5 Pemicu rusaknya persahabatan

Pengertian persahabatan menurut wikipedia adalah istilah yang menggambarkan perilaku kerja sama dan saling mendukung antara dua atau lebih entitas sosial. Dalam pengertian ini, istilah "persahabatan" menggambarkan suatu hubungan yang melibatkan pengetahuan, penghargaan dan afeksi. Sahabat akan menyambut kehadiran sesamanya dan menunjukkan kesetiaan satu sama lain, seringkali hingga pada altruisme. selera mereka biasanya serupa dan mungkin saling bertemu, dan mereka menikmati kegiatan-kegiatan yang mereka sukai.

Hidup tanpa teman bagai taman tak berbunga oh begitulah kata para pujangga. ups salah lirik, seharusnya tanpa cinta ya, memang sih tanpa cinta hidup jadi hampa tapi lebih hampa lagi kalau tak ada teman benar kan? Kali ini kita akan sedikit membahas tentang hubungan pertemanan.

Ibarat kata mencari 1 teman itu sulit tapi mencari 1000 musuh itu mudah makanya sebisa mungkin kita jaga pertemanan dan persahabatan. Dalam islam juga diajarkan untuk mempererat tali silaturahmi dan memperbanyak saudara. ups tidak usah pakai dalil ya karena saya tidak pandai berdalil. :)

Hidup itu berputar ada kalanya teman itu klop dan cocok tapi ada kalanya teman itu nyebelin dan bikin dongkol. mau tidak mau teman yang seperti itu harus kita jauhi, bahkan yang pedih adalah kita harus mengakhiri tali pertemanan itu sendiri. Teman seperti apa yang harus kita jauhi? Sebenarnya bukan individunya yang menjadi penyebab retaknya hubungan pertemanan melainkan masalah, sikap atau sifat dari salah satu atau kedua belah pihak.

5 Hal pemicu runtuhnya persahabatan


Mengulang ulang Kesalahan

Manusia adalah tempatnya salah dan dosa, tak bisa dipungkiri itu. Kesalahan membuat kita tahu bagaimana seharusnya bersikap dan bertindak. Jangan sampai kita mengulang kesalahan yang sama apalagi itu berkaitan dengan hubungan persahabatan atau pertemanan. Seandainya salah satu dari kita mengulang kesalahan yang sama atau berbut kesalahan terus menerus lama kelamaan pasti pertemanan itu akan rusak.

Memberi pengaruh yang buruk

Seringkah kita menghabiskan waktu bersama kawan dan sahabat? saat kita berkumpul dan meluangkan waktu bersama pasti punya tujuan yang sama. akan tetapi setiap individu punya kebiasaan dan pola hidupnya masing masing. disini kita perlu waspada dan membentengi diri. ada kalanya teman kita itu punya kebiasaan yang tidak sehat, yang tidak baik bahkan bisa dikategorikan buruk.

Jika kita tidak ingin memutus tali silaturahmi dan tetap berteman dengannya sebaiknya berilah jarak atau ruang antara pertemanan kita dengan dia. namun jika pengaruh buruk tersebut sudah diluar batas tindakan terakhir adalah menyudahi hubungan persahabatan itu.

Tidak sensitif

Teman berarti mengenal baik satu sama lain. seorang teman atau sahabat tentu tahu dan paham apa yang membuat kita sakit hati. misalnya kita tidak suka kalau diejek pendek atau kita tidak suka digelitiki. sahabat tentunya tidak akan melakukan hal itu. Bukan berarti kita hanya berbicara yang baik baik saja lho ke teman kita. Karena teman yang baik sesungguhnya mengungkapkan kebenaran demi kebaikan sahabatnya. Seandainya dia itu terlalu sensitif dan membuat kita tidak nyaman berteman dengannya, ya kita tak usah berteman dengannya.

Berteman saat jomblo

Manusia itu hidup berpasangan, juga berteman. Akan lebih indah hidup ini bila antara sahabat dan pasangan punya waktu sendiri sendiri. jangan hanya punya waktu untuk teman ketika masih menjomblo namun lupa sama kawan ketika sudah ada pasangan.

Cobalah untuk tetap membagi waktu antara teman dan pasangan. hindari mengacuhkan sahabat ketika sudah punya pasangan. ketika bersama pasangan toh tidak selamanya ( konteksnya pacaran ) atau luangkan waktu untuk menyapa dan bertemu teman (sudah berkeluarga ). Ngomong ngomong soal pasangan, adakah disini pasangannya tidak berani menatap kita? jangan jangan dia punya alasan kuat tidak berani menatap mata pasangan.

Tak menghargai

Saling menghargai dalam menjadi hubungan baik itu pertemanan atau hubungan asmara itu penting. Utamanya tentang kenyakinan. Berteman tidak harus selamanya sama dalam semua hal. terkadang kita harus menghargai perbedaan dalam pertemanan. seperti slogan Negara kita Indonesia Bhineka Tunggal Ika berbeda beda tapi tetap satu.

Itulah beberapa hal yang menjadi penyebab hubungan persahabatan / pertemanan bisa rusak dan bubar. pastinya hal ini bisa menjadi pertimbangan bagi kita dalam menjalin pertemanan baik di dunia maya, dunia nyata dan teman di akhirat nanti. Lalu apa arti berteman menurut sobat Nalagila?
Reaksi:

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Use parse tool to easy get the text style on disqus comments:
Show Parser Hide Parser