Mitos seputar kesehatan di masyarakat No 12 sungguh mengejutkan

Banyak mitos seputar kesehatan yang masih diperaya hingga sekarang . padahal, kadang kadang justru mitos tersebut bertolak belakang dengan kesehatan. misalnya saja, ibu hamil harus makan di piring kecil agar bayinya tak tumbuh besar dalam perut. ibu hamil tidak boleh menyantap ikan karena dikhawatirkan anaknya bau amis. mitos tersebut banyak beredar di masyarakat walaupun tidak pasti kebenarannya, tapi banyak yang percaya akan hal tersebut. padahal, jika ditinjau dari segi keseahtan, ikan merupakan salah satu sumber gizi bagi ibu hamil. itulah mitos, kadang  menguntungkan kadang merugikan.

Kesehatan adalah hal yang tidak lepas dibicarakan oleh setiap orang. bahkan sampai pada mitos kesehatan pun banyak dipercaya oleh masyarakat indonesia yang notabene beredar dari mulut ke mulut. mitos pada awalnya hanya sebuah cerita yang kemudian disebarkan secara turun temurun, namun ditelan mentah mentah, dan dipercayai sebagai petuah bijak yang diandalkan meskipun belum dapat dibuktikan kebenarannya.

Nyatanya, beberapa mitos justru tidak sesuai dengan fakta, bahkan cenderung merugikan atau membahayakan bagi kesehatan seseorang. Mitos selalu timbul pada peristiwa atau pengalaman yang secara nalar terbatas, tidak dapat dijelaskan mengenai apa yang terjadi. oleh karena itu, mitos lebih banyak ditemukan di kalangan masyarakat yang kurang terpapar akan informasi yang benar.

Mitos seputar kesehatan


Mitos kesehatan #1 Mengkonsumsi makanan yang mengandung kalori tinggi di malam hari bisa meningkatkan berat badan

Tidak masalah kapan mengkonsumsi yang mengandung kalori tinggi, berat badan kita akan bertambah ketika mengkonsumsi lebih banyak kalori daripada kalori yang dibakar. namun, ngemil sambil menonton televisi di malam hari bisa meningkatkan asupan kalori melampaui batas kebutuhan.

Mitos kesehatan #2 Bebas lemak adalah bebas kalori

Sejumlah orang berusaha mengkonsumsi makanan bebas lemak dalam jumlah besar seperti cookies, kue dan crackers, namun tidak menyadari bahwa makanan seperti ini mungkin mengandung jumlah kalori yang sama atau bahkan melebihi jumlah kalori yang ada dalam jenis makanan reguler. carilah fakta tentang makanan bebas lemak lemak dengan memeriksa label mengenai ukuran sajian dan jumlah kalori persajian. faktanya buah dan sayuran secara alami rendah lemak dan kalori.

Mitos kesehatan #3 Karbohidrat dapat meningkatkan berat badan

Karbohidrat tidak menyebabkan peningkatan berat badan jika karbohidrat tidak menyebabkan peningkatan asupan kalori. demikian halnya dengan protein dan lemak. penemuan dari National Weight Control Registry menunjukkan bahwa orang yang berhasil menurunkan berat badan cenderung melakukan diet dan mengkonsumsi makanan yang mengandung lebih tinggi karbohidrat dan lebih rendah lemak.

Namun demkian, sejumlah orang saat diet mengkonsumsi makanan  yang mengandung karbohidrat sangat tinggi dan rendah protein dan lemak merasa lapar lebih cepat. ini bisa memicu orang untuk makan lebih banyak.

Mitos kesehatan #4 Diet protein tinggi bisa menyebabkan ketosis yang mengurangi rasa lapar

Ketosis terjadi karena lemak, bukannya karena karbohidrat, digunakan sebagai sumber energy selama diet protein tinggi. badan badan ketone diproduksi yang membuat nafas baunya tidak sedap. badan badan ketone tidak mengurangi selera makan, namun mengkonsumsi cukup protein untuk tubuh bisa mengurangi rasa lapar dan membantu mengurangi berat badan.

Diet ini mungkin membantu menurunkan berat badan tetapi kebanyakan berat yang dihilangkan itu berupa air dan otot otot halus bukannya lemak. cara terbaik menurunkan berat badan dan menjaga penurunan berat badan tanpa membahayakan tubuh adalah dengan melakukan diet rendah kalori yang seimbang antara karbohidrat, protein dan lemak.

Mitos kesehatan #5 Yoghurt adalah makanan diet yang sempurna. banyak orang yang telah melakukan diet mengakui hal ini, tetapi sejumlah yoghurt bisa menggemukan seperti halnya es krim. yoghurt yunani mengandung 10% lemak.

Yoghurt bagus untuk segala usia. yoghurt juga penting bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan. sebagai produk sus, yoghurt secara alami kaya akan kalsium. penelitian menunjukkan bahwa kalsium membantu mengurangi berat badan. bahkan perubahan perubahan kecil tingkat kalsium di sel sel lemak bisa mengubah sinyal sinyal di dalam sel yang mengontrol pembuatan dan pembakaran lemak.

Satu hal yang harus diingat adalah bahwa tidak ada makanan yang bisa menurunkan berat badan. kombinasi antara diet dan olahraga yang efektiflah yang bisa menurunkan berat badan. hindarilah yoghurt yang mengandung gula atau manisan buah karena gula membantu pertumbuhan jamur yang tidak diinginkan. jadi lebih baik hindari yoghurt yang ditambahi gula atau manisan buah.

Mitos kesehatan #6 Olahraga membuat makan lebih banyak, sering orang menghindari olahraga karena alasan ini.
Penelitian menunjukkan bahwa setelah 20 menit berolahraga, orang tidak makan lebih banyak daripada mereka yang tidak berolahraga. satu satunya perbedaan adalah bahwa mereka yang telah berolahraga bepikir bahwa makanan mereka berasa lebih enak.

Mitos kesehatan #7 Ekstra protein membuat lebih kuat

Tubuh memiliki cadangan makanan dan sangat adaptif. ide bahwa kita harus mengkonsumsi makanan khusus dalam jumlah tertentu setiap hari  untuk mempertahankan peforma kita tidaklah aman bagi kesehatan. kita tidak harus membuat diri kita kelaparan untuk menurunkan berat badan. ketika aktif, kita menggunakan lemak dan karbohidrat sebagai bahan bakar.

Diet yang mencakup protein  hewan dan sayuran menyuplay  seluruh tubuh dengan protein untuk mengisi kembali cadangan protein. tidak ada diet super peforma super. disamping itu, diet protein tinggi bisa menimbulkan kekuarangan nutrisi nutrisi penting yang terkandung dalam karbohidrat. kita membutuhkan jenis makanan. menghindari jenis makanan sama salahnya mengkonsumsi suplemen makanan.

Mitos kesehatan #8  Selada membuat tubuh langsing

Teori yang diadopsi dibalik fakta ini adalah bahwa kita bisa menurunkan berat badan dengan mengkonsumsi makanan yang memiliki kepadatan energi rendah, seperti selada dan kita bisa mengkonsumsi banyak selada dan hanya mendapatkan sedikit kalori. keyakinan ini benar sampai pada taraf terntentu, karena daun selada tidak mengandung kalori. satu sendok mentega mempunyai jumlah kalori yang sama dengan sepuluh cangkir daun selada jika daun selada dimakan tanpa campuran. Namun kita harus tahu bahwa kebanyakan saus salah mengandung banyak lemak.

Mitos kesehatan #9 Kita bisa membakar lemak dengan mengkonsumsi  makanan tertentu, seperti buah anggur dan sup kubis.

Diet buah anggur mensyaratkan karena mengkonsumsi anggur sebelum setiap makan besar untuk mendapatkan manfaat dari buah anggur yang disebut enzim pembakar lemak. kalori dibatasi sampai kurang 800 setiap harinya, walaupun sejumlah  versi mensyaratkan bahwa kita harus  makan sampai kenyang. buah anggur tidak memiliki lemak, rendah kalori dan sodium.

Tetapi kandungan kalori yang sangat rendah dan defisit protein, serat dan beberapa vitamin dan mineral penting bisa membuat diet berbahaya.ini sama halnya dengan sup kubis, berbagai laporan menunjukkan bahwa orang yang melakukan diet sup kubis merasa pusing dan lemah karena diet ini terlalu rendah protein, vitamin dan karbohidrat kompleks.

Mitos kesehatan #10 Makanan yang telah diproses mempunyai lebih sedikit kandungan nutrisi dibandingkan dengan makanan segar

Banyak makanan yang telah diproses mempunyai kendungan nutrisi yang sma atau bahkan sejumlah kasus mempunyai lebih banyak kandungan nutrisi dibanding makanan segar bergantung pada cara makan tersebut di proses.

Sayuran yang dibekukan biasanya diproses dalam hitungan jam setelah dipanen. ada sedikit nutsisi yang hilang dalam proses pembekuan sehingga sayuran ini masih mempertahankan kandungan vitamin dan mineral yang tinggi. sebaliknya sayuran segar dipetik dan dibawa kepasar. untuk bisa sampai di piring makan kita, sayuran ini membutuhkan waktu behrari hari dan kandungan vitaminnya sedikit demi sedikit hilang, tidak masalah betapapun hati hati sayuran itu di transportasikan dan disimpan.

Sejumlah makanan yang telah diproses,  seperti roti dan sereal mempunyai vitamin dan mineral yang ditambahkan sebagai nutrisi extra. sebenarnya kesaradan yang tinggi akan kesehatan dan nutrisi telah  mendorong diproduksinya berbagai jenis makanan yang memperhatikan manfaat ksehata ndan nutrisi seperti lemak yang dicampur serat untuk menurunkan kadar kolesterol.

Mitos kesehatan #11 Jangan jalan jalan setelah makan

jalan jalan setelah makan tidaklah jelek sama sekali. justru jalan jalan santai setelah makan membantu dalam pencernaan makanan, mengontrol berat badan dan sangat bagus bagi orang yang menghadapi masalah flatulasi. tetapi jalan jalan segera setelah makan akan membuat system pencernaan sulit menyerap nutrisi dari makan yang kita makan. tunggu setidaknya 30 menit hingga 1 jam setelah makan.

Mitos kesehatan #12 Jangan merokok

Tidak ada bukti bahwa merokok setelah makan meningkatkan resiko kesehatan yang ada hubungannya dengan merokok. meroko sangat berbahaya bagi kesehatan setiap waktu. rokok adalah salah satu karsinogen yang sangat mematikan. rokok adalah penyebab utama kanker di masyarakat.

Mitos kesehatan #13 Setelah makan malam, minum teh / kopi membantu pencernaan

Minum teh atau kopi setelah makan bisa menghalangi penyerapan zat besi non-heme ( ditemukan dalam tanaman sebagai lawan terhadap zat besi-heme yang ditemukan dalam daging ). ini karena tanin ( ditemukan dalam teh ) membentuk suatu ikatan zat besi, yang secara efektif membatasi kemampuan tubuh menyerap mineral penting. di rekomendasikan untuk membantasi minum teh diantara makan atau minum 1 jam setelah makan.

Mitos kesehatan #14 Jangan tidur segera setelah makan

Ini adalah fakta, tidur segera setelah makan bisa menyebabkan masalah pencernaan yang selanjutnya bisa menyebabkan gangguan pada usu lambung. ini karena setelah makan, BMR ( basal metabolisme rate ) atau tingkat metabolisme dasar meningkat dan tidur setelah makan akan menurunkan BMR yang menyebabkan gangguan pencernaan. jika sering dilakukan tidur segera setelah makan akan meningkatkan kecenderungan obesitas. tunggulah sitdaknya satu jam kemudian tidur, juga ketika tidur tidurlah dengan  posisi kepala berada sedikit diatas tubuh.

Mitos kesehatan #15 Mandi setelah makan menyegarkan kembali

Mitos ini sob, mandi akan menurunkan BMR yang menyebabkan masalah pencernaan yang bisa menimbulkan masalah dalam waktu lama.

Mitos kesehatan #16 Hindari air dingin

Banyak orang percaya dengan mitos bahwa air dingin bisa membekukan makanan, terutama makanan yang mengandung minyak yang mingkin bisa menyebabkan kanker. kebenarannya adalah panas internal tubuh dengan cepat menetralisis setiap perbedaan suhu diantara berbagai makanan yang telah kita telah sebelum makanan mencapai usus.

Mitos kesehatan #17 Makan buah setelah makan besar

Sejumlah buah secara alami mengandung asam sitrat, dan asam sitrat bisa menyebabkan berbagai reaksi jika bercampur dengan zat asam dam campuran kompleks yag ada di dalam makanan yang kita makan. yang pada akhirnya menyebabkan gangguan pada perut atau pencernaan. karena itu makanlah buah satu atau dua jam setelah makan besar. ini untuk menghindari peningkatan gula darah.

Mitos kesehatan #18 lemak monounsaturated dan polyunsaturated, seperti minyakzaitun, minyak bunga matahari, minyak kacang dan minyak biji rami lebih menyehatkan bagi kita?

Minyak zaitun adalah salah satu bentuk minyak paling sehat yang tersedia dan minyak ini dianggap lebih menyehatkan untuk kita gunakan daripada minyak goreng tradisional. manfaat utama dari miyak zaitun adalah minyak ini mengandung lemak esensial omega-6 yang sangat penting bagi kesehatan sel ldan cardiovascular.

Sayangnya, semua lemak dan minyak masih merupakan bentuk makanan dengan energy tinggi dan merupakan penyebab utama kegemukan.
Reaksi:

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Use parse tool to easy get the text style on disqus comments:
Show Parser Hide Parser