Mengenal gaya hidup BAS ( Bersih, alami dan Sehat )

Hidup adalah suatu kesempatan yang seharusnya diisi dengan hal hal yang bermanfaat sehingga menjadi benar benar memiliki arti. namun sering kali kita cenderung untuk mengesampingkan hal hal penting tersebut. akibatnya, banyak diantara kita yang akhirnya mengalami penderitaan dari segi fisik, emosional, finansial dan lain sebagainya.

Coba bayangkan jika anda tidak mendaga kesehatan anda sendiri makan anda akan mudah jatuh sakit. pada saat itu tubuh anda akan di serang oleh sejumlah penyakit, mulai dari yang ringan seperti bercak bercak kemerahan dan demam, hingga gangguan kesehatan lainnya yang lebih membuat anda tidak berdaya. misalnya penyakit jantung, diabetesm atau bahkan kanker yang sangat berpotensi memperpendek usia.

Penyakit ternyata bukan hanya menyebabkan ketidaknyamanan secara fisik tapi juga emosional yang bukan saja dirasakan oleh diri sendiri tapi juga orang orang terdekat kita. artinya mereka jgua turut sedih dan cemas jika orang yang disayangi jatuh sakit.

Penyakit adakalanya juga membuat kita terpaksa cuti bekerja atau bersekolah sehingga akan menurunkan produktivitas. sebenarnya bukan hanya kita yang mengalami penurunan produktivitas tetapi pasangan juga perlu cuti dari pekerjaannya untuk merawat dan menjaga kita selagi kita sakit. semakin sedikit hari kerja itu juga berarti semakin sedikit jumlah penghasilan yang kita peroleh.

selain itu ada tambahan biaya pengeluaran yang perlu kita keluarkan sehubungan dengan penyakit. biaya berobat kedokter, biaya pembelian obat, dan biaya perawatan rumah sakit dan lain sebagainya.
Karena alasan alasan inilah dan banyak alasan lain maka kita perlu berusaha menjalani hidup secara lebih baik. tapi kenyataanya banyak dari kita yang gagal untuk menjalani perilaku hidup sehat.

Berikut ini beragam cara mengenai bagaimana kita dapat memperbaiki kondisi kesehatan kita dan hidup kita secara menyeluruh. dengan mengikuti langkah langkah berikut kita dapat menemukan bahwa kita bukan hanya dapat menjaga kesehatan tubuh tetapi juga dapat memperbaiki kualitas hidup kita.

Semua adalah pilihan hidup

kehidupan menawarkan  segala macam pilihan untuk kita. apa yang perlu digunakan, apa yang perlu dimakan, acara tv apa yang kita tonton. semua ini memberi dampak terhadap diri kita di kemudian hari. oleh karenanya sangat penting bagi kita untuk bertindak berhati hati terhadap cara yang kita jalani. salah satu pilihan dapat membawa perubahan yang berarti terhadap hidup kita adalah gaya hidup.

Pada dasarnya ada beberapa aturan kehidupan mendasar yang perlu dijalani.
1. tetap aktif.
2. makan secara tepat.
3. tidur cukup.
4. tetap bersikap dan berpikir positif.

Memilih jenis aktivitas

melibatkan banyak aktifitas fisik dalam kehidupan sehari hari dapat menjadi suatu tindakan jangka panjang yang dapat memperbaiki kondisi kesehatan anda dan memperpanjang usia. anda mungkin beranggapan bahwa berjalan kaki mengelilingi rumah selama limat menit sudah cukup. anggapan ini tidak tepat.

jika anda berjalan kaki sebanyak enam hingga dua belas kali sehari dengan kecepatan tinggi, mungkin ini baru ada manfaatnya untuk kesehatan anda. tapi untuk membantu anda dalam menilai apakah anda sudah cukup aktif, anda perlu menggunakan piramida aktifitas.

Tetap aktif dan gemar berjalan

aktifitas yang perlu dilakukan tiap hari pada bagian dasar piramid merupakan kunci bagi anda untuk tetap aktif disepanjang usia. langkah pertama untuk menjadi lebih aktif yaitu memusatkan diri pada aktifitas di bagian dasar piramid aktifitas. aktifitas dasar ini bermanfaat membantu meningkatkan stamina tubuh anda ke tingkat piramida selanjutnya.

