Manfaat ampas teh untuk menghilangkan jerawat di wajah

Hai sobat Nalagila, saya merasa sangat tidak nyaman hari ini. setiap memandang kedepan selalu saja ada yang mengganggu. Sebuah benjolan tepat dihidung membuat fokus berantakan. Yup benar sob, saya sedang sakit, tepatnya sakit jerawat hihi.

Menurut wikipedia, Jerawat adalah kondisi abnormal kulit akibat gangguan berlebihan produksi kelenjar minyak (sebaceus gland) yang menyebabkan penyumbatan saluran folikel rambut dan pori-pori kulit. Tempat munculnya jerawat pada umumnya adalah di wajah, leher dan punggung, dada dan bahu. Hayo siapa yang berpresepsi bahwa jerawat hanya diwajah?

Jerawat ini ada banyak jenisnya. Secara umum ada 3 jenis yaitu komedo, jerawat biasa dan jerawat batu. Komedo adalah pori pori yang tersumbat yang disebabkan sel sel kulit mati dan sekresi kelenjar minyak yang berlebihan pada kulit.

Jerawat biasa adalah tojolan kecil yang berwarna pink ( kemerahan ) karena pori pori terinfeksi bakteri jenis propionibacterium acne. Jerawat batu adalah jerawat yang besar dengan peradangan hebat. Umumnya penderita jerawat ini memiliki keluarga dekat yang menderita jerawat jenis yang sama. Dengan kata lain jerawat batu muncul karena faktor genetik.

Cara mengobati jerawat

Jerawat muncul bukan untuk dipajang sob tapi untuk diobati. Hadirnya jerawat bisa mengurangi rasa percaya diri. Oleh karena itu jerawat wajib diobati. Jangan sembarangan memilih obat dan ramuan sekalipun itu ramuan herbal. Konsultasikan terlebih dahulu jika sobat ingin mempraktekkan cara mengobati jerawat dengan ampas teh misalnya. Yang paling penting adalah kita harus mengenal jenis kulit wajah kita sebelum memulai pengobatan.

Seperti yang sudah kita singgung diatas bahwa menghilangkan jerawat bisa menggunakan masker bekas air teh atau ampas teh. Namun banyak cara yang bisa ditempuh sebenarnya misalnya memanfaatkan lidah buaya, pasta gigi, baking soda atau dengan mentimun. Namun pada kesempatan ini kita fokus ke review ampas teh ( teh basi ) untuk jerawat.

Menurut Direktorat Gizi Departemen Kesehatan RI tahun 1991, dalam 100 gram daun teh terkandung bahan-bahan antara lain kalori 132, lemak 0,7 g, kasium 717 mg, besi 11,8mg, vitamin B 0,01 mg, air 7,6 g, protein 19,5 g, karbohidrat 67,8 g, fosfor 265 mg, Vitamin A 2.095 SI, Vitamin C 300 mg.

Senyawa antioksidan dalam teh dapat meningkatkan molekul yang mengikat kelebihan hormon. Juga dapat menyeimbangkan gulda darah dan insulin yang menjadi faktor timbulnya jerawat. Dan yang terakhir adalah teh membantu melawan bakteri dan kuman yang menyebabkan jerawat.

Cara menggunakan ampas teh untuk masker wajah

Nah beberapa waktu yang lalu adik ipar kebetulan juga menggunakan ampas air teh suaminya untuk masker. saya belum cek apakah itu teh baru saja diminum habis atau sengaja membiarkan ampas tehnya menginap ( supaya basi ). daripada berlama lama yuk kita ke step cara membuat masker ampas teh.

Bahan masker teh:
  • Ampas/sisa teh
  • 40 - 60 ml air hangat

Cara menggunakan:
  1. Pulaskan seluruh ampas teh tersebut ke wajah Anda dan ke bagian kulit yang jerawatnya meradang. Tepuk-tepuk lembut, jangan dimassage di bagian kulit yang meradang.
  2. Diamkan selama kurang lebih 4 menit.
  3. Bilas dengan air dingin.
  4. Rasakan kulit Anda yang lembab, nyaman, dan kenyal. Dalam beberapa hari, jerawat akan mereda dan kondisinya membaik. Hindari memencet jerawat ketika masih merah meradang karena dapat menyebabkan infeksi.
  5. Kompres kembali dengan air teh apabila memang masih terasa nyeri.
Itulah cara mudah mengobati jerawat menggunakan ampas teh. oh iya jenis tehnya bisa teh celup atau teh biasa. minum teh dapat manfaat ampasnya juga bisa untuk mempercantik wajah. sekian 

Reaksi:

You Might Also Like:

Use parse tool to easy get the text style on disqus comments:
Show Parser Hide Parser