Kandungan buah pisang untuk kesehatan dan kecantikan

Pisang, kandungan didalamnya punya nutrisi penting yang punya manfaat bagi pencernaan, kesehatan jantung dan utamanya dibidang kecantikan yaitu dapat membantu menurunkan berat badan.

Selain bergizi pisang ( ambon dan kepok ) juga bisa dijadikan sebagai cemilan. dan ini pernah dibuktikan oleh paman dimana dirumahnya ternyata setiap masuk dan keluar rumah dia selalu ambil satu sisir pisang. nah mari kita simak 11 khasiat buah pisang bagi kesehatan.

Kandungan buah pisang untuk kesehatan dan kecantikan

1. Pisang mengandung banyak nutrisi penting

Pisang adalah salah satu buah yang paling populer di bumi. Berasal dari Asia Tenggara, mereka sekarang tumbuh di banyak bagian yang lebih hangat di dunia. Ada banyak jenis pisang yang tersedia, yang berbeda warna, ukuran dan bentuknya. Jenis yang paling umum adalah pisang kuning, yang hijau saat belum matang.

Pisang mengandung cukup banyak serat , serta beberapa antioksidan. Satu pisang berukuran sedang (118 gram) juga mengandung :
  • Kalium: 9% dari RDI.
  • Vitamin B6: 33% dari RDI.
  • Vitamin C: 11% dari RDI.
  • Magnesium: 8% dari RDI.
  • Tembaga: 10% dari RDI.
  • Mangan: 14% dari RDI.
  • Karbohidrat bersih: 24 gram.
  • Serat: 3,1 gram.
  • Protein: 1,3 gram.
  • Lemak: 0,4 gram.
Setiap pisang mengandung hanya sekitar 105 kalori , dan hampir terdiri dari air dan karbohidrat . Pisang mengandung protein sangat sedikit dan hampir tidak gemuk. Karbohidrat pada pisang mentah (hijau) sebagian besar terdiri dari pati dan pati tahan, namun saat pisang matang, pati menjadi gula (glukosa, fruktosa dan sukrosa).
INTINYA:
Pisang kaya akan serat, antioksidan dan beberapa nutrisi. Pisang berukuran sedang mengandung sekitar 105 kalori.

2. Pisang mngandung nutrisi gula darah rendah

Pisang kaya akan serat yang disebut pektin, yang memberi daging bentuk strukturalnya . Pisang mentah mengandung pati tahan , yang berfungsi seperti serat larut dan lolos pencernaan. Baik pektin dan pati tahan lama dapat menurunkan kadar gula darah setelah makan, dan mengurangi nafsu makan dengan memperlambat pengosongan perut.

Selanjutnya, pisang juga memiliki peringkat rendah sampai sedang pada indeks glikemik, yang merupakan ukuran (dari 0-100) dari seberapa cepat makanan meningkatkan kadar gula darah.  Nilai glikemik pisang mentah adalah sekitar 30, sedangkan pisang matang berada pada posisi sekitar 60. Nilai rata-rata semua pisang adalah 51.

Ini berarti pisang tidak boleh menyebabkan lonjakan kadar gula darah pada individu sehat. Namun, ini mungkin tidak berlaku untuk penderita diabetes , yang mungkin harus menghindari memakan banyak pisang matang dan memantau gula darah mereka dengan hati-hati saat melakukannya.
INTINYA:
Pisang mengandung nutrisi yang bisa membantu kadar gula darah moderat setelah makan. Mereka mungkin juga mengurangi nafsu makan dengan memperlambat pengosongan perut.

3. Pisang Bisa Memperbaiki Kesehatan Pencernaan

Serat makanan telah dikaitkan dengan banyak manfaat kesehatan, termasuk perbaikan pencernaan. Pisang berukuran sedang mengandung sekitar 3 gram serat, menjadikan pisang sebagai sumber serat yang cukup baik.

