Cara mengatasi flu dan pilek berkepanjangan tanpa obat

Flu dan pilek adalah penyakit yang menjengkelkan, nafas jadi kurang nyaman karena hidung tersumbat. Tak jarang flu juga disertai sakit tenggorokan. Beberapa hari yang lalu saya mengalami flu, rasanya itu tak karuan, mau nafas pakai hidung kok ada yang menghalangi. Mau nafas pakai mulut kok yang dihidung tak bisa dibendung lagi.

Menurut ahli kesehatan, cuaca extreme di indonesia menjadi salah satu penyebab kita terserang flu. Tahukah sobat kalau cara cepat sembuh dari flu adalah makan makanan bergizi. Obat flu paling manjur antara lain Sayuran hijau, kunyit, bawang putih, ayam, buah-buahan, dan bahan makanan yang mengandung probiotik merupakan beberapa obat alami untuk flu.

Atasi flu berkepanjangan tanpa obat kimia dalam sehari

Berikut beberapa menu masakan yang bisa sobat sajikan kepada anggota keluarga atau sobat konsumsi sendiri ketika sedang menderita flu atau hidung tersumbat.

Limun jahe
Ginger lemonade atau limun jahe merupakan sumber vitamin C yang baik untuk memperbaiki kekebalan tubuh saat flu. Jahe di dalamnya dapat membantu menghangatkan tubuh serta melegakan tenggorokan. Tambahkan beberapa sendok madu untuk membunuh virus dan meredakan batuk yang kadang menyertai flu. Konsumsi limun jahe selagi masih hangat, sebab khasiatnya lebih kuat daripada limun dingin. Kamu pasti sudah pernah mendengar khasiat beragam air lemon hangat, kan?

Soto ayam
Tak ada salahnya meniru kebiasaan barat menyantap sup ayam saat flu. Pasalnya ayam memang kaya akan vitamin B6, vitamin B12, dan seng yang penting untuk memperbaiki sistem kekebalan tubuh. "Makanan cair yang masih panas seperti sup bisa meningkatkan suhu tubuh, mempermudah sekresi mukus," tutur Alissa Rumsey, ahli gizi dari Academy of Nutrition and Dietetics. "Selain itu, saat Anda memasak ayam, ayam akan mengeluarkan asam amino cysteine yang menyerupai obat untuk bronkitis."

Coba sediakan sup ayam asli Indonesia alias soto ayam yang bahkan jauh lebih berkhasiat. Soto ayam kuning dibumbui dengan kunyit yang kaya curcumin. Ini merupakan kandungan istimewa yang memiliki khasiat untuk membunuh virus.

Wedang teh apel
Menurut hasil riset yang dilakukan oleh para peneliti dari Cardiff University, minuman panas bisa meredakan bersin, sakit tenggorokan, meriang, dan rasa lelah saat flu. Coba sediakan wedang teh hijau atau teh hitam disertai irisan apel. Teh hijau dan teh hitam merupakan sumber antioksidan L-theanine yang bisa memperbaiki sistem kekebalan tubuh.

Apel akan memberikan suntikan vitamin C dan aroma harum yang menenangkan. Tambahkan sedikit cengkih atau kayu manis untuk memperkuat efek menghangatkan tubuh.

Sambal bawang
Bagi beberapa orang, nafsu makan yang hilang saat flu hanya bisa dikembalikan dengan makanan pedas. Tak ada salahnya menyantap sambal bawang sebagai pelengkap nasi dan lauk. Pasalnya bawang putih kaya akan allicin yang memiliki khasiat anti-mikroba dan anti-bakteri. Menurut beberapa penelitian, bawang putih bisa memperpendek periode demam saat flu.

"Bawang putih juga baik untuk perkembangbiakan bakteri sehat yang akan membantu membersihkan racun, bakteri, dan virus di dalam tubuh," tutur ahli gizi New York, Anita Mirchandani. Sementara capsaicin di dalam cabai akan membantu melegakan tenggorokan dan hidung mampet dengan mengikis mukus.

Apel panggang
Apel utuh yang dipanggang merupakan cemilan pas saat nafsu makan hilang. Rasanya yang manis dengan tambahan gula dan mentega di bagian tengah akan membuat kita bisa menyantapnya dengan mudah.

Apel bisa menjadi sumber vitamin C yang baik untuk memperbaiki kekebalan tubuh. Santap bersama cairan yang dihasilkan saat proses pemanggangan untuk mengembalikan cairan tubuh yang hilang. Silakan membuat hidangan simpel ini lewat resep yang sudah kami tampilkan di sini. Apel bisa diganti dengan buah pir.

Jeli mangga
Selain jeruk dan lemon, mangga bisa menjadi sumber vitamin C yang diperlukan tubuh saat flu. Olah mangga matang yang sudah dilumatkan menjadi jeli. Cukup dicampurkan dengan gelatin atau bubuk konnyaku tawar dan sedikit air, kemudian rebus dan dinginkan.

Tak perlu ditambahkan gula, sebab konsumsi gula terlalu banyak saat flu bisa menebalkan dinding mukus.

Sayur asam komplet
Sayuran hijau merupakan sumber vitamin C dan mineral yang paling dibutuhkan tubuh saat sedang sakit. Masukkan kacang panjang, kangkung, dan daun melinjo ke dalam sayur asam untuk mendapatkan nutrisi lengkap dari sayuran hijau. Bisa juga ditambahkan labu siam yang kandungan potasium di dalamnya bisa mengembalikan stamina. Sementara kuah sayur asam yang hangat akan mengembalikan cairan tubuh dan meringankan hidung mampet. Asam juga bisa membantu memperbaiki sistem kekebalan tubuh.

Sweet potato french fries
Ubi kuning merupakan sumber vitamin A yang penting untuk menjaga kesehatan membran mukus. Dengan begitu infeksi virus penyebab flu bisa ditangkal. Jika bosan dengan ubi rebus, olah ubi kuning menjadi french fries. Ganti proses penggorengan dengan pemanggangan. Tak hanya lebih rendah kalori, mengurangi asupan minyak dengan menghindari gorengan juga lebih baik untuk kesehatan membran mukus.

Yogurt buah
Makanan yang mengandung probiotik sangat baik untuk membersihkan toksin dan memperkuat sistem kekebalan tubuh. Menurut hasil penelitian yang dipublikasikan di Journal of Nutrition, konsumsi yogurt bisa memperpendek periode flu menjadi dua hari lebih cepat dan meringankan gejala-gejalanya hingga 34 persen. Karena itu yogurt bisa menjadi salah satu cemilan yang layak dikonsumsi saat terserang flu.

Tambahkan topping buah-buahan segar yang kaya vitamin seperti beri-berian, jeruk, nanas, apel, atau anggur. Pilih yogurt biasa atau Greek yoghurt yang tidak ditambahkan gula atau perasa buatan.

Tumis kembang kol
Saudara brokoli yang berwarna pucat ini mungkin tidak memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Namun kembang kol merupakan sumber glutathione, antioksidan kuat yang bisa membantu tubuh melawan flu. Olah kembang kol dengan bawang putih untuk memperkuat khasiatnya. Gunakan minyak sedikit saja untuk menumis.

Sedikit tips untuk proses masaknya sebaiknya kurangi gula dan minyak supaya hasil lebih maksimal. yang paling utama jangan lupa berdoa ya sebelum menyantapnya. dari semua masakan dan minuman diatas kita bisa konsumsi sambal bawang untuk teman makan baik itu sarapan, makan siang atau makan malam. ups jadi curcol nih ya.
Reaksi:

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Use parse tool to easy get the text style on disqus comments:
Show Parser Hide Parser