Mari belajar mengenal diri sendiri sebelum mengenal Allah dan orang lain

Siapa yang tidak kenal setnov, Beliau adalah tokoh yang sempat viral di internet. Selain karena kasusnya juga karena insiden kecelakaannya.  Kalau Idro warkop kenal kan? Komedian senior indonesia yang karyanya masih menempel di hati masyarakat. Kalau mark bill gates kenal jugakah?

Salah satu tokoh terkaya didunia. Tak hanya kaya bill gates juga terkenal sebagai sosok dermawan
Dari beberapa tokoh yang punya profesi berbeda beda sobat kenal, lalu seberapa jauh sobat mengenal diri sendiri?. Jangan sampai orang lain lebih mengenal kita daripada kita sendiri.

Ada beberapa tolak ukur seseorang sudah mengenal baik dirinya, berikut beberapa ciri ciri seseorang telah mengenal baik dirinya.

Mari belajar mengenal diri sendiri

Kenal diri sendiri #1 Saat menghadapi masalah, cobaan dan tekanan.

Sepertinya selama ini kita beranggapan bahwa cobaan, tekanan dan masalah yang menghampiri tidak ada hubungannya dengan mengenal diri sendiri. Padahal diwaktu tertentu seseorang akan menujukkan wajah aslinya. Bila selama ini yang tampak adalah untuk menutupi sesuatu, saat mendapat masalah maka akan muncul sifat atau watak asli seseorang.

Masalah yang datang sebenarnya adalah metode indah Tuhan mengenalkan kita pada diri kita sendiri dan bagaimana kita menghadapi dan menyelesaikan masalah tersebut. Itulah sebenarnya diri kita.
Selama ini kita tampil dengan pembawaan lembut, sopan dan kalem. Saat masalah datang watak kita tanpa kita sadari mengambil alih pembawaan tadi. Ibaratnya seperti ular yang sudah 3 bulan tidak pernah makan. Dari sini kita jadi tahu dan bersyukur sebab Tuhan masih baik kepada kita dengan memberi ujian dan masalah.

Kenal diri sendiri #2 Saat berdialog dengan sang Maha Pencipta

Ketika mengunaikan ibadah, apapun kepercayaan kita, pasti kita pernah mengajak Tuhan berdialog. Misalnya dalam doa mohon ini dan itu. Atau minta supaya diampuni dosa dosa kita. Selama proses melaksanakan ibadah cobalah untuk berkomtemplasi, dengan ini kita akan sadar bahwa kita hanyalah makluk-Nya yang kecil. Selanjutnya kita akan memahami kita, untuk apa kita hidup dan tujuan kita ada di dunia ini.

Kenal diri sendiri #3 Saat terjadi hal tak disangka sangka

Hal yang tak disangka misalnya menanggapi kecelakaan mobil mewah yang menabrak tiang ( ups ). Itu hanya bercanda, kejadian yang tak diduga yang dimaksud misalnya saat kita menjatuhkan gelas. Respon kita pasti bervariasi ada yang kaget sambil teriak, ada yang bilang innalillahi dan lain lain. Dari sini yang terlihat adalah perasaan kita, sikap dan perbuatan kita yang asli. Sekarang coba renungkan reflek seperti apa yang kita lakukan saat ada hal yang tak terduga.

Kenal diri sendiri #4 Saat kehilangan dan mendapatkan sesuatu

Saat kehilangan kita pasti menampakkan siapa diri kita. Entah itu kehilangan barang kecil macam sandal, sampai kehilangan hal besar misalnya pasar ( ups ). Dari respon kita saat kehilangan sesuatu disitulah sejatinya diri kita.

Jadi, saat mendapatkan sesuatu, dimana hal ini cenderung pada hal yang menyenangkan, maka respons kita dalam menanggapi bisa biasa saja, kaget, atau bersyukur atas karunia yang sedang kita terima

Terakhir adalah sikat kita saat tidak mengerjakan apapun. Maksudnya saat kita menunggu dalam waktu lama.  Dengan menunggu apakah kita akan mengeluh, sabar, atau malah becuca becucu ( ngambek ). Jika setiap kita menunggu kita melakukan hal yang sama berarti itulah cara mengenali diri sendiri.

Dari beberapa hal diatas, kita bisa mengetahui diri kita seperti apa dari momment momment tersebut. Metode ini juga bisa digunakan untuk mengetahui siapa sebenarnya kawan kita, bahkan calon pendamping hidup (ups ).

Reaksi:

You Might Also Like:

Use parse tool to easy get the text style on disqus comments:
Show Parser Hide Parser