3 Hari besar yang dirayakan di seluruh dunia

Hai sobat Nalagila, berapa umur sobat sekarang? sudahkan kita mempersiapkan amal untuk melanjutkan ke jenjang kehidupan berikutnya? siapkan kita menghadapi upacara hari besar terakhir kita? ups maaf sudah menanyakan hal hal seperti itu kepada sobat semua. soalnya itu ada kaitannya dengan apa yang akan kita bahas di tulisan ini.

Ya, kita akan membahas 3 hari besar  yang dirayakan  manusia di  dunia walau berbeda negara, adat, suku ras dan kebudayaan. Hari besar apakah itu? Sobat pasti penasaran, tapi sabar kita coba bahas manusianya dulu. Manusia itu sebenarnya tinggalnya di surga dan rencananya besok akan kembali ke surga juga, kecuali yang tidak mau ( ups ).  Kata kata ini saya dapatkan dari Pengajian Kyai Anwar Zahid ( Bojonegoro ).  Pertanyaanya adalah kita termasuk yang tidak mau atau termasuk yang akan kembali ke surga?

Semua itu kita lihat pada pribadi kita masing masing, seandainya dengan keadaan seperti ini termasuk golongan manakah kita?  Sebelum melakukan perjalanan panjang menuju surga ada satu gerbang yang disebut kematian. Siapkah kita menghadapi hari besar tersebut? Ups malah keceplosan clue hari besarnya. Tapi ya sudahlah mari kita kupas satu persatu.

Hari besar manusia yang pasti diperingati


Peringatan hari besar  #1 Hari Kelahiran

Manusia bisa sampai kedunia ini melalui sebuah proses panjang yang berujung pada kelahiran. Saat kita lahir orang sekitar kita semua tertawa sementara ktia menangis. Setelah  lahir kemudian diadakan syukuran atas kelahiran sang buah hati.  Setiap manusia pasti mengalami hal ini walau bentuknya berbeda beda mulai yang sederhana hingga yang diliput media ( ups ). Hayo disini siapa yang masih ingat ketika upacara pemberian nama kita? Coba tanyakan kepada orang tua kita bagaimana meriahnya pesta kelahiran kita.

Peringatan hari besar  #2 Hari pernikahan

Duh bahas nikah lagi, padahal kemarin baru saja mengalami trauma karena gagal nikah. Tapi coba pakai topeng deh supaya raut wajah sedih ini tidak nampak ( ups lebay ).  Menikah adalah satu upacara sakral bersatunya dua insan manusia dari dua keluarga berbeda. Yang dulunya bukan siapa siapa kini akan bersama hingga tua, bahkan sampai ajal tiba. Dua keluarga yang  kini terhubung oleh tali “besan”. Dari hubungan yang tidak sah menjadi hubungan yang halal yang didalamnya semua dinilai ibadah.

Peringatan dan perayaan pernikahan  ada yang hanya sederhana saja hingga yang mewah, semua sanak family datang ke acara tersebut. Semua orang bahagia disana termasuk sang mempelai berdua.

Peringatan hari besar  #3 Hari kematian

Andai waktu kita lahir didunia semua orang tertawa dan kita menangis, lalu saat hari pernikahan kita semua orang tertawa bersama kita ( ups kecuali mantan, sepertinya dia tidak ikut bahagia hihi ) tapi ketika kita mati siapakah yang akan tertawa dan siapa yang akan menangis. Apakah kita pergi dengan bahagia dan semua orang menangis? Atau ada yang bahagia dengan kepergian kita? Apa sebaliknya kita pergi menangis dan semua orang tertawa (nauzubillahiminzalik ).

Walau sederhana tapi ketika manusia mati pasti dibuatkan pesta atau perayaan. Tetangga berkumpul, saudara datang, sanak famili juga hadir mengiringi kepergia kita.

Itulah 3 hari besar manusia yang pasti di rayakan, kita termasuk yang pergi ditangisi atau membuat bahagia? Semua itu pilihan, mulai dari sekarang mari perbaiki diri.  Hidup semangat dan bermanfaat. Sampai ketemu di tulisan berikutnya
Reaksi:

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Use parse tool to easy get the text style on disqus comments:
Show Parser Hide Parser