Manfaat tersembunyi kubis atau kol bagi kesehatan

Manfaat kubis atau kol ini sangat banyak ternyata. jadi dengan mengkonsumsi setiap hari bisa menjaga kesehatan tubuh kita. ada berbagai jenis kol di dunia ada kubis merah, ada kubis ungu dan ada kubis sayur atau kubis putih. dari masing masing kubis terdapat manfaat masing masing. untuk lebih jelasnya mari kita tengok kandungan gizi dari kubis ini.

Manfaat kubis untuk kesehatan wanita dan pria

1. Mencegah pertumbuhan kanker - Kubis mengandung sifat melawan kanker, termasuk lupeol, sinigrin, diindolylmethane (DIM), indole-3-carbinol (I3C), dan sulforaphane, yang dapat membantu pertahanan enzim dan menghambat pertumbuhan tumor. Senyawa sulforaphane dan I3C dalam kubis, keduanya telah terbukti meningkatkan efek anti kanker dari Taxol obat kemoterapi. Salah satu penelitian terhadap wanita Cina menemukan bahwa konsumsi sayuran (seperti kubis, brokoli, kembang kol dan kubis Brussel) dikaitkan dengan risiko kanker payudara secara signifikan berkurang.

2. Memelihara Proses lambung - Kubis adalah salah satu solusi alami terbaik untuk radang perut (disebut tukak lambung). Sebuah penelitian di Stanford University School of Medicine menemukan bahwa jus kubis segar sangat efektif dalam mengobati tukak lambung. Sifat anti-radang dari kubis adalah karena kandungan glutamine tinggi di dalamnya.

3. Anti-inflamasi (Peradangan) -Kubis merupakan sumber yang baik dari asam amino glutamine dan diyakini untuk membantu mereka yang menderita semua jenis peradangan.

4. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh - Karena jumlah tinggi vitamin C, kubis membantu memperkuat sistem kekebalan dan membantu tubuh melawan radikal bebas.

5. Mencegah resiko katarak - Kubis juga tinggi beta-karoten yang membantu melindungi terhadap usia terkait degenerasi macular dan mencegah katarak.

6. Dapat Menurunkan Berat badan - Kubis adalah pilihan diet yang bagus bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan. Satu cangkir kubis dimasak hanya mengandung hanya 33 kalori. Itulah sebabnya orang yang diet sup kubis dapat makan dalam jumlah banyak dari sup tanpa kenaikan berat badan, sementara masih tetap sehat.

sebagian besar yang terkandung dalam kubis  adalah  karbohidrat. Namun kubis makanan yang  rendah kalori, oleh karena itu makanan ini baik dikonsumsi untuk penurunan berat badan. Itulah sebabnya orang yang diet sup kubis dapat makan dalam jumlah banyak dari sup tanpa kenaikan berat badan, sementara masih tetap sehat.

7. Mengurangi resiko penyakit Alzheimer - Penelitian terbaru menunjukkan bahwa makan kubis merah dapat mengurangi resiko penyakit Alzheimer. Kubis merah mengandung vitamin K dan anthocyanin, anti oksidan untuk membantu mengurangi plak pada otak, sehingga dapat membantu mencegah penyakit Alzheimer.

8. Meringankan Sembelit - Kandungan serat yang tinggi dalam kubis membantu merangsang sistem pencernaan, dan dengan demikian menghilangkan sembelit.

9.Perawatan Kulit - Anti oksidan dalam kubis membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas yang diketahui menyebabkan tanda-tanda penuaan.Kubis mengandung vitamin C yang tinggi dan menjaga kulit agar tetap muda, serta memperlambat proses penuaan. Selain itu, kubis juga merupakan sumber vitamin E yang baik.

10. Meringankan Nyeri Otot - Kubis mengandung lactic acid yang dikenal untuk membantu meringankan nyeri otot.

11. Kubis atau Kol merupakan Sumber Serat yang Alami - Kubis juga merupakan makanan rendah lemak jenuh,  kolesterol dan merupakan sumber makanan yang kaya akan serat dan folat. Menyediakan hampir 15 persen dari asupan makanan harian yang disarankan. Serat sangat penting untuk memastikan sistem pencernaan tubuh berfungsi pada tingkat optimal.

12. Kubis hijau dan merah diketahui rendah kalori dan mengandung banyak vitamin serta mineral. Ini cocok bagi Anda yang sedang diet tak tak ingin mengonsumsi terlalu banyak kalori.

13. Vitamin A dalam kubis membantu menyehatkan mata dan menjaga kesehatan mata. Mengonsumsi kubis sejak kecil akan mengurangi kemungkinan seseorang memakai kacamata saat dewasa.

14. Dalam waktu yang lama, kubis telah digunakan sebagai obat sariawan pada tubuh. Hal ini karena zat glutamine yang ada dalam kubis dan bisa didapatkan dengan mengonsumsi jus kubis.

itulah manfaat dari kubis atau kol bagi kesehatan. bagi yang sering mengkonsumsi sayuran ini pastinya sangat bahagia karenna banyak manfaat yang di dapat. namun bagi yang selama ini kurang memperhatikan jenis sayuran ini mungkin ada baiknya untuk mencicipi kubis atau kol ini.
Reaksi:

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Use parse tool to easy get the text style on disqus comments:
Show Parser Hide Parser