Alasan orang tidak mau menatap mata lawan bicara

Hai sobat Nalagila, adakah disini yang penasaran kenapa lawan berdialog saya tidak mau atau tidak tahan lama saat berbicara. saat seperti inilah yang membuat saya ingin berkata “ halo mas, mba dan siapa saja lawan bicara saya, saya ini ada wujudnya lho ya bukan cuma speaker.” padahal saya sendiri setiap bertutur kata saya usahakan menatap lawan bicara.

Saking penasarannya saya browsing sana sini mencari artikel kenapa seseorang tidak menatap wajah lawan bicaranya. Usut punya usut ternyata kontak mata saat berbicara bagi wanita itu sangat penting sebab hal ini dijadikan sebagai sarana pengumpul informasi juga sebagai langkah membangun ikatan batin.
Sementara bagi pria pria kontak saat berbicara ( utamanya saat berbicara dengan pasangan ) adalah tanda tantangan dan kompetisi. Perbedaan persepsi soal menatap mata ini kadang menjadi pemicu kesalah pahaman dan timbulnya masalah antar pasangan.

Wanita berasumsi apabila seorang lelaki menatap mata hanya sebentar saat berbicara berarti tidak mendengarkan. Padahal sejatinya lelaki tetap mendengarkan walau tidak kontak mata dengan lawan bicara namun pria akan kehilangan sinyal sinyal nonverbal. Sementara wanita mengumpulkan informasi lewat 2 cara yaitu telinga dan bahasa tubuh atau nonverbal.

Menurut Jurnal Psyichological Science menyatakan bahwa menatap lawan bicara dapat membantu meningkatkan kepercayaan. Para peneliti di University of Amsterdam, Belanda, menemukan bahwa ketika kita sedang memandang lawan bicara, makan akan ada tendensi untuk meniru ukuran bola mata lawan  bicara.

Perubahan yang terjadi saat menatap lawan bicara ternyata punya efek besar dan kekuatan besar terhadap keputusan sosial yang kita buat dengan lawan bicara, misalnya seberapa kita akan mempercayai lawan bicara kita. Kita harus mengenal diri sendiri saat bicara sebelum mengamati dan menanyakan alasan seseorang menghindari kontak mata.

Alasan seseorang tidak berani kontak mata

Pemalu

Salah satu alasan kenapa seseorang tidak berani menatap mata lawan bicara adalah karena dia seorang pemalu. Contoh simple saat kita berbicara dengan seseorang yang paling kita sukai tapi belum sempat menyatakan sehingga debar debar di dada menyebabkan takut melakukan kontak mata.
Atau saat kita sedang bertamu ditempat yang lebih tua atau orang yang dihormati, sudah pasti kita jadi pemalu ditambah kita belum terlalu akrab dengan mereka. Selain karena malu menghindari kontak mata juga sebagai wujud rasa hormat kepada lawan bicara kita.

Topik pembicaraan membosankan

Topik yang tidak menarik membuat seseorang malas untuk menatap lawan bicara, lebih sering memandang ke arah lain atau menunduk. Bahkan seseorang sering kehilangan fokus ketika diajak bicara dengan topik yang kurang menarik.

Tidak nyaman

Ketidaknyamanan ini bisa disebabkan karena momment atau situasi berbicangnya tidak pas, atau dia sebenarnya ada kegiatan atau kesibukan yang harus dilakukan namun karena merasa tidak enak jadi dia terpaksa tetap ngobrol, padahal sebenarnya dia sudah merasa tidak nyaman.

Sibuk dengan aktifitas lain

Sibuk sendiri kerap kita temui saat bicara dengan kids jaman now yang sudah terserang penyakit menunduk atau gadget holic. Bukan hanya kontak mata yang jarang dilakukan tapi juga jarang ngobrol, kita lebih sibuk dengan gadget, chit chat di sosial media atau ngobrol dengan teman dunia maya.

Selain alasan diatas saya pernah dapat informasi tentang kontak mata saat ngobrol dimana seseorang  jarang kontak mata saat bicara bisa jadi dia sedang berbohong, fakta ini berdasarkan ilmu micro expression.

Demikian sekilas info tentang  alasan lawan bicara tidak kontak mata saat bicara. jika sobat punya pendapat atau masukan lain silakan sampaikan melalui kolom komentar.
Reaksi:

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Use parse tool to easy get the text style on disqus comments:
Show Parser Hide Parser