7 Manfaat dahsyat cabai yang sering diabaikan

Ada kabar gembira bagi para penggemar cabai, karena ternyata cabai mengandung banyak gizi yang baik untuk kesehatan. mulai dari karbohidrat, lemakk, protein, vitamin dan mineral terdapat dalam buah cabe. barangkali sebagaian orang berpendapat bahwa cabai ( lombok ) hanya bersifat pedas tanpa ada kandungan gizi yang lain.

pandangan ini sangat keliru, karena kandungan gizi cabai ternyata setara dengan berbagai jenis buah-buahan yang rasanya manis. namun karena adanya kandungan minyak atsiri yang bersifat "membakar" maka cabai berasa pedas dan dilupakan kandungan gizinya.

Kandungan dan manfaat cabai

Jenis cabai yang tidak pedas seperti paprika, merupakan satu yang kaya gizi. bisa dikatakan bahwa cabai, bahkan yang paling pedas sekalipun, kandungan gizinya setara dengan sayur dan buah-buahan lain.

Vitamin dan mineral yang terkandung dalam cabai antara lain vitamin C, vitamin B6, vitamin A, E, K, asam lemak, beta karoten kalsium dan serat. eits tapi jangan lupa untuk menyimak Penyebaran cabai dunia ke indonesia

Melihat kandungan nutrisi yang lengkap, tidak salah apabila cabai mendatangkan multi manfaat bagi kesehatan konsumennya saat dikonsumsi segar, kandungan gizi cabai hampir setara dengan buah buahan lain yaitu kandungan vitamin dan mineral yang tinggi. apalagi, kandungan protein dan lemaknya yang cukup tinggi. Berikut Nalagila coba rangkum manfaat cabai bagi kesehatan  :

Manfaat cabai untuk kesehatan #1 Menghangatkan badan

Unsur pedas di dalam cabai sering disebut sebagai penghangat badan. sebenarnya unsur pedas dihasilkan oleh minyal atsiri dalam cabai yang merangsang syaraf perasa sehingga memunculkan rasa pedas. rasa pedas ini akan menghangatkan tubuh secara umum. jadi apabila orang makan cabai, maka yang terjadi ada badannya terasa panas dengan keringat mengucur deras.

Kandungan lain cabai yang menghangatkan badan adalah lipid atau populer disebut lemak. lipid merupakan salah satu penghasil energi terbesa, lebih tinggi dibandingkan karbohidrat. lipid pada cabai tidak menyebabkan timbulnya kolesterol dan mengandung banyak fitosterol.

Manfaat cabai untuk kesehatan #2 Memenuhi kebutuhan Protein

Banyak orang belum tahu jika cabai mengandung protein yang cukup tinggi. kandungan protein cabai mencapai 12,01 %. oleh karena itu konsumsi cabai sebaiknya ditingkatkan, terutama untuk cabai tidak pedas seperti paprika. cabai yang pedas konsumsinya terbatas karena saluran pencernaan manusia tidak cukup kuat terhadap cabai pedas yang terlalu banyak.

Manfaat cabai untuk kesehatan #3 Menghasilkan energi

Ada tiga unsur nutrisi cabai yangn berpotensi menghasilkan energi yaitu karbohidrat, lemak dan protein. karbohidrat dalam cabai merupakan kandungan tertinggi mencapai 56 %, lipid 17% dan protein 12%. apabila di kalkulasikan, jumlah energi yang dihasilkan 100 gram cabai mencapai 318 kkal.

Manfaat cabai untuk kesehatan #4 Antioksidan

Cabai juga mengandung senyawa antioksidan yang penting untuk melindungi tubuh dari radikal bebas penyebab kanker. Beberapa senyawa antioksidan dalam cabe per 100 gram cabai antara lain vitamin C 76,4 mg, Vitamin E 29,83 mg, vitamin K 80,3 mcg, beta karoten 21,84 mcg dan beta cryptoxanthin 6,252 mcg

Manfaat cabai untuk kesehatan #5 Menurunkan Kolesterol dan mencegah penyakit jantung Koroner

Cabai mengandung fitosterol yang cukup tinggi mencapai 83 mg. fitosterol penting untuk menekan kolesterol dalam darah dan mencegah pengendapan kolesterol didalam pembuluh jantung yang menyebabkan penyakit jantung koroner. Fitosterol sering juga disebut kolesterol baik yang penting bagi kesehatan.

Manfaat cabai untuk kesehatan #6 Mengatur proses fisiologis tubuh

Kandungan mineral di dalam cabai sangat banyak, antara lain Ca, Fe, Mg, P,, K, Na, Zn, cu, Mn dan Se. Fungsi mineral secara umum adalah mengatur beberapa proses fisiologis tubuh termasuk peredaran darah, kerja otot dan sebagainya.

Manfaat cabai untuk kesehatan #7 Mencegah osteoporosis

Kandungan Kalsium ( Ca ) cabai cukup tinggi, yaitu dalam setiap 100 gram cabai yang dikonsumsi, terdapat sekitar 148 mg kalsium. kalsium penting dalam pembentukan tulang. tanpa kalsium yang cukup, tulang akan rapuh yang pada akhirnya akan mengakibatkan osteoporosis. mengkonsumsi cabai sedikit lebih banyak menyumbangkan kalsium yang penting untuk pembentukan tulang dan mencegah timbulnya osteoporosis.
Reaksi:

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Use parse tool to easy get the text style on disqus comments:
Show Parser Hide Parser