Parkirlah kendaran anda di tempat yang agak jauh dari ruangan yang anda tuju
menggunakan tangga dibandingkan eskalator atau lift untuk menuju ruangan di lantai atas
berhenti sejenak dari aktifitas duduk dalam waktu yang lama dengan berdiri dan berjalan jalan
berjalan kaki mengelilingi lingkungan di sekitar tempat tinggal

Mencari cara untuk menjadi lebih aktif

jika tempat kerja anda dekat dengan area tempat tinggal anda bila memungkinkan pegi kerja dengan berjalan kaki daripada mengendarai kendaraan.

Melatih jantung dan paru paru

latihan fisik yang lebih berat bermanfaat membantu meningkatkan fungsi jantung, paru paru dan pembuluh darah. latihan aerobik tradisional antra lain mencakup jalan cepat, jogging, berenang dan bersepeda.

Frekuensi

latihan aerobik perlu dilakikan sebayak tiga hingga lima kali dalam seminggu. latihan selama 5 hari dalam se,inggu bermanfaat bagi kesehatan jantung namun latihan fisik berat yang dilakukan lebih sering justru meningkatkan resiko cedera.

Intensitas

latihan fisik yang benar tidak menyehatkan anda tetapi membuat anda sampai pada kelelahan atau lemas. untuk menilainya lakukan test berikut. jika anda masih dapat berbicara dengan lancar selama berolah raga itu berarti anda melakukan latihan yang tepat. jika latihan tersebut membuat anda tidak dapat berbicara karena kelelahan atau terngah engah coba kurangi porsi atau intensitas latihan.

waktu ( durasi )

anda dapat memperbaiki kebugaran jantung dan pembuluh darah dengan berolah raga selama 20  hingga 30 menit tanpa henti. untuk merngurangi lebihan berat badan, mungkin diperlukan waktu latihan yang lebih lama.

Tingkatkan secara bertahap

barangkali kesalahan terbesar yang sering dilakukan oleh kita pada saat memulai menjalani program olah raga rutin yaitu terlalu cepat artinya tidak didahului pemanasan dan terlalu keras dalam berlatih. akibatnya tubuh kita terasa tidak nyaman dan beresiko cedera. bila anda termasuk pemula cobalah untuk meningkatkan waktu latihan. bila sudah terbiasa, barulah anda meningkatkan intensitasnya secara bertahap.

Regangkan dan perkuat otot anda

kesehatan kardiovaskular ( jantung dan pembuluh darah ) barangkali merupakan indikator terbaik menilai tingkat kebugaran anda. naun demikian kelenturan, kekuatan otot, ketahanan fisik dan struktur tubuh juga perlu di pertimbangkan karena semuanya ini turu mempengaruhi stamina anda. yoga, latihan peregangan, pus-up dan latihan beban bertujuan untuk memperbaiki kelenturan dan kekuatan otot tubuh anda.

serangkaian aktivitas berikut akan memberikan manfaat dan kenimkatan bagi anda.
Aktifitas sehari hari menjadi lebih mudah jika otot tubuh bertambah kuat.
otot otot yang lentur dan kuat akan membantu meminimalkan ketegangan otot yang umumnya muncul saat stres.

otot otot perut dan punggung bawah yang kuat akan membantu mencegak masalah pada punggung.
latihan untuk memperkuat otot otot tertentu secara spesifik bermanfaat meningkatkan kemapuan anda dalam melakukan latihan fisik.

Puncak piramida aktifitas.

nenek moayang kita tidak pernah merasa kuatir mengenai jenis aktifitas yang terdapat pada puncak piramida aktifitas karena aktifitas fisik sudah menjadi bagian hidup mereka dan sangat diperlukan untuk bertahan hidup. puncak piramida adalah alat untuk mengingatkan bahwa anda perlu bangun dan bergerak sebelum duduk selama 30 menit.

saat bekerja dalam posisi duduk, luangka waktu untuk berdiri dan berjalan jalan sejenak setiap setengah jam sekali.

pada saat berbicara melalui telepon lakukan sambil berdiri dan berjalan jalan.
lakukan gerakan peregangan sambil duduk pada saat anda terjebak kemacetan.

Memilih makanan

kebiasaan makan yang baik bukan sekedar membuat anda tetap sehat tetapi juga bermanfaat membantu memperbaiki kondisi kesehatan tubuh anda. penelitian menunjukkan bahwa makan banyak buah dan sayuran yang kaya akan serat vitamin dan nutrisi penting lainnya dapat membantu mengurangi resiko untuk terkena penyakit jantung diabetes tekanan darah tinggi dan kanker.

