Kapulaga ampuh atasi sakit tenggorokan

Tanaman bermanfaat atau berkhasiat asal indonesia sangat beragam. Sebagian warga sudah mampu memanfaatkan semaksimal mungkin termasuk diproses menjadi produk herbal .wajar saja jika sampai sekarang tetap dilestarikan, dimanfaatkan dan eksis keberadaannya

Tanaman petai dan kapulaga selain dikenal sebagai pendukung bidang kuliner ,juga diyakini mempunyai manfaat kesehatan.seperti halnya diungkap Dalinem di merapi kemarin ,petai antara lain membantu melawan darah tinggi ,mual,luka lambung serta anemia.ketika dimakan mentahseperti untuk lalaban diyakini khasiatnya kampiun.

Kapulaga ampuh atasi sakit tenggorokan

“saya sendiri sering menemukan yang suka makan petai mentah, karena diyakini lebih berkhasiat ,sayangnya kalau pas tidak musim petai ,sering langka dipasaran dan harga lebih mahal,”jelasnya..manfaatlainnya,antara lain petai membantu mengatasi sembelit,sebab kandungan seratnya tinggi , sehingga petai akan mempermudah menormalkan kembali proses pencernaan .sama halnya dengan petani, jengkol yang juga punya bau khas pun memiliki khasiat, misalnya sebagai diurentik, yakni dapat membantu melancarkan pembuangan urine.

Hal ini sangat bagi penderita penyakit jantung koroner. Bahkan seratnya dapat dapat melancarkan buang air besar, sehingga jengkol bisa digunakan sebagai bahan cuci perut. Namun tak boleh berlebihan mengkonsumsinya.

Sementara itu warga Sidomoyo Sleman, Sunardi mengungkapkan, bahan alami jenis kapulaga pun memberi manfaat kesehatan. Penggunaannya dapat secara tungal maupun dipadu bahan lain. Jika dipadu bahan lain misalnya dicampurkan dengan wedang secang dan wedang uwuh. Antara lain cocok dicampurkan dengan kayu secang, cengkih, daun kayu manis serta jahe. Ketika dijadikan suatu minuman , manfaatnya seprti mambantu menghangatkan badan, melawan sakit tenggorokan, masuk angin serta batuk.

“manfaat kapulaga sudah banyak yang merasakan. Sayangnya pembudidayaan kapulaga masih terbatas di beberapa daerah saja, kalau di DIY paling banyak berasasl dari kulonprogo,”jelas Nardi.
Reaksi:

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Use parse tool to easy get the text style on disqus comments:
Show Parser Hide Parser