Jenis mahar pernikahan yang baik menurut islam

Karena sebelumnya kita bicara mengenai alasan pasangan tak berani kontak mata saat berbicara, demi mengurangi kemungkinan khilaf sebelum keduanya halal maka solusi mengatasi hal tersebut adalah menikah.

Sobat Nalagila mau nikah? wuih selamat melepas masa lajang dan menempuk hidup baru. congrat deh pokoknya, eits tapi sudah siapkan Mahar kah? Mahar ini penting lho karena jadi salah satu syarat wajib sahnya sebuah akad nikah. Pengertian mahar adalah pemberian suami kepada istri secara sukarela sebagai wujud cinta dan kasih sayang.

Allah SWT berfirman dalam QS. An-Nisaa  ayat 4 yang artinya kurang lebih " Dan berikanlah mahar kepada perempuan yang jamu nikahi sebagai pemberian yang penuh kerelaan."

Mahar bisa berwujud apa saja tidak harus uang. Di jaman Nabi mahar bermaca- macam bentuk mahar ada yang berupa baju besi, cincin besi, sandal bahkan hafalan Al-qur'an namun rata rata berbentuk uang atau harta.

Mahar pernikahan Nabi Muhammad

Mahar Muhammad untuk Khadijah ketika pernikahannya yaitu 20 ekor unta. Bisa diperkirakan berapa kira-kira jika dinilai dengan uang. Muhammad, saat itu adalah seorang entrepreneur muda yang sukses. Sedangkan mahar beliau kepada Aisyah adalah uang sebesar 500 dirham. Satu dirham sama dengan 1 dirham = 2,975 gram perak. Saat ini harga perak seberat itu sekitar Rp 65.000. Jadi, kalau dikurs dengan nilai uang sekarang, mahar tersebut senilai sekitar Rp 32.500.000.

Jumlah mahal sejujurnya tidak ada batasannya, pernah suatu saat, Khalifah Umar hendak membatasi mahar maksimal 12 uqiyah / 50 dirham. hal ini didasarkan pada standar mahal pada zaman itu sangat tinggi sehingga memberatkan kaum lelaki, namun seorang Shahabiyah tidak setuju dengan usul tersebut alasannya Nabi tidak pernah membatasi jumlah mahar.

Mahar terfavorit di indonesia adalah seperangkat alat sholat, tahu kenapa? sampai saat ini jawabannya masih misteri. jarang sekali ada pengantin wanita yang meminta mahar yang lebih bernilai seperti kendaraan, emas entah itu berapa gram, atau mas kawin yang unik misalnya

Alasannya rata rata karena tidak ingin memberatkan suami, sesuai anjuran kaum wanita jangan mempersulit dlam urusan mahar. namun sebagai lelaki yang benar benar mencintai seorang wanita dan ingin menjadikannya istri tentu akan memberikan mahar terbaik karena itu adalah wujud cintanya kepada pengantin putri.

Ali bin Abu Thalib, berkali-kali menunda melamar Fatimah, karena dia merasa belum bisa mengumpulkan mahar dengan cukup. Tapi, saat berkali-kali dia melihat Fatimah dilamar lelaki lain, dan ditolak Rasulullah, Ali merasa takut didahului. Akhirnya, meski belum memiliki mahar yang cukup, Ali nekad melamar Fatimah dengan mahar baju besi yang dibeli Usman bin Affan senilai 400 dirham. Semangat dan kesungguhan Ali perlu ditiru oleh sekalian pemuda. Minimal, ada usaha maksimal, soal hasil, itu urusan belakangan.

Separuh bercanda, dalam sebuah kajian, Ustadz Hatta Syamsuddin, Lc., M.Ag, pernah mengatakan, bahwa angka perceraian di Indonesia sangat tinggi dan sebagian besar berasal dari gugat cerai perempuan (khulu).

"Mungkin, ini karena dahulu maharnya murah, jadi enak saja kaum perempuan mengembalikan mahar saat gugat cerai." Khulu secara bahasa artinya “melepaskan”, yakni gugat cerai dari pihak perempuan dengan cara memberikan tebusan (misal berupa uang) agar suami mau melepaskannya. Misalnya, “Aku menceraikan kamu dengan uang seratus juta.” Jika tidak disebutkan jumlah tebusannya oleh istri, maka tebusannya adalah senilai mahar yang diberikan oleh suami. Jadi, jika maharnya “hanya” seperangkat alat shalat, tentu akan sangat mudah suami di-khulu istrinya.

Meski begitu sebagai wanita memang jangan terlalu mempermudah agar sang pengantin pria semakin bersemangat dalam berjuang menghalalkan wanita yang dia cintai. selain itu sebaik baiknya mahar akan menjadi cerita untuk anak cucu suatu hari nanti agar mereka belajar bagaimana menghormati wanita dan berjuang demi hubungan yang di ridhoi Allah.

Reaksi:

You Might Also Like:

Use parse tool to easy get the text style on disqus comments:
Show Parser Hide Parser