Kenali pemicu sakit tenggorokan, yang terakhir paling sering diabaikan

Hai sobat nalagila berjumpa lagi, bagaimana kabarnya hari ini? alhamdulillah luar biasa, itu jawaban yang ingin saya dapat dari sobat semua. sayangnya saya tak sempat mendengarkan suara sobat secara langsung.

Andaikan didunia ini manusia berkumpul dalam satu ruangan, mungkin tetap tidak bisa kudengar suara sobat ( ups, karena saking ramainya. ). tapi saya penasaran dengan suara sobat semua lho. apakah serak serak basah, apa menggelegar bak guntur atau lembut seperti kapas.

Ada yang bilang suara paling bagus itu keluar saat keadaan tubuh dan tenggorokan sehat. jika sedang sakit pasti suara ikut aneh, apalagi kalau sakit tenggorokan. Hm.. sebelumnya kita sudah bahas cara antisipasi sakit tenggorokan, namun sepertinya kita lupa menelusuri apa penyebab sakit tenggorokan itu. oke deh kita bahas sekarang mengenai beberapa pemicu radang atau sakit tenggorokan.

Penyakit lambung
Bagi  yang memiliki penyakit asam lambung naik, sakit tenggorokan merupakan hal yang lumrah dirasakan. Lho, kok bisa? Alasannya tidak lain karena asam lambung yang bersifat iritan naik ke atas, hingga mencapai esofagus (kerongkongan).

Karenanya, tidak heran jika  merasakan sensasi nyeri di tenggorokan sebab terdapat beberapa jaringan esofagus yang mengalami perdangan akibat terpapar asam lambung. Nah, ini dia penjelasan mengapa asam lambung menjadi penyebab sakit tenggorokan.

Amandel
Sebenarnya, amandel merupakan salah satu organ tubuh yang berfungsi untuk mencegah infeksi penyakit. Namun, karena penularan virus dan bakteri, amandel pada sebagian orang –umumnya anak-anak- justru malah mengalami peradangan.

Selain penyebab sakit tenggorokan, radang amandel juga bisa memicu beberapa komplikasi lainnya, seperti demam, bengkak pada amandel, hingga kesulitan menelan.

Kelelahan
Penyebab sakit tenggorokan lainnya adalah kelelahan. Mulai merasakan sakit tenggorokan diiringi kesulitan saat menelan? Tenang! Jangan langsung berprasangka dan menduga bahwa penyebabnya merupakan kondisi kesehatan yang parah. Karena bisa jadi, sakit tenggorokan disebabkan oleh kondisi tubuh yang kurang fit akibat terlalu kelelahan.

Padatnya aktivitas sehari-hari ternyata dapat membuat sistem imunitas  menurun. Inilah yang memicu proses pengaktifan kembali virus yang ada di dalam tubuh sehingga timbulah beberapa jenis penyakit; salah satunya sakit tenggorokan.

Konsumsi air es
Seperti yang telah di ketahui, kondisi tubuh antara satu orang dengan yang lainnya berbeda-beda. Contohnya, paparan suhu dingin bagi sebagian orang mungkin tidak berakibat apa-apa; namun, tidak sama halnya bagi orang lain. Pada beberapa kasus, penyebab sakit tenggorokan dipicu oleh konsumsi air es.

Tubuh yang tidak kuat dengan paparan suhu dingin akan melakukan ‘perlawanan’ demi mempertahankan kesehatan serta kondisi idealnya. Nah, salah satu bentuk ‘perlawanan’ yang dilakukan tubuh adalah dengan memicu peradangan pada amandel sehingga timbulah rasa sakit di tenggorokan.

Rokok dan alkohol
Terakhir, penyebab sakit tenggorokan adalah kebiasaan merokok dan mengonsumsi minuman beralkohol. Bagaimana tidak! Dua kebiasaan buruk ini terbukti dapat memicu penimbunan senyawa serta zat residu yang berbahaya bagi tubuh. Jadi, bisa dibayangkan; semakin sering  merokok atau mengonsumsi minuman belakohol, maka semakin tinggi pula risiko timbulnya peradangan pada jaringan tenggorokan.

Umumnya penyebab yang terakhir yang paling sering orang abaikan. memang benar, orang lebih suka bayar mahal untuk sehat daripada biaya murah agar tidak sakit seperti yang pernah kita singgung di post jalan sehat upaya hemat untuk sehat
Reaksi:

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Use parse tool to easy get the text style on disqus comments:
Show Parser Hide Parser