7 Hal yang harus dilakukan agar otak sehat

Suasana hati penentu terbesarnya ialah kesehatan otak. begitu juga dengan konsentrasi, energi, tingkat stress juga keseimbangan hormon ditentukan oleh normal tidaknya otak dan sehat tidaknya otak.

Kinerja kita semakin bagus tatkala kondisi kesehatan otak prima. efek lain dari otak yang sehat adalah mengurangi risiko penyakit demensia. apakah demensia itu?

Demensia  merupakan istilah yang digunakan untuk menjelaskan penurunan fungsional yang seringkali disebabkan oleh kelainan yang terjadi pada otak. Demensia adalah kumpulan penyakit dengan gejala-gejala yang mana mengakibatkan perubahan pada pasien dalam cara berpikir dan berinteraksi dengan orang lain. dikutip dari halaman wikipedia

Tahukah sobat bahwa ada yang namanya diet otak. diet otak ini bertujuan untuk menjaga kesehatan otak kita. dietnya tidak seperti diet menurunkan berat badan kok, tapi lebih kepada mengkonsumsi berbagai jenis makanan yang sehat dan tepat

Selain diet otak, simak nih beberapa tips cara menjaga kesehatan otak. tips ini berlaku untuk semua warga dunia ya. baik itu anak anak, dewasa, orang tua atau siapapun.

1. Mengurangi konsumsi alkohol dan kafein
Imsonia dan kegelisahan berlebih disebabkan karena sel sel otak serta system syaraf rusak. bagi sobat yang suka mengkonsumsi alkohol dan kafein sebaiknya mulai sekarang dikurangi. sebab alkohol yang berlebih memicu masalah serius yang herhubungan dengan kognitif dan memori.

Sedangkan kafein bisa menyebabkan gejalan kecemasan dan serangan panik. nah lho siapa yang suka kafein? umumnya penyuka kafein dalam bentuk kopi juga seorang perokok. walau tidak semuanya. hihi

2. Olahraga yang tepat
Cari bentuk latihan yang bisa kamu nikmati dan jadikan itu sebagai bagian dari hidup yang kamu lakukan paling sedikit tiga kali seminggu latih dan tingkatin kekuatan otot kamu dengan lari-lari ternyata hal ini bisa mengurangi risiko terhadap resistensi insulin!

3. Hindari makanan siap saji
Utamakan masak dan konsumsi makanan-makanan sehat kayak makanan laut, daging merah, unggas, telur, sayur-mayur, buah-buahan, dan kacang-kacangan .

Disaranin juga buat hindarin biji-bijian kayak gandum, jagung, beras; dan keluarga kacang polong seperti hummus, kacang lentil, kedelai, dan kacang polong. Soalnya mereka ini nutrisinya rendah dan kandungan antihara serta lektinnya yang tinggi berdampak nggak baik buat kesehatan manusia.

4. Hindari karbohidrat olahan
Konsentrat, gula, dan pati yang diolah membuat kadar gula darah melonjak dan insulin jadi nggak wajar sehingga bakal ganggu kestabilan kimia otak dan ngerusak metabolisme sel otak.

Karbohidrat olahan ini di antaranya adalah gula, tepung, sari buah, dan sereal olahan

5. Penuhi kandungan zat besi
Otak kamu itu butuh zat besi yang berguna buat produksi neurotransmitter (serotonin, dopamin, dan norepinephrine), pembentukan energi otak, fungsi hippocampal (memori), dan pensinyalan sel

Jadi kalau kekurangan zat besi, tingkatin asupannya dengan konsumsi daging merah, daging organ, dan kerang. Jangan lupa juga buat ngurangin asupan makanan nabati yang bisa menghambat penyerapan zat besi.

6. Seimbangkan kadar insulin
Resistensi insulin udah diidentifikasi sebagai penyebab utama kebanyakan kasus alzheimer, gejala depresi, gangguan bipolar, dan kelainan psikotik .Kalo kamu resisten terhadap insulin, segera turunkan kadar insulin kamu dengan diet dan berolahraga.

Mengatasi resistensi insulin bisa bantu kamu mempertahankan berat badan yang sehat dan juga ngurangin risiko terhadap berbagai kondisi medis kronis, kayak diabetes, penyakit jantung, dan beberapa jenis kanker

7. Perbanyak minum air putih
Hayo siapa yang nggak suka air putih dan lebih suka minuman berasa? Minum air mineral murni tanpa pemanis apapun itu terbaik, sedangkan minum minuman manis itu sangat berisiko soalnya bakal mempercepat proses rusaknya metabolisme. ups nggak mau kan?

Itulah 7 hal yang bisa kita lakukan untuk menjaga kesehatan otak, oh iya tinggalkan kebiasaan menonton video yang kurang bermanfaat ya sob, lebih baik gunakan waktu sobat untuk membaca buku. sampai jumpa di tulisan berikutnya.
Reaksi:

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Use parse tool to easy get the text style on disqus comments:
Show Parser Hide Parser