Kebiasaan ini harus di tanamkan ke anak sejak dini

Jaman now informasi dengan derasnya mengalir tak terbendung karena kamajuan jaman dan teknologi. Contoh perilaku tidak baik banyak sekali, bahkan saya sendiri juga kadang ikut arus itu. walau begitu ada penahan dan benteng dari orang tua sehingga bisa menyaring mana yang baik dan buruk. benteng apa yang harus dibuild di dalam jiwa seorang anak?
Sebelumnya kita sudah membahas kenapa tidak boleh memarahi anak, sekarang kita harus mengajari anak untuk membiasakan kata kata berikut supaya terbiasa. jika sobat pernah dengan alah biasa itu tidak mudah lho, butuh extra disiplin agar biasa. awalnya harus dengan paksaan hingga tubuh dan jiwa ini menjadi kecanduan. ups maksudnya kita akan merasa resah dan gelisah bila tidak melakukan hal baik tersebut. Yuk mari kita langsung ke inti saja.

Kata kata yang harus di biasakan pada anak


Membiasakan berucap tolong

Kata “tolong” berarti meminta bantuan orang lain dan biasanya orang tidak bisa menolak jika kita menambahkan kata ini. Kata “tolong” ini menyiratkan bahwa kita masih membutuhkan orang lain. Wajar, karena kita ini adalah makhluk sosial. Jika tidak menggunakan kata ini, kesannya kita memerintah dan angkuh. Kata ini juga bisa membuat orang lain lebih dihargai. 

Misal:
“Tolong ambilkan berkas yang ada di meja itu”
Rasakan beda kalimat tanpa menggunakan kata Tolong
“Ambilkan berkas yang ada di meja itu”

Membiasakan meminta maaf

Kata “maaf” cukup sakral. Kenapa? Kata ini tidak hanya harus diucapkan secara tulus ketika kita sedang melakukan kesalahan namun juga santun jika diucapkan.Sering terpikir sampai seikhlas mana ketika kita meminta maaf, pun sebaliknya. Apakah kita benar-benar mau memaafkan orang yang sudah berbuat salah dengan kita?

Ingat nggak, kalau ada orang yang meninggal, keluarganya meminta maaf agar jika yang bersangkutan memiliki salah, agar bisa dimaafkan kesalahannya agar lapang kuburnya? Sebegitu penting kata maaf dan memaafkan bahkan ketika ajal sudah datang. So, jangan ragu untuk meminta maaf begitu punya kesalahan kepada orang lain.


Selalu berterima kasih

Ini nih kata satu lagi yang penting. Setelah dibantu orang lain, jangan pernah lupa untuk mengucapkan terima kasih. Karena hal ini dapat membuat orang lain tak segan membantu gansis lagi di lain hari. Kata ini juga membuat orang lain merasa amat dihargai. Cara simpelnya, coba kita ucapkan terima kasih ke petugas parkir, walaupun memang itu tugasnya, tapi akan membuat rasa lelah mereka berkurang karena merasa lebih dihargai.

Sebagai perempuan, tentunya  nanti akan menjadi seorang ibu dapat mendidik anak ane kelak. Selain membiasakan 3 hal tersebut, ada 3 hal lain lagi yang perlu diajarkan kepada penerus kita. Tiga hal lain ini adalah perbuatan sederhana

Mengucap salam
"Selamat pagi Nona....," sapa seorang oma yang ane nggak kenal ketika berpapasan di trotoar.
 di Indonesia Timur, ada hal menarik  disana dan ingin ane terapkan. Disana, orang tidak segan mengucapkan salam walaupun kepada orang yang tidak dikenal, minimal memberikan senyum ketika berpapasan. Rasanya gimana? Adem banget sobat. ini tak berat kok cuma memisahkan bibir atas dan bawah sehingga gigi bisa kelihatan.

Buang Sampah pada Tempatnya
Sekali lagi, ini bukan cuma masalah budaya, tapi juga tentang menjaga lingkungan untuk bisa dinikmati oleh keturunan kita kelak. Buang sampah sembarangan nggak cuma bikin bencana seperti banjir, tapi sampai mencemari lautan.

Mengantri
Sudah capek-capek antri lalu diserobot? Kesel nggak sih? Nah, sobat jangan pernah  nyerobot jalur antrian kalau sedang antri, karena melakukan hal itu bikin kesel orang lain lho. Selain itu, di negara maju budaya antri ini sudah mendarah daging dan diajarkan sejak kecil, malu dong kalau kita main ke negara lain lalu dengan nggak tau malu main serobot antrian.

Itulah beberapa hal yang harus dibiasakan sejak kecil, dengan hal diatas maka sedikit banyak pribadi santun akan terbentuk. sampai ketemu di tulisan selanjutnya.  akhir kata "Jadilah manusia yang memanusiakan manusia lain"
Reaksi:

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Use parse tool to easy get the text style on disqus comments:
Show Parser Hide Parser