Pisang mengandung terutama dua jenis serat:

Pectin: Berkurang saat pisang matang.

Tahan pati: Ditemukan pada pisang mentah.
Kutu yang tahan lama lolos dari pencernaan dan berakhir di usus besar kita, di mana ia menjadi makanan bagi bakteri usus yang menguntungkan. Selain itu, beberapa studi sel mengusulkan bahwa pektin dapat membantu melindungi terhadap kanker usus besar.
INTINYA:
Pisang cukup kaya serat dan tahan pati, yang bisa memberi makan bakteri usus yang ramah dan membantu melindungi dari kanker usus besar.

4. Pisang Dapat Membantu Menurunkan Berat Badan

Tidak ada penelitian yang langsung menguji efek pisang terhadap penurunan berat badan. Namun, pisang memang memiliki beberapa fitur yang seharusnya membuat mereka menurunkan berat badan makanan ramah .Sebagai permulaan, pisang mengandung kalori yang relatif sedikit. Pisang rata-rata mengandung lebih dari 100 kalori, namun juga sangat bergizi dan kenyang .

Mereka juga kaya serat. Makan lebih banyak serat dari buah dan sayuran telah berulang kali dikaitkan dengan berat badan dan penurunan berat badan yang lebih rendah. Selanjutnya, pisang mentah dikemas dengan pati tahan, sehingga cenderung sangat kenyang dan bisa mengurangi nafsu makan Anda.
INTINYA:
Pisang bisa membantu menurunkan berat badan. Mereka rendah kalori, tinggi nutrisi dan serat, dan mungkin memiliki efek mengurangi selera makan.

5. Pisang Bisa Membantu Kesehatan Jantung

Kalium adalah mineral yang sangat penting bagi kesehatan jantung, terutama pengendalian tekanan darah. Namun, terlepas dari pentingnya, kebanyakan orang tidak mendapatkan cukup potassium dalam makanan mereka.

Pisang adalah sumber makanan potasium yang hebat. Satu pisang berukuran sedang (118 gram) mengandung 9% RDI. Diet kaya kalium dapat membantu menurunkan tekanan darah, dan orang yang makan banyak kalium memiliki risiko penyakit jantung sebesar 27% lebih rendah.

Selanjutnya, pisang mengandung magnesium dalam jumlah yang layak, yang juga penting untuk kesehatan jantung.
INTINYA:Pisang adalah sumber makanan potasium dan magnesium yang baik, dua nutrisi penting untuk kesehatan jantung.

6. Pisang Mengandung Antioksidan Kuat

Buah dan sayuran adalah sumber antioksidan makanan yang sangat baik, dan pisang tidak terkecuali. Mereka mengandung beberapa jenis antioksidan kuat, termasuk dopamin dan katekin. Antioksidan ini telah dikaitkan dengan banyak manfaat kesehatan, seperti berkurangnya risiko penyakit jantung dan penyakit degeneratif.

Namun, kesalahpahaman umum bahwa dopamin dari pisang berperan sebagai bahan kimia yang enak di otak. Pada kenyataannya, dopamin dari pisang tidak melewati sawar darah otak. Ini hanya bertindak sebagai antioksidan kuat, bukan mengubah hormon atau mood.
INTINYA:Pisang mengandung beberapa antioksidan tinggi, yang dapat membantu mengurangi kerusakan akibat radikal bebas dan menurunkan risiko beberapa penyakit.

7. Pisang Dapat Membantu Anda Merasa Lebih Penuh

Tahan pati adalah sejenis karbohidrat yang tidak dapat dicerna yang ditemukan pada pisang mentah, yang berfungsi seperti serat larut dalam tubuh. Sebagai aturan praktis, Anda dapat memperkirakan bahwa semakin hijau pisang, semakin tinggi jumlah pati tahan yang dikandungnya.