Tetapi kesehatan adalah satu satunya alasan mengapa kita perlu membuat pilihan tertentu jika hal ini menyangkut soal makanan. makan juga merupakan salah satu aktifitas yang menyenangkan. dan tidak ada alasan untuk tidak menikmati segala jenis makanan. asalkan jangan berlebihan. kunci untuk menjalani pola makan sehat adalah keseimbangan. diet dengan gizi seimbang artinya mengkonsumsi beragam jenis makanan yang dapat memberikan kalori dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh anda tanpa adanya kelebihan asupan lemak, garam, gula atau alkohol.

Kelompok makanan

setiap harinya tubuh kita memerlukan lebih dari 50 jenis zat gizi yang diperoleh dari makanan  termasuk zat yang menghasilkan karbohidrat, protein dan lemak dan zat gizi yang menunjang berbagai fungsi tubuh. jadi untuk memperolah semua zat gizi yang dibutuhkan tubuh anda perlu mengonsumsi berbagai jenis makanan yang berasal dari masing masing kelompok makanan di bawah ini.

Roti, sereal, nasi dan pasta

Kelompok makanan ini mengandung karbohidrat yang dapat memberikan energi juga vitamin B dan zat besi bagi anda. pilihlah yang terbuat dari gandum utuh atau beras merah karena mengandung banyak serat yang bermanfaat untuk kesehatan anda. batasi makanan yang banyak mengandung gula, garam dan lemak seperti biskuit dan cake.

Buah dan sayuran

buah dan sayuran mengandung banyak serat, vitamin A, C dan E. pilihlah sauran yang berwarna hijau tua dan buah yang berwarna terang seperti brokoli, tomat dan jeruk. makanlah sekurang kurangnya sebanyak  5 porsi sayuran dan buah buahan setiap hari. batasi konsumsi jus buah karena kurang mengandung serat karena telah disaring tanpa ampas dan tinggi kalori karena biasanay ditambahkan gula atau susu kedalamnya.

Susu, yogurt dan keju

Susu dan produknya merupakan sumber makanan yang kaya akan kalsium dan juga protein. pilihlah produk susu yang bebas lemak atau rendah lemak. contohnya susu skim. untuk memperolah zat gizi yang dibutuhkan tanpa kelebihan lemak dan kalori.

Daging, ikan bijian bijian terlur dan kacan kacangan

Kelompok makanan ini mengandung protein dan zat besi. pilihlah daging yang sedikit mengandung lemak. jika anda hendak memasak makanan yang berasal dari kelompok makanan ini buang bagian lemaknya. lepaskan kulitnya misalnya pada daging unggas. dan tiriskan setelah matang untuk menyingkirkan sia sisa minyak.

lemak minyak dan gula

lemak termasuk salah satu zat gizi yang esensial, tetapi banyak jenis makanan dalam kelompok ini yang mengandung banyak kalori dan kurang zat gizi. contohnya es krim, mentega dan saus salad.

Takaran saji

Piramida makanan menunjukkan seberapa banyak makanan yang perlu anda konsumsi setiap hari dari masing masing kelompok makanan. jumlah makanan yang anda butuhkan tergantung dari usia. jenis kelamin, kondisi fisik dan tingkat aktivitas anda. masing masing orang setidaknya memiliki jumlah minimal dari masing masing kelompok makanan yang perlu disantap setiap hari.
Jumlah yang perlu dikonsumsi dari masing masing kelompok makanan mungkin banyak tetapi sesungguhnya tidak demikian.

Roti sereal, nasi dan pasta
1 potong roti tawar
1/2 cangkir sereal hangat
1 cangkir sereal kering
1/2 cangkir nasi atau pasta matang

Buah buahan
1 buah berukuran sedang
1/2  jeruk
3/4 cangkir jus
1/2 cangkir potongan buah
1/4 cangkir buah kering

Sayur
1/2 cangkir sayurang matang
1 cangkir sayuran mentah berwarna hijau daun
3/4 cangkir jus sayuran
1/2 cangkir sayuran mentah cincang
1 buah kentang berukuran kecil
Reaksi:

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Use parse tool to easy get the text style on disqus comments:
Show Parser Hide Parser