mineral lain dalam buah pisang antara lain magnesium, fosfor, kalsium dan zat besi. Pisang adalah buah yang mempunyai kandungan yang sebagian besar bisa diserap tubuh. Tak hanya itu buah pisang juga mempunyai provitamin A, vitamin B dan vitamin B6.

Manfaat pisang bagi kecantikan dan kesehatan

Selanjutnya kita akan membahas manfaat dan khasiat buah pisang untuk kecantikan dan kesehatan. Tapi sebelumnya saya punya cerita yang sedikit menggelitik. Liburan kemarin keponakan saya pulang. Kebetulan ada tetangga yang memberi buah pisang. Saat saya tawarkan pisang tersebut ke keponakan dia geleng kepala sambil jawab “Gak mau ini makanan nyet.” Saya langsung ketawa sekaligus penasaran kenapa sampai seperti itu. Ibu anak tersebut sekaligus kakak saya menjelaskan bahwa ponakan saya suka menyaksikan tayangan di televisi acara binatang yang kebetulan menampilkan profil monyet sedang makan pisang.

Mulai saat itu keponakan saya tidak mau makan pisang. Kakak saya juga sampai sekarang belum mencoba untuk memperbaiki persepsi salah itu. Ternyata efek samping nonton TV untuk anak sangat besar, bahkan sampai bisa menanamkan mindset kedalam pikirannya. Oke kita kembali ke bahasan awal mengenai manfaat dan khasiat buah pisang beserta efek sampingnya.

Efek samping makan pisang goreng
Bukan sehat tapi justru mengkonsumsi pisang yang sudah di goreng meningkatkan risiko terkena kegemukan, jantung, darah tinggi dan diabetes. Padahal bila kita makan pisang yang sudah matang dapat membantu menurunkan penyakit penyakit tersebut.

Manfaat pisang untuk pria
Pria adalah tulang punggung keluarga yang senantiasa harus menjaga kesehatan. Dengan rutin mengkonsumsi buah pisang sangat bagus untuk membantu menjaga kekebalan tubuh sehingga kita jadi tidak mudah sakit.

Manfaat lain pisang untuk pria adalah membantu otot bergerak dengan baik, mengatur denyut jantung, tekanan darah dan saraf. Khasiat lainnya adalah membentuk sel darah merah yang membawa oksigen ke seluruh tubuh. Jika aliran darah lancar bekerjapun semangat.

Manfaat pisang untuk menjaga wajah agar tetap cantik
Untuk sista yang ingin menjaga kesehatan dan kecantikan mulai sekarang sediakan selalu pisang di rumah. Buah pisang dapat di gunakan untuk obat jerawat. Caranya mengoleskan pisang yang sudah diluskan dagingnya dan diamkan beberapa menit kemudian bilas dengan air bersih. Lakukan secara rutin.

Agar wajah tetap berseri sobat bisa mencoba mencampur madu dan daging pisang yang telah di tumbuk halus lalu gunakan sebagai masker rutin.

Kenapa ibu hamil dianjur rutin mengkonsumsi pisang ?
Di dalam buah pisang terdapat asam folat yang sangat baik untuk membantu mencegah cacat bawaan anak. Pisang juga sangat baik untuk pembentukan sel baru pada janin, menyeimbangkan kadar gula ibu hamil, dan mengurangi morning sickness. Akan lebih baik bila ibu hamil mengkonsumsi pisang dibarengi kacang hijau dan kacang merah.

Manfaat pisang untuk bayi
Hayo ngaku siapa yang waktu kecil makan pisang tumbuk dan disuapi ibu? Bukan tanpa alasan ibu kita menyuapi kita pisang, ternyata pisang sangat baik untuk membantu sistem pencernaan menyerap dengan baik semua nutrisi yang masuk.

Selain itu pisang juga sangat baik untuk melancarkan buang air besar. Kalau kita pernah bahas makanan penyebab sembelit maka pisang bisa jadi solusi bagi sobat yang kesulitan BAB.

Manfaat pisang untuk diet
Saking banyaknya manfaat buah pisang sampai kita lupa bahwa buah pisang ini kaya kandungan vitamin dan serat yang cocok dijadikan sumber nergi. 2 buah pisang setiap hari cukup untuk pasokan energy kita dan mengerjakan kegiatan sehari hari. Cocok untuk sobat yang sedang menjalankan program diet.

Khusus sista yang sedang diet tapi sering buruk moodnya kemudian duduk manyun di kursi sambil ngemil dan nonton TV tanpa sadar, buah pisang bisa membantu meningkat mood berkat kandungan tryptophan di dalamnya. Tryptophan sangat baik untuk tubuh guna membantu menerima hormon kebahagiaan ( serotonin ).

Itulah segudang manfaat pisang, buah yang mudah sekali kita dapatkan sekaligus mudah dibudidayakan. Hanya bermodal satu tunas pisang yang ditanam kita dapat memanen pisang terus menerus.

Selain buahnya daun pisang juga bisa dimanfaatkan untuk bungkus tempe bungkus lontong juga bisa. kalau kepepet kita bisa pakai daun pisang supaya terhindar dari hujan ( so sweet kalau sama doi ).

Sedangkan batang pohon pisang biasa digunakan dalam pagelaran wayang sebagai tempat menancapkan wayang, di acara agustusan kadang juga dimanfaatkan untuk membuat mini pucang. atau di jadikan kerajinan tangan.

Demikian sekelumit informasi manfaat buah pisang untuk sobat setia Nalagila. sampai jumpa di postingan berikutnya.

Reaksi:

You Might Also Like:

Use parse tool to easy get the text style on disqus comments:
Show Parser Hide Parser