Di sisi lain, pisang masak (kuning) mengandung jumlah pati tahan dan serat total yang lebih rendah, namun jumlah serat larut secara proporsional lebih tinggi. Baik pektin dan pati tahan telah terbukti memiliki efek mengurangi nafsu makan dan meningkatkan rasa kenyang setelah makan.
INTINYA:Pisang mengandung sejumlah besar pati tahan atau pektin, tergantung pada kematangan. Keduanya bisa mengurangi nafsu makan dan membantu Anda tetap kenyang.

8. Pisang mentah bisa meningkatkan sensitivitas insulin

Resistensi insulin merupakan faktor risiko utama bagi banyak penyakit paling serius di dunia, termasuk diabetes tipe 2 . Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa 15-30 gram pati tahan per hari dapat meningkatkan sensitivitas insulin sebesar 33-50%, hanya dalam 4 minggu.

Pisang mentah merupakan sumber pati tahan tinggi, dan oleh karena itu membantu meningkatkan sensitivitas insulin. Namun, alasan efek ini tidak dipahami dengan baik, dan tidak semua penelitian sepakat mengenai masalah ini.
INTINYA:Pisang mentah adalah sumber pati tahan yang baik, yang dapat meningkatkan sensitivitas insulin. Namun dibutuhkan lebih banyak penelitian.

9. Pisang Bisa Memperbaiki Kesehatan Ginjal

Kalium sangat penting untuk pengendalian tekanan darah dan fungsi ginjal yang sehat. Sebagai sumber potasium makanan yang baik, pisang mungkin sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan ginjal.

Satu studi pada wanita menunjukkan bahwa lebih dari 13 tahun, mereka yang mengonsumsi pisang 2-3 kali per minggu memiliki kemungkinan 33% untuk mengalami penyakit ginjal. Penelitian lain menemukan bahwa mereka yang makan pisang 4-6 kali seminggu hampir 50% lebih kecil kemungkinannya untuk mengembangkan penyakit ginjal, dibandingkan orang yang tidak makan pisang.
INTINYA:Makan pisang beberapa kali dalam seminggu bisa mengurangi risiko penyakit ginjal hingga 50%.

10. Pisang Memiliki Manfaat untuk Berolahraga

Pisang sering disebut sebagai makanan yang sempurna untuk para atlet, terutama karena kandungan mineral dan karbohidrat yang mudah dicerna. Makan pisang dapat membantu mengurangi kram dan nyeri otot yang berhubungan dengan olahraga, yang mempengaruhi hingga 95% populasi umum.

Alasan kram pada dasarnya tidak diketahui, namun teori populer menyalahkan campuran dehidrasi dan ketidakseimbangan elektrolit. Namun, penelitian telah memberikan temuan beragam tentang pisang dan kram otot. Beberapa menemukan mereka membantu, sementara yang lain tidak menemukan efek. Dengan kata lain, pisang telah terbukti memberikan nutrisi yang sangat baik sebelum, selama dan setelah latihan ketahanan.
INTINYA:Pisang dapat membantu meringankan kram otot akibat olahraga. Mereka juga menyediakan bahan bakar yang sangat baik untuk latihan ketahanan.

11. Pisang Mudah Ditambah dengan Diet Anda

Tidak hanya pisang yang sangat sehat - mereka juga merupakan salah satu makanan ringan yang paling nyaman di sekitar. Pisang membuat tambahan yang bagus untuk sarapan yoghurt , sereal atau smoothie Anda. Anda bahkan bisa menggunakannya bukan gula dalam kue dan memasak Anda.

Selanjutnya, pisang jarang mengandung pestisida atau polutan, karena pengelupasan kulitnya yang tebal. Pisang sangat mudah disantap dan diangkut. Mereka biasanya ditoleransi dengan baik dan mudah dicerna, dan harus dikupas dan dimakan.
Reaksi:

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Use parse tool to easy get the text style on disqus comments:
Show Parser Hide Parser