Obat sakit tenggorokan paling ampuh

Sakit atau radang tenggorokan adalah kondisi yang sangat umum alias bisa menimpa siapa saja. Baik itu anak muda, balita bahkan lansia. intinya sakit radang tenggorokan bisa menyerang siapa saja, dimana saja dan kapan saja.hayo sobat nalagila termasuk yang pernah mengalami sakit tenggorokan atau tidak nih? umumnya saat sakit tenggorokan kita jadi susah menelan.

Kebanyakan orang menganggap sepele masalah ini, mereka acuh dan bersikap masa bodoh. hingga akhirnya penyakitnya merasa tak diperhatikan dan menghilang tanpa diobati, walau memerlukan waktu yang relatif lama.

Tahukah sobat bahwa istilah medis untuk radang tenggorokan adalah faringitis? fakta terbarunya adalah penyakit radang tenggorokan ini bisa membuat atau menyebabkan penyakit lain yang lebih parah lho sob. oleh karena itu sebaiknya kita lakukan tindakan pencegahan dengan cara mengobati penyakit radang tenggorokan ini.

Metodenya ada dua yaitu menggunakan obat pereda radang tenggorokan yang bisa kita dapatkan di apotik atau menggunakan cara sederhana alias alami berikut ini:

Obat sakit tenggorokan paling ampuh


1. Banyak minum air hangat
Cara yang pertama untuk mengatasi sakit tenggorokan amatlah sederhana, dan merupakan kepercayaan sejak lama. Selama menderita radang tenggorokan, gantilah minuman kita, dari air mineral biasa menjadi air hangat. Ingatlah, banyak meminum air adalah kunci utama hilangnya radang, karena  kita harus tetap terhidrasi. Tak hanya air hangat, teh atau air kaldu hangat juga disarankan.

2. Hindari asap rokok
Baik seorang perokok aktif maupun pasif, hindarilah asapnya selama  menderita radang tenggorokan. Mengapa? Sebab, paparan asap dan zat kimia rokok yang masuk dari hidung atau mulut juga akan melewati tenggorokan . Karena itu, berhentilah merokok dan hindari paparan asapnya sebisa mungkin, ya!

3. Perbanyak istirahat
Seringkali, munculnya radang tenggorokan merupakan tanda bahwa tubuh  memang terserang suatu bakteri atau virus penyebab penyakit. Kemungkinan besar hal ini juga disebabkan oleh lemahnya sistem imun . Karenanya, banyak-banyaklah beristirahat untuk mengatasi sakit tenggorokan. Tidurlah secukupnya (8-9 jam), kurangi aktivitas, dan hindari menguras tenaga secara berlebihan. Utamakan pula mengonsumsi makanan yang berkuah dan berkaldu hangat, seperti sop sayur atau sup ayam.

4. Konsumsi madu
Selanjutnya untuk mengatasi sakit tenggorokan adalah dengan konsumsi madu. Jarang yang mengetahui bahwa salah satu manfaat madu adalah mengobati radang tenggorokan. Padahal sejak berabad-abad lalu, konsistensi madu dipercaya sangat baik untuk meredakan radang dan panas di tenggorokan.

Selain itu, madu juga dapat melapisi tenggorokan dan melawan bakteri penyebab radang yang mungkin bersembunyi di sana. Tak hanya radang, madu juga dipercaya baik untuk meredakan batuk dan penyakit terkait tenggorokan serta paru-paru. Cara penggunaannya? Mudah saja, tinggal mencampurkan satu sendok makan madu dengan air hangat. Minumlah campuran tersebut selagi hangat, dan segera rasakan maanfaatnya.

5. Minum air garam
Meskipun belum ada penjelasan medis yang mendukung pengobatan alami ini, namun air garam terbukti ampuh untuk mengatasi sakit tenggorokan. Beberapa orang bilang, kandungan natrium di dalamnya memang baik untuk meredakan radang.

Untuk penggunaannya,  cukup mencampur garam dengan segelas kecil air hangat. Minumlah air campuran tersebut, dan rasakan kehangatannya.

Nah, itu dia cara sederhana mengatasi sakit tenggorokan. Ingat, karena penyakit ini menular, selalu bersihkan tangan  dan barang yang baru saja kita sentuh. Jangan sampai orang lain ikut terkena radang, ya! Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Reaksi:

You Might Also Like:

Use parse tool to easy get the text style on disqus comments:
Show Parser Hide Parser