Kebiasaan sepele ini ternyata berbahaya bagi kesehatan

Hai sobat nalagila, pernahkan kita terpikirkan atau merenungkan kegiatan sehari hari yang kita lakukan itu baik atau buruk untuk kesehatan kita?  pernahkah kita berkonsultasi kepada ahlinya dan meminta saran bagaimana gaya hidup yang sehat itu? kebiasaan sehari hari yang kita lakukan dirumah, di sekolah atau di kantor yang kita anggap sepele bisa jadi itu sangat berbahaya bagi kesehatan.

Sekarang kita akan belajar sedikit banyak tentang aktivitas manusia yang dapat mengganggu kesehatan tubuh. di artikel ini saya mohon maaf lho ya andai banyak diantara kita yang ternyata sering atau setiap hari melakukan aktifitas ini.

Untuk itu mulai sekarang marilah kita berusaha untuk memilih dan melakukan aktifitas yang menyehatkan bagi tubuh kita.

Contoh kebiasaan buruk dalam kehidupan sehari hari

Kebiasaan buruk #1 Menonton TV sepanjang waktu


Andai kita sering atau suka melakukan kebiasaan ini apalagi ketika hari libur, berarti saatnya untuk menghilangkan dan membuang kebiasaan ini. walau kita rajin berolah raga sekalipun kegiatan bermalas malasan ini juga tidak baik untuk di biasakan.

Resiko yang kita dapat ketika bermalas malasan mengerikan lho sob, kita bisa terkena resiko serangan jantung lebih tinggi, bisa obesitas dan yang mengerikan adalah pikun dini atau kehilangan memory.

Ibu saya dalam sehari hanya menyaksikan tayangan televisi malam hari saja yaitu mulai sehabis magrib sampai jam 10 malam saja. itupun tidak duduk saja karena beliau sambil menjaga warung kecil kecilan dirumah.

Kebiasaan buruk #2 Menggunakan Gadget sebelum tidur


Siapa nih yang suka melakukan hal ini hayo ngaku? apa sih efek dari menggunakan gadget sebelum tidur? pertama kita jadi sulit tidur, ya siapa yang akan tidur jam 10 malam ketika sudah bermain gadget, apalagi sedang dapat wifi gratisan ( ups ). kedua dengan kebiasaan ini kualitas tidur kita juga jadi terganggu.

Jadi gini, andai kita kurang tidur berarti kita mengurangi waktu tubuh untuk memulihkan kesehatan kita yang mana ini dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti sakit jantung, obesitas dan resiko kanker.

Tapi menyedihkan, kids jaman now malah beranggapan bahwa jam 22.00 nya anak muda itu masih sore. sehingga kebanyakan pemuda selalu tidur larut malam apalagi yang bermain game.

Kebiasaan buruk #3 Menahan ketut

Kentut adalah gas di perut yang keluar melalui bagian bawah tubuh kita. gas tersebut juga keluar lewat mulut namun namanya sendawa bukan kentut lagi.  sesekali kita sering menahan kentut karena sedang berhadapan dengan orang lain supaya tidak ingin ada suasana canggung.

Jika kita sering melakukan hal ini sebaiknya sobat mulai hentikan ( ups termasuk saya juga nih ) sebab menahan kentut berakibat pada penumpukan gas dalam tubuh. efeknya adalah kita jadi kembung atau ketidaknyamanan di perut kita.

Sebaiknya saat hendak kentut segera minta ijin ke tempat lain misal ke kamar mandi atau ke belakang untuk membuang gas tersebut, dan pastikan tidak ada yang menghirupnya.

Kebiasaan buruk #4 Tidak mencuci tangan sebelum makan

Ini nih yang penting, saat kita makan umumnya kita menyepelekan mencuci tangan. alasannya karena susah menemukan toilet atau tempat mencuci tangan atau beralasan karena makannya menggunakan sendok.

Makan itu untuk menyuplay gizi dan energy bagi tubuh, andai kita makan tidak cuci tangan berarti kita mempersilakan masuk kuman kuman dan baktery ke dalam tubuh kita. ini sepele tapi buruk bagi kesehatan. cobalah untuk membiasakan mencuci tangan sebelum makan mulai dari lingkungan rumah dan sekolah.

Kebiasaan buruk #5 Menyikat gigi setelah makan

Sering kita dengar anjuran menyikat gigi setelah makan supaya kuman kuman jahat tidak merusak gigi kita. namun itu tidak sepenuhnya benar lho sob, karena bila kita haru saja mengkonsumsi makanan asam misalnya jeruk, kopi atau minuman bersoda sebaiknya kita menyikat gigi 30 menit sesusahnya.

Kesimpulan :


Sehat itu murah ketika kita mau melakukannya ketika sehat. dan sehat itu mahal bagi yang sudah terlanjut sakit. maka dari itu kita coba untuk membiasakan hal hal kecil yang menyehatkan. bagaimana dengan sobat dan kawan kawan sobat? share kepada kawan kita supaya mereka juga berhenti melakukan kebiasaan buruk bagi kesehatan ini.
Reaksi:

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Use parse tool to easy get the text style on disqus comments:
Show Parser Hide Parser