Jalan kaki langkah hemat menuju sehat

Jualan apa yang bikin sehat? jawabnya adalah jualan kaki ups maksudnya jalan kaki. Jaman now masyarakat indonesia sepertinya makin malas jalan kaki deh.

Padahal jaman dulu orang tua selalu jalan kaki. Keterbatasan fasilitas menjadi alasan para pendahulu untuk tetap berjalan kaki untuk sampai ke suatu tempat baik itu jarak dekat ataupun jauh.

Sebaliknya jaman sekarang jarak 5 meterpun pilih pakai kendaraan daripada jalan kaki. ups saya sendiri tersindir nih, saya harap sobat nalagila tidak ada yang seperti saya ya. hihi.

Usut punya usut, jika kita jarang jalan kaki akan berakibat buruk kepada kesehatan kita. padahal di beberapa media sudah di siarkan minimal sehari seribu langkah.

Penelitian menunjukkan bahwa cara paling mudah untuk mengurangi risiko penyakit jantung adalah dengan berjalan kaki 10 ribu langkah setiap hari. yah ini berkaitan erat dengan efek smartphone bagi kesehatan. karena secara tidak langsung smartphone jadi penyumbang terbesar kenapa kita mager. berikut ini beberapa dampak rasa malas jalan kaki yang wajib kita ketahui

1. Andai aku rajin jalan kaki maka jantungku lebih sehat
Apa kaitan jantung sehat dengan jalan kaki?  saat jantung berdetak lebih cepat oksigen juga cepat sampai ke jantung, oksigen ini punya peran penting untuk mengalirkan darah keseluruh tubuh.

Jika tubuh kekurangan oksigen, secara otomatis jantungpun tidak dapat memompa darah secara optimal.

2. Andai aku rajin jalan kaki penyakit tak menyukaiku
Malas bergerak ( mager )  dengan menghindari berjalan kaki akan membuat tubuh rentan terkena penyakit. Berbeda dengan mereka yang menerapkan pola gaya hidup aktif, pola gata hidup aktif akan membantu tubuh mengurangi risiko beberapa penyakit, berat seperti tekanan darah tinggi, diabetes, stroke, kanker usus besar dan kanker payudara.

Dengan berjalan kaki juga sangat membantu tubuh terhindar dari sering jatuh sakit. Masih malas jalan kaki? Itu berarti mendekatkan diri pada sumber penyakit ups serem kali. berjalan kaki sepele sebenarnya tapi tahukah sobat jika ada kebiasaan sepele yang justru membahayakan kesehatan?

3. Andai aku rajin jalan kaki berat badanku tetap ideal.
Menurunkan berat badan sangat sulit, tapi masih lebih sulit mempertahankan berat badan yang ideal. bagi sobat yang malas bergerak namun dibarengi diet tentu hasilnya tidak maksimal. diet yang baik itu makan yang cukup dan gerak aktif. terutama berjalan atau jalan kaki.

5. Jalan kaki adalah obat malas
Yang malas jalan kaki akan malas pula berkreasi. Ada loh studi dalam Journal Experimental Psychology, Learning, Memory and Cognition, disini ditemukan bahwa bagi yang gemar berjalan kaki dapat meningkatkan kreativitas. Hayo masih malas jalan kaki? Selamat berkutat dalam masalah alias malasnya bertambah-tambah.

Makanya kalau malas melanda segera bangkit sisingkan lengan baju dan kaki ( kalau pakai celana panjang ) dan segera berjalan kaki disekitar rumah atau tempat kerja. bisa ajak kawan atau siapapun untuk menemani ngobrol . disini kita bisa juga membuktikan alasan seseorang tak menatap lawan bicara ketika sedang berbincang.

Masih tak mau jalan kaki? disini saya teringat kisah bahwa manusia lebih suka membayar 500 juta demi sembuh dari penyakit daripada 5.000 rupiah demi menjaga kesehatan. yang pasti jalan kaki yang benar sangat bermanfaat untuk tubuh. kita bisa melakukan di sore hari, pagi hari setelah subuh selama yah minimal 30 menit. itung itung sambil cuci mata dan menghirup udara segar .

Reaksi:
Share this with short URL:

You Might Also Like:

Use parse tool to easy get the text style on disqus comments:
Show Parser Hide